uefau17.com

Elektabilitas Erick Thohir Moncer di Jatim, Zulhas Makin Mantap Usung Jadi Bakal Cawapres - Pemilu

, Jakarta - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan partainya tetap mengusulkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Selain Erick Thohir, ada juga nama Menko PMK Muhadjir Effendy.

Hal itu merespons hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) yang menempatkan Erick Thohir di peringkat pertama kandidat cawapres 2024 dengan elektabilitas mencapai 24,7 persen, disusul Khofifah Indar Parawansa dengan 24,4 persen.

Survei ini untuk mengukur elektabilitas kandidat cawapres pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan warga Jawa Timur (Jatim). 

"Dari kami Cawapres  sudah jelas Erick  Thohir dan Muhadjir," kata Zulhas kepada wartawan di kantor DPP PAN, Senin (2/10/2023).

Menteri Perdagangan (Mendag) ini menjelaskan bahwa Erick Thohir merupakan figur utama yang selalu diusung PAN dalam setiap kesempatan untuk kontestasi Pilpres 2024. PAN menyebut Erick menjadi sosok yang mumpuni dan andal dalam bursa cawapres.

“Sosok yang bisa diandalakan jadi Cawapres,” ucapnya.

Erick Thohir Kalahkan Cak Imin

Sebelumnya, berdasarkan hasil simulasi survei Indikator Politik Indonesia, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), tidak serta merta dipilih oleh pemilih di Jawa Timur, meski telah ditetapkan sebagai bakal cawapres Anies Baswedan.

Berdasarkan hasil survei ini, elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir justru yang unggul di peringkat pertama disusul Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa  

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Survei

Survei IPI ini digelar pada periode 14-20 September 2023 di Jawa Timur. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.810 orang yang menempatkan Erick Thohir berada di peringkat pertama dengan elektabilitas 24,7 persen, disusul Khofifah Indar Parawansa dengan 24,4 persen. 

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1810 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error-MoE) sekitar +2.4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat