uefau17.com

Pemkab Garut Kebut Perbaikan Seluruh Jalur Mudik, Janji Kelar 3 Hari Sebelum Lebaran - Regional

, Garut - Pemerintah Daerah Garut, Jawa Barat, menargetkan seluruh perbaikan dan pembangunan betonisasi seluruh lajur yang akan digunakan mudik nasional 2022, selesai tiga hari sebelum Idul Fitri 1443 H tiba.

“Insya allah beton itu kita buat lebih cepat kering, sehingga 7 sampai 10 hari pascapengecoran bisa dilalui,” ujar Wabup Garut Helmi Budiman selesai Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 di Mapolres Garut, Jumat (22/4/2022).

Menurutnya, progres seluruh perbaikan dan pembangunan jalur yang akan digunakan untuk mudik 2022 menunjukan kenaikan signifikan, sehingga bisa dilalui sebelum musim mudik 2022 berlangsung.

“Ini kan tinggal beberapa hari lagi, jadi 3 atau 5 min itu sudah bisa dilalui,” kata dia optimis.

Saat ini proses pembangunan betonisasi jalan Salamanjah yang melintasi kawasan macet pasar Kadungora, kemudian lajur Pasopati ke Tutugan Leles tengah menunggu proses pengeringan beton.

“Kalau dari Pasopati ke arah Iqro (Masjid Iqro, Leles), kita perbaiki (Sebelum dibeton) dulu lah, nanti kita kerjakannya setelah lebaran lah,” kata dia.

Dengan sejumlah perbaikan jalur dengan penambahan aspal, termasuk pembangunan jalur mudik nasional 2022 dengan betonisasi, Helmi yakin seluruh pemudik yang masuk dan melintasi kota Intan Garut, menikmati perjalanan dengan baik.

“Insyaalloh seluruh infrastruktur kita kejar agar segera bisa dilalui,” kata dia.

Namun demikian, Ketua DPD PKS Garut itu menyimpan PR besar, masih banyaknya sarana dan prasara penerangan jalan umum (PJU) dalam kondisi rusak, terutama di jalur utama di Garut yang akan digunakan mudik nasional 2022.

“Memang kami akui pekarangan jalan umum itu masih kurang,” kata dia.

Khusus tahun ini, Pemda Garut hanya menganggarkan perbaikan PJU di dua titik area yakni jalur menuju area wisata Cipanas, serta jalur menuju jalan kecamatan Samarang. “Nanti kita lanjutkan tahun depan,” kata dia.

Untuk mengejar target mudik nasional 2022, Ia telah mengintruksikan Dinas Perhubungan segera melakukan sejumlah perbaikan, terutama lampu jalan PJU dengan kondisi mati total. “Banyaklah yang tidak nyala juga, ya kita kejar perbaikan perbaikan itu selesai sebelum H min 3,” ujar dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat