uefau17.com

Bakal Cawapres Cak Imin: Semua Syarat Pendaftaran Amin Sudah Lengkap, Tinggal ke KPU 19 Oktober 2023 - Pemilu

, Jakarta - Bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan, syarat pendaftarannya bersama bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan sudah sepenuhnya lengkap.

Hal tersebut disampaikan Cak Imin ditemui usai memimpin Parade dan Apel Hari Kesaktian Pancasila yang digelar DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu pagi (1/10/2023).

"Sudah sih, sudah lengkap semua syarat. Saya sama Mas Anies. Lengkap," kata Cak Imin, Minggu (1/10/2023).

Oleh karena itu, Cak Imin menyebut pasangan Anies-Muhaimin (Amin) tinggal menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendaftar sebagai capres-cawapres di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Ada pun masa pendaftaran awal capres-cawapres dimulai pada 19 Oktober 2023.

"Tinggal berangkatnya tanggal 19 (Oktober 2023)," ujar Cak Imin.

Sementara itu, Cak Imin menyampaikan ihwal kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Amin yang saat ini masih digodok.

"Masih proses, masih penggodokan," tegas Cak Imin.

Sebelumnya, bacapres Anies Baswedan juga mengungkapkan hal senada. Dia menyatakan, semua urusan administrasi sebagai syarat pendaftaran capres-cawapres sudah diselesaikan. Maka itu, ia siap untuk mendaftar di hari pertama.

"Sudah. Itu salah satu tugas Baja Amin. Tugasnya adalah mempersiapkan untuk salah satunya ya, untuk pendaftaran," kata Anies di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu 27 September 2023.

"Jadi insyaallah kita mendaftar hari pertama, kapan pun hari pertama itu," sambung dia.

Sebagai informasi, berdasarkan jadwal Pemilihan Umum atau Pemilu 2024, pendaftaran capres-cawapres dibuka pada 19 Oktober hingga 25 Oktober 2023 mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies-Cak Imin Minta Doa Restu Puluhan Kiai Sepuh NU di Jombang

Sebelumnya, bakal calon presiden capres) Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin meminta restu puluhan kiai khos atau kiai sepuh saat safari ke Pondok Pesantren (Ponpes) Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur, Jumat (29/9/2023).

Di antaranya ada Pengasuh Ponpes Al Falah Ploso Kediri KH Nurul Huda Jazuli. Saat Kiai Huda Jazuli tiba di Denanyar, Anies dan Cak Imin menyambut dengan hangat. Keduanya bahkan sungkem dan mencium tangan Kiai Huda Jazuli sebagai bentuk penghormatan.

"Mohon doa restu, mohon doa dukungan dan back-up. Alhamdulillah kami semua kompak, solid, Insyaallah Jatim bergerak dengan cepat," kata Cak Imin.

Cak Imin menyampaikan, para kiai menitipkan pesan agar Anies-Cak Imin melanjutkan perjuangan Nahdlatul Ulama (NU) jika menjadi presiden dan wakil presiden terpilih di Pilpres 2024. Khususnya, agar pemerintah lebih memperhatikan pesantren di Indonesia.

"Para kiai rata rata memesankan titip perjuangan NU, perjuangan ahlussunnah wal jamaah, perjuangan pesantren-pesantren agar terus mendapatkan perhatian dari pemerintah," jelas Cak Imin.

 

3 dari 4 halaman

Cak Imin Klaim Diberikan Dukungan

Cak Imin menyebut, para kiai juga memberikan dukungan kepada pasangan AMIN untuk maju di Pilpres 2024. Semua kiai sepuh dipastikan mendukung Anies-Cak Imin.

"Ya pasti (memberikan dukungan). Alhamdulillah kata semua kiai mendukung," kata dia.

Adapun kiai khos atau kiai sepuh serta nyai NU yang hadir antara lain KH Nurul Huda Jazuli, Nyai Badriyah, KH Marzuki Mustamar, KH Ahfas Lasem, KH Mustofa Badriduja, KH Zam Zami Mahrus, KH Fathul Huda (Tuban), KH Mufti Ali Ploso, KH Anim Falahuddin, KH Atoillah Anwar (lirboyo).

Ada pula Gus Kausar Ploso, Gus Fahim Ploso, Gus Faruk Ploso, Gus Zidni Ploso, Gus Toif Ploso, Gus Makmun Ploso, Gus Ahmad Ploso, Gus Yusuf Ch Magelang, Gus Suadi Malang, Gus Maki Bwi, dan Ra Ghulam.

Lalu Gus Affan, Gus Faris, Gus Fauzi, Gus Saif, Gus Faiq, Gus Panji, KH Abdul Wahab Kholil, KH Wazir Ali Denanyar, serta KH Zaenal A Denanyar.

 

4 dari 4 halaman

Anies-Cak Imin Tiba di Jombang Pakai Helikopter hingga Naik Vespa Menuju Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar

Bakal calon presiden dan wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tiba di Jombang, Jawa Timur, Jumat 29 September 2023.

Menggunakan helikopter, Anies dan Cak Imin mendarat di Lapangan Tembelang, Jombang pukul 13.11 WIB. Pasangan AMIN ini, bertolak dari Bandara Trunojoyo, Sumenep, Jawa Timur.

Pantauan , Anies-Cak Imin menggenakan baju kemeja lengan panjang berwarna putih dengan bawahan celana warna hitam, serta peci hitam. Nampak pula, Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid.

Anies-Cak Imin langsung menyapa simpatisan dan kader PKB yang sudah menunggu kedatangan keduanya di luar Lapangan Tembelang. Terlihat, para kader dan simpatisan antusias menyapa Anies-Cak Imin.

"Pak Anies, Cak Imin," kata kader PKB.

"Anies, Cak Imin, AMIN," sahut simpatisan lainnya.

Menariknya, puluhan simpatisan dan kader PKB telah bersiap dengan motor matic masing-masing. Satu buah motor vespa pun telah disediakan untuk Anies dan Cak Imin lengkap dengan dua helm bogo.

Keduanya beserta simpatisan dan kader PKB, melakukan arak-arakan menuju Pondok Pesantren (Ponpes) Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Anies yang terlihat membonceng Cak Imin dengan vespa berwarna abu-abu.

Setibanya di Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar arak-arakan sepeda motor kader dan simpatisan PKB yang dipimpin Anies-Cak Imin disambut langsung Pengasuh Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar, KH Abdussalam Shohib dan santri Ponpes tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat