uefau17.com

Gerindra Pastikan Gibran Sudah Terima Pinangan Jadi Cawapres Prabowo - Pemilu

, Jakarta - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sudah menerima pinangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut dia, seluruh persyaratan untuk Prabowo dan Gibran mendaftar sebagai pasangan capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah siap.

"Iya lah (sudah terima Gibran), persyaratan sudah siap," kata Dasco usai menghadiri Rapimnas Partai Gerindra di The Dharmawangsa, Jakarta, Senin (23/10/2023).

Dasco melanjutkan, komunikasi dengan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu itu terus berjalan usai Gibran diumumkan KIM menjadi cawapres pendamping Prabowo.

"Komunikasi jalan terus," ucapnya.

Langsung Diumumkan Prabowo

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju remsi mengumumkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai Bacawapres Prabowo Subianto. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Prabowo di kediamannya Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023) malam.

Pengumuman itu dihadiri oleh seluruh elite parpol KIM. Sejauh ini, KIM digawangi oleh Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PBB, Gelora, Garuda, dan Prima.

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai presiden KIM, untuk 2024-2029, dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM," kata Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Usai menunjuk Gibran, Prabowo Subianto mengatakan mereka bakal mendaftarkan diri ke KPU pada Rabu (25/10/2023) mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran Kembali Ngantor di Solo

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka kembali masuk kantor usai pengumuman bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto terkait bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya.

Pada pengumuman yang dilakukan di Jakarta, Minggu (22/10) malam, Prabowo resmi menjadikan Gibran sebagai pendampingnya pada kontestasi Pemilihan Presiden 2024.

Saat ditanya terkait ketidakhadirannya pada pengumuman tersebut, dia beralasan masih harus menyelesaikan tugasnya di Solo.

"Karena hari ini saya harus menyelesaikan pekerjaan di Solo," kata Gibran dilansir Antara, Senin (23/10).

Sedangkan mengenai deklarasi pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dia meminta agar publik menunggu.

"Tunggunen (ditunggu) aja. Kok do ora santai, jadi orang santai. Aku tak ngrampungke gawean (menyelesaikan pekerjaan) dulu," kata Gibran.

 

3 dari 3 halaman

Secara Aklamasi, Parpol KIM Setuju Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bacapres Prabowo Subianto mengumumkan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden RI Joko Widodo sekaligus Wali Kota Surakarta, sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Koalisi Indonesia Maju untuk Pilpres 2024.

Prabowo di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, Minggu malam, mengatakan, "Baru saja Koalisi Indonesia Maju telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju."

Prabowo menjelaskan bahwa keputusan itu secara aklamasi dan seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju mencapai konsensus atas keputusan tersebut.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat