uefau17.com

Izin Lokasi Acara 'Desak Anies' di DIY Dibatalkan, Begini Reaksi Anies - Pemilu

, Jakarta Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan, buka suara usai memperoleh kabar dibatalkannya izin lokasi acara Desak Anies yang semula direncanakan berlangsung di Museum Diponegoro Sasana Wiratma, Yogyakarta.

Berdasarkan rencana, Desak Anies edisi Yogyakarta seharusnya digelar pukul 12.30 WIB, Selasa (23/1/2024) di Museum Diponegoro Sasana Wiratma, DIY. 'Desak Anies' menjadi salah satu rangkaian acara kampanye akbar Anies di Yogyakarta hari ini.

"Jadi sudah dapat surat izin dari pengelola, sound lagi dipasang. Tapi di tengah-tengah proses persiapan ditelepon, izin dicabut," kata Anies saat live TikTok melalu akun pribadinya @aniesbaswedan, Senin malam, 22 Januari 2024.

Menurut Anies, lokasi yang baru pun mesti dicari pihaknya di Yogya sebagai pengganti agar 'Desak Anies' tetap terlaksana. Anies juga mengaku tak gentar menghadapi tekanan.

"Jadi kita tetap semangat. Namanya juga desak Anies, terdesak juga kalau kayak gini. Nyari tempatnya aja didesak, apalagi untuk diskusinya," ucap Anies Baswedan.

Anies menyampaikan, tekanan yang dialami sejauh ini tidak ada apa-apanya ketimbang tekanan yang dirasakan banyak rakyat Indonesia. Semisal, kata Anies, tekanan ekonomi dan sulitnya mencari pekerjaan.

"Seberat-beratnya tekanan yang kami hadapi itu masih lebih ringan dibanding tekanan ekonomi yang dirasakan keluarga-keluarga kita. Masih lebih ringan dibanding tekanan mencari pekerjaan yang dialami anak-anak muda kita," kata Anies.

Dia mengaskan Anies-Muhaimin (AMIN) sedang berusaha mengubah kondisi itu. Dengan harapan mengubah kondisi keluarga dan anak-anak muda di Indonesia menjadi lebih baik dan layak, jauh dari tekanan.

"Jadi kalau untuk melakukan perubahan itu kita harus menghadapi tekanan, ya kita hadapi. When the going gets tough, the tough get going. Ketika perjalanan kita menghadapi tantangan, maka yang menantang akan siap untuk melewatinya," ujar capres yang diusung Koalisi Perubahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Acara Desak Anies di Museum Diponegoro Sasana Wiratama Dibatalkan Sepihak Sehari Jelang Kedatangan Anies

Sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN, Iwan Tarigan, menjelaskan perihal pembatalan sepihak acara 'Desak Anies' dari pengelola Museum Diponegoro Sasana Wiratama. Kata Iwan, pembatalan sepihak dilakukan jelang kedatangan Anies Baswedan ke Yogyakarta.

"Acara Desak Anies yang rencananya di laksanakan besok, Selasa 23 Januari 2024, mendadak malam ini izin tempat dicabut," kata Jubir Timnas AMIN, Iwan Tarigan, dalam keterangan resmi, Senin (22/1/2024).

"Padahal izin sudah diberikan sedangkan sound system dan 5.700 peserta sudah mendaftar," lanjut Iwan.

Iwan menjelaskan, sedianya acara Desak Anies dijadwalkan berlangsung pukul 12.30 WIB di Museum Diponegoro Sasana Wiratama, Jalan Hos Cokroaminoto Tegelrejo, Yogyakarta. Izin sebelumnya telah dikantongi penyelenggara.

Iwan menyebut akibat pembatalan H-1 acara ini, pihaknya sedang berusaha dicari tempat pengganti. Warga Jogja yang telah mendaftarkan diri ingin menyaksikan 'Desak Anies' pun diminta tetap tenang.

"Hambatan dan halangan yang saat ini dirasakan oleh panitia pelaksana Desak Anies Yogyakarta tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan penderitaan rakyat kecil karena ekonomi yang semakin sulit dan biaya kebutuhan pokok yang semakin tinggi," kata Iwan.

3 dari 3 halaman

Desak Anies di Sumbar dan NTB juga Dibatalkan Sepihak

Sebelumnya, acara Desak Anies juga sempat mendapat kendala ketika digelar di Sumatera Barat. Izin acara Desak Anies yang seharusnya dihelat di Istana Basa Pagaruyung, Rabu (3/1/2024), telah dibatalkan izin lokasinya sehari jelang kedatangannya ke Sumatera Barat.

Akhirnya, acara Desak Anies yang rutin dilaksanakan selama masa kampanye, harus pindah lokasi ke Lapangan Cindua Mato, Tanah Datar, Sumbar.

Sebelum itu, izin acara Desak Anies di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), sempat dibatalkan sepihak. Sedianya acara dialog Desak Anies akan digelar di Taman Budaya NTB, Jalan Majapahit Nomor 2, tetapi dibatalkan. Hingga akhirnya pindah ke Amanah Food Court di Jalan Majapahit Nomor 100.

Izin penggunaan tempat di Taman Budaya dibatalkan di detik akhir. Padahal, saat ini masa kampanye diperbolehkan menggelar acara di ruang terbatas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat