uefau17.com

Ma'ruf Amin Bicara soal Rencana Pertemuan dengan Para Bacawapres: Redam Konflik di Bawah - Pemilu

, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menilai pertemuan Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan tiga bakal calon presiden (capres) merupakan langkah baik untuk mencegah perpecahan masyarakat akibat kontestasi Pemilu 2024.

“Presiden tentu sebagai kepala negara, menghendaki dalam rangka kontestasi itu tidak terjadi pembelahan,” ungkap Ma’ruf dalam keterangannya, Selasa (31/10/2023).

Menurut Ma’ruf Amin, sebagai kepala negara, Jokowi akan terus menekankan dan memastikan para kontestan Pilpres berkompetisi secara adil, jujur, dan tidak menimbulkan sesuatu yang dapat menimbulkan konflik di masyarakat.

“Jadi menghindari hoaks. Jadi itu semacam juga kesepakatan- kesepakatan untuk dalam rangka Pemilu ini sesuai dengan koridor,” terangnya.

Terkait rencana pertemuan dengan para bakal calon wakil presiden (bacawapres) yakni Mahfud Md, Muhaimin Iskandar, dan Gibran Rakabuming Raka, Ma’ruf memastikan bahwa dirinya juga akan mengundang ketiganya untuk bertemu.

“Kita sedang mengatur waktunya,” ujarnya.

Ma’ruf menuturkan bahwa isu yang akan dibahas pada pertemuan dengan para bacawapres nanti tidak jauh berbeda dengan apa yang dibicarakan presiden dengan para bacapres, termasuk upaya-upaya untuk mencegah terjadinya konflik pada Pilpres 2024 khususnya di kalangan masyarakat bawah.

“Tentu pembicaraannya (bagaimana) kita meredam konflik di bawah, karena bagaimanapun di bawah itu bagaimana dari atasnya, dari (para) kontestan ini, baik itu partai pendukung, capres, cawapres, maupun juga tim pemenangan masing-masing,” urainya.

“Nah ini kalau bisa tensinya diturunkan, artinya agar suasananya penuh damai, dingin,” pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bakal Undang Makan Siang Tiga Bacawapres

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berencana mengundang tiga bakal calon wakil presiden (cawapres), yakni Muhaimin Iskandar, Mahfud Md dan Gibran Rakabuming Raka, makan siang bersama untuk cegah timbulnya ketegangan dan konflik pada Pemilu 2024.

"Memang saya dijadwalkan bertemu dengan cawapres, tapi kan kita lagi mengatur waktunya sebab ini kan pada keliling semua," kata Ma'ruf Amin, di Jambi, Selasa (31/10/2023).

Wapres menyampaikan pihaknya masih menunggu waktu saat ketiga bakal cawapres ada di Jakarta.

"Hari-hari ini kita lakukan lobi-lobi, kapan yang ketiga-tiganya ada di Jakarta. Itu ternyata bukan masalah gampang. Yang satu di Jawa Tengah, satu ke Jawa Timur, satu ke Papua," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Makan Siang dengan 3 Capres

Sebelumnya pada Senin (30/10/2023) Jokowi dirinya sudah bertemu tiga kandidat calon presiden melalui jamuan makan siang di Istana Merdeka.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan pertemuannya bersama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan kemarin untuk membahas upaya pemilu damai.

"Ya saya mengajak untuk menjaga bersama-sama agar pemilu berjalan damai, tidak ada saling fitnah-memfitnah, tidak ada kampanye negatif, tidak ada saling menjelekkan atau merendahkan," ujarnya.

Dibandingkan hal negatif tersebut, Jokowi justru ingin para kandidat pasangan calon fokus pada program yang ditawarkan, karena menurutnya itu yang saat ini lebih dibutuhkan masyarakat.

"Baik dengan adu program dan adu gagasan, saya kira itu, rakyat menginginkan itu," ucap dia.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat