uefau17.com

Debat Capres-Cawapres di KPU, Polri Antisipasi Ancaman Teror - Pemilu

 

, Jakarta 7.000 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan debat capres-cawapres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Polri menjelaskan, pengerahan ribuan pasukan gabungan ini untuk mengantisipasi adanya berbagai gangguan selama debat berlangsung.

Sejumlah kendaraan taktis juga dikerahkan di sekitaran KPU. Anggota Brimob bersenjatakan pun bersiaga.

"Kendaraan taktis yang kami libatkan dalam pengamanan kali ini sesuai dengan kemungkinan-kemungkinam ancaman yang mungkin bisa saja terjadi, baik itu bersifat massa yang datang unjuk rasa, teror, dan sebagainya," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro soal debat capres, Selasa (12/12/2023).

Menurut dia, operasi mantapbrata ini dilakukan untuk pengamanan capres-cawapres akan dikerahkan oleh personel ring satu alzias personel Mabes Polri. Sementara untuk pengaman di ring dua dan tiga dikerahkan dari tim Polres Jakarta Pusat.

Lalu untuk ribuan personel juga telah ditempatkan dibeberapa titik sekitar KPU selama acara debat berlangsung.

"Penggelaran pasukan akan kami mulai dari Bundaran HI. Bundaran HI kemudian nanti di perempatan Agus Salim dengan Imam Bonjol, kemudian juga perempatan Imam Bonjol dengan Diponegoro juga Cokroaminoto sampai nanti ke Taman Suropati," jelas dia.

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Menjelang acara debat pilpres kepolisian telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas. Nantinya lalu lintas di sekitaran KPU akan ditutup sekitar pukul 15.00 WIB. Warga diminta agar menghindari jalanan sekitar KPU dan mencari jalur alternatif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalihan Arus Lalin

Berikut pengalihan arus lalu lintas selama debat Capres Cawapres:

- Kendaraan yang datang dari arah Bundaran HI yang akan menuju ke Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan Haji Agus Salim maupun Jalan Pamekasan.

- Kendaraan yang datang dari arah Jalan Haji Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI Traffic Light Hos Cokroaminoto.

- Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro.

- Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan Hos Cokroaminoto.

3 dari 3 halaman

Pendukung Paslon

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, petugas pengamanan gabungan ini terdiri dari TNI, Polri, dan instansi terkait.

Selain itu, lanjut Susatyo, pihaknya juga telah melakukan pemetaan untuk pengamanan dan penempatan anggota di ring satu dan kegiatan di ring luar KPU.

"KPU sudah membuat tata tertib bagi para pendukung paslon, di antaranya jumlah pendukung dibatasi, hanya undangan yang bisa masuk dan tidak boleh membawa alat peraga kampanye, kecuali pakaian yang melekat di tubuh," kata Susatyo.

"Untuk jumlah dari pendukung paslon juga sudah dibatasi, tata tertib sudah diatur KPU, kita tinggal melaksanakan teknis pengamanannya," sambung dia.

Selain itu, jalan-jalan di sekitar KPU akan dilakukan sterilisasi atau rekayasa jalan sehingga arus lalu lintas di lokasi acara diharapkan lancar.

"Pukul 16.00 WIB sudah kita sterilkan dari sore," tambah Susatyo.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat