uefau17.com

Fakta di Balik Keindahan Awan Mirip UFO Gunung Ungaran - Regional

Ungaran - Fenomena alam nan unik kali ini datang dari Gunung Ungaran di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Fenomena alam berupa awan menyerupai Unidentified Flying Object (UFO) di Gunung Ungaran belakangan hari ini menghebohkan warganet dan menjadi viral di media sosial.

Dihimpun Solopos.com dari akun Instagram @wisatasemarang, Senin, 10 September 2018, sejumlah foto yang menunjukkan fenomena alam berupa awan berbentuk unik di Gunung Ungaran itu ramai diunggah warganet.

Berdasarkan foto yang diunggah, tampak awan beberapa awan berbentuk seperti piring terbang yang kerap disebut sebagai UFO.

Kebanyakan warganet lantas mengungkapkan kekaguman mereka terhadap awan di Gunung Ungaran yang mereka nilai memiliki bentuk sangat indah. "Pas keluar rumah, ehh lihat awan ini sungguh indah banget. Cuaca hari itu juga cerah banget pula," tulis pengguna akun Instagram @krisnico_w.

"Epic. Beautiful view. Sama kayak yang aku lihat tadi pagi," imbuh pemilik akun Instagram @erchist21.

"Iya kak saya juga lihat dari Mijen. MasyaAllah banget pokoknya," timpal pengguna akun Instagram @khoir_nieez.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, awan berbentuk unik seperti yang ada di Gunung Ungaran itu disebut lenticular clouds. Lenticular clouds adalah awan stasioner yang terbentuk di troposfer, biasanya dalam keselarasan tegak lurus dengan arah angin. Awan tersebut sering berbentuk pipih atau seperti piring.

Lenticular clouds kerap kali disangka UFO karena bentuknya seperti piring terbang. Fenomena alam tersebut pada umumnya terbentuk di kawasan dataran tinggi, maka wajar saja jika terbentuk di kawasan sekitar Gunung Ungaran.

 

Baca berita menarik lainnya dari Solopos.com di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat