uefau17.com

4 Persiapan Polri Jelang Debat Capres Perdana Pilpres 2024 yang Digelar KPU - Pemilu

, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) pada hari ini, Selasa (12/12/2023) pukul 19.00 WIB menggelar debat perdana Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Selain KPU, aparat kepolisian juga melakukan sejumlah persiapan debat calon presiden atau debat capres Pilpres 2024.

Terkait persiapan pengamanan pada malam nanti, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo mengatakan sebanyak 2.120 aparat gabungan TNI-Polri akan disiagakan.

"Polres Metro Jakarta Pusat dengan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, juga Pemprov DKI akan menggelar sebanyak 2.120 personel. Kami menggelar pengamanan baik itu dari Bundaran Hotel Indonesia kemudian ruas jalan Imam Bonjol sampai dengan Taman Suropati," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Susatyo menjelaskan, aparat pengamanan gabungan akan memetakan daerah di sekitaran wilayah KPU RI. Dia mencatat, ring 2 dan ring 3 berada di sekitar kantor KPU termasuk Bundaran HI hingga Taman Suropati.

"Sementara daerah ring 1 merupakan daerah yang akan ditempati pasangan capres-cawapres," papar Susatyo.

Kemudian menurut dia, pihaknya juga menyiapkan kendaraan taktis untuk menjaga kelancaran debat. Susatyo berujar, kendaraan taktis ini dilibatkan untuk mencegah potensi keancaman yang ada seperti teror ataupun unjuk rasa.

"Kendaraan taktis yang kami libatkan dalam pengamanan kali ini sesuai dengan kemungkinan-kemungkinan ancaman yang mungkin bisa saja terjadi. Baik itu bersifat massa yang datang unjuk rasa, teror, dan lain sebagainya," kata Susatyo.

Berikut sederet persiapan Polri saat debat perdana capres Pilpres 2024 dihimpun :

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sebanyak 2.120 Aparat Gabungan Amankan Debat Perdana

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akan menggelar debat perdana Pilpres 2024, Selasa 12 Desember 2023 pukul 19.00 WIB.

Terkait persiapan pengamanan pada malam ini, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo mengatakan sebanyak 2.120 aparat gabungan TNI-Polri akan disiagakan.

"Polres Metro Jakarta Pusat dengan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, juga Pemprov DKI akan menggelar sebanyak 2.120 personel. Kami menggelar pengamanan baik itu dari Bundaran Hotel Indonesia kemudian ruas jalan Imam Bonjol sampai dengan Taman Suropati," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Susatyo menjelaskan, aparat pengamanan gabungan akan memetakan daerah di sekitaran wilayah KPU RI. Dia mencatat, ring 2 dan ring 3 berada di sekitar kantor KPU termasuk Bundaran HI hingga Taman Suropati. Sementara daerah ring 1 merupakan daerah yang akan ditempati pasangan capres-cawapres.

"Ring 1 diamankan oleh aparat kepolisian dari Mabes Polri," ucap dia.

Dia meyakini, dengan kesiap-siagaan ribuan personel hari ini maka debat perdana calon presiden 2024 akan berjalan baik dan lancar.

"Insya Allah kegiatan pada malam hari ini dengan sinergi semua pasukan pengamanan bisa berjalan dengan aman dan lancar," terang Susatyo.

 

3 dari 5 halaman

2. Siapkan Kendaraan Taktis Amankan Debat Capres

Susatyo mengungkapkan, pihaknya menyiapkan kendaraan taktis untuk menjaga kelancaran debat perdana capres pada Selasa (12/12/2023) malam ini. Dia berujar, kendaraan taktis ini dilibatkan untuk mencegah potensi keancaman yang ada seperti teror ataupun unjuk rasa.

"Kendaraan taktis yang kami libatkan dalam pengamanan kali ini sesuai dengan kemungkinan-kemungkinan ancaman yang mungkin bisa saja terjadi. Baik itu bersifat massa yang datang unjuk rasa, teror, dan lain sebagainya," kata Susatyo.

Susatyo menjelaskan, kendaraan taktis ini ia siapkan karena menduga adanya massa pendukung yang bakal berdatangan ke KPU saat debat berlangsung.

"Berdasarkan pengalaman kemarin, ada juga massa lain yang nonundangan yang ingin menyemarakkan kegiatan malam hari ini. Tentunya kami akan memisahkan baik, itu massa dengan undangan baik itu dengan non undangan," ujar Susatyo.

Maka dari itu, ia bakal memisahkan jalur massa pendukung dan tamu undangan.

"Kami upayakan pengaturan tersebut termasuk juga untuk menjaga apabila memang nanti masing-masing paslon membawa massa penggembira untuk ada hari ini sehingga kami letakan di jalur satu ini, di depan KPU, adalah untuk bagi paslon dan tamu undangan. Sementara jalur dua itu nanti bagi massa pendukung yang menyemarakkan kegiatan hari ini," terang Susatyo.

 

4 dari 5 halaman

3. Polri Antisipasi Ancaman Teror

Sebanyak 7.000 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan debat capres-cawapres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Polri menjelaskan, pengerahan ribuan pasukan gabungan ini untuk mengantisipasi adanya berbagai gangguan selama debat berlangsung.

Sejumlah kendaraan taktis juga dikerahkan di sekitaran KPU. Anggota Brimob bersenjatakan pun bersiaga.

"Kendaraan taktis yang kami libatkan dalam pengamanan kali ini sesuai dengan kemungkinan-kemungkinam ancaman yang mungkin bisa saja terjadi, baik itu bersifat massa yang datang unjuk rasa, teror, dan sebagainya," ujar Susatyo.

Menurut dia, operasi mantapbrata ini dilakukan untuk pengamanan capres-cawapres akan dikerahkan oleh personel ring satu alzias personel Mabes Polri. Sementara untuk pengaman di ring dua dan tiga dikerahkan dari tim Polres Jakarta Pusat.

Lalu untuk ribuan personel juga telah ditempatkan dibeberapa titik sekitar KPU selama acara debat berlangsung.

"Penggelaran pasukan akan kami mulai dari Bundaran HI. Bundaran HI kemudian nanti di perempatan Agus Salim dengan Imam Bonjol, kemudian juga perempatan Imam Bonjol dengan Diponegoro juga Cokroaminoto sampai nanti ke Taman Suropati," ucap dia.

 

5 dari 5 halaman

4. Lakukan Pengalihan Arus Lalu Lintas

Menjelang acara debat pilpres kepolisian telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas. Nantinya lalu lintas di sekitaran KPU akan ditutup sekitar pukul 15.00 WIB. Warga diminta agar menghindari jalanan sekitar KPU dan mencari jalur alternatif.

Berikut pengalihan arus lalu lintas selama debat Capres Cawapres:

- Kendaraan yang datang dari arah Bundaran HI yang akan menuju ke Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan Haji Agus Salim maupun Jalan Pamekasan.

- Kendaraan yang datang dari arah Jalan Haji Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI Traffic Light Hos Cokroaminoto.

- Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro.

- Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan Hos Cokroaminoto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat