uefau17.com

Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta, Gerindra Ajukan Kadernya Jadi Cawagub - Pemilu

, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, partainya menginginkan kader internal menjadi calon wakil gubernur untuk mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

"Secara alami secara manusiawi, kami ingin wakil kami ada di wakil gubernur," kata Habibburokhman, saat diwawancarai di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Namun, Gerindra masih melihat situasi politik ke depan apakah hal tersebut memungkinkan. Dia mengatakan, ada fenomena kader Gerindra kalau sudah mendapat kursi di legislatif enggan maju di eksekutif.

"Tapi kita lihat lagi situasinya apakah memungkinkan. Mengingat itu tadi ada fenomena kader Gerindra kalau sudah di legislatif itu enggak mau maju ke eksekutif itu dia masalah juga yang begituan," ucap dia.

"Ya kan tidak bisa kita paksa ya. Itu mungkin passionnya, senengnya di legislatif," sambung dia.

Sementara, Gerindra juga belum menyiapkan siapa kadernya untuk diusulkan maju di Pilgub Jakarta.

"Belum, kita lihat situasinya nanti. Nanti akan diumumkan," imbuh Habiburokhman.

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya menegaskan tidak akan mendukung mantan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil maju untuk kontestasi Pilkada DKI Jakarta. "Insya Allah kita akan berseberangan dengan Ridwan Kamil, itulah poin yang paling penting," ujar Willy di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Tokoh Sembarangan

Willy menyebut NasDem bakal mengusung nama-nama yang dianggap memahami kota Jakarta serta yang sejalan dengan partai. Di saat yang bersamaan tokoh yang dimaksud bukan baru yang 'muncul' di Jakarta.

"NasDem akan memajukan ya bukan sembarang tokoh. Pasti yang sebangun, yang mengerti Jakarta, bukan lagi yang otw, otw nanti bisa ketelingsup di tengah jalan kan, kebelasuk-kebelasuk dia," ujar dia.

Namun demikian, dia enggan untuk membeberkan siapa tokoh yang dimaksud bakal diusung maju ke Pilkada DKI Jakarta, apakah kader partai atau luarnya.

"Nanti kita lihat ada surprise dari Partai NasDem untuk Jakarta," pungkas dia.

Partai Gerindra sebelumnya memberi rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Hal ini dikatakan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

"Kemudian soal posisinya Kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," kata Dasco di Jakarta, Selasa, (6/4/2024).

Selain itu, kata Dasco, Gerindra juga sedang mempertimbangkan kadernya untuk mendampingi Ridwan Kamil.

"Masih ada lagi kader internal yang sedang dipertimbangkan. Nanti pada saatnya itu akan disampaikan ke publik," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Kantong rekomendasi Maju Pilkada Jakarta

Sementara itu, Ridwan Kamil mengaku sudah mengantongi surat penugasan untuk maju dalam Pilkada 2024. Namun ia belum dapat memutuskan apakah maju dalam Pilkada Jabar atau  Jakarta.

Menurutnya hal tersebut masih dibahas di DPP Partai Golkar dan diputuskan secepatnya. "Masih pertimbangan, tunggu Juli sajalah," kata Ridwan Kamil saat ditemui awak media di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat 31 Mei 2024.

Hal inilah yang membuat dirinya belum memasang alat peraga kampanye berupa baliho di jalan. Menurutnya, apabila memiliki gelagat untuk mencalonkan diri sebagai gubernur DKI  Jakarta, spanduk untuk memilih dirinya sudah bertebaran di jalan.

"Kalau saya sudah naga-naganya Jakarta 'kan mungkin ada spanduklah, apalah, deklarasilah, tetapi 'kan belum," ujarnya dikutip dari Antara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat