uefau17.com

Uji Singkat Mobil Listrik Mungil Seres E1, Begini Rasa Berkendarannya - Otomotif

, Jakarta - Satu lagi pilihan mobil listik mungil di Indonesia, Seres E1 yang telah resmi diluncurkan di GIIAS 2023. Menantang Wuling Air ev, model ramah lingkungan asal China ini memiliki banderol yang cukup menarik, Rp 189 juta untuk B-Type dan Rp 219 juta untuk L-Type on the road (OTR) Jakarta.

Sebagai pendatang baru, Seres E1 hadir sebagai kendaraan kompak dengan energi listrik murni untuk mendukung mobilitas perkotaan yang ramah lingkungan. Dengan dimensi yang mungil, seberapa nyaman dan lincah Seres E1 digunakan untuk menaklukan jalanan?

Penasaran dengan performa Seres E1 ini, berkesempatan untuk menguji langsung rasa berkendara Seres E1 di GIIAS 2023 lalu.

Namun, area test drive yang digunakan untuk menguji Seres E1 ini di ICE BSD, Tangerang memang sangat terbatas. Tapi, untuk sekadar mengetahui rasa singkat berkendara mobil yang bakal diproduksi lokal pada Septemeber 2023 ini sepertinya sudah cukup.

Seres E1 memiliki dimensi panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.640 mm dan wheelbase 1.960 mm dan ground clearance 135 mm.

Dari segi eksterior, di bagian depan Seres E1 sudah mendapatkan LED DRL yang memanjang di bagian depan, spion kendaraan ini dimanfaatkan untuk membenamkan sein yang juga sudah menggunakan teknologi LED sehingga kesan modern semakin tegas.

Pada buritan mobil listrik kompak ini terdapat stop lamp di bagian atas jendela belakang agar terlihat lebih modern, sedangkan pelek menggunakan ukuran 13 inch.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Interior Seres E1

Sedangkan masuk ke interior, terlihat minimalis, dengan aksen warna biru muda, dan jok bagian depan bisa diatur secara manual untuk maju dan mundur atau naik turun sandaran.

Dasbornya sedernaha, dengan didukung instrument cluster full digital berukuran 7 inci, kontrol AC dengan panel sentuh, dan desain e-Shift Selector di sebelah kiri pengemudi. Fitur-fitur ini mudah dijangkau dan dioperasikan.

Saat melakukan pengujian, Seres E1 yang tersedia hanya varian Type B yang tidak dilengkapi head unit 8,8 inch seperti Type L yang harganya lebih mahal.

Satu lagi, uniknya dari Seres E1 ini, sudah tidak dilengkapi tuas transmisi seperti model lain, karena memang sudah dibekali e-Shift Selector yang berada di bagian kiri setir. Namun, karena belum terbiasa akan terasa canggung memindahkan perseneling dengan hanya menggunakan shift naik turun.

3 dari 4 halaman

Performa Seres E1

Waktunya menggeber mobil listrik baru ini di Indonesia. Beragam kondisi jalan tersedia di area tersebut, mulai dari jalan lurus, berbelok dengan bantuan kun, serta tanjakan buatan.

Menariknya, di area test drive ini, beberapa mobil listrik bisa melewati genangan air yang cukup tinggi dan tak terkecuali Seres E1. Ketika melewati genangan air, yang diibaratkan sebuah genangan saat hujan turun atau layaknya kondisi banjir, mobil listrik Seres E1 tidak mengalami kendala apa-apa.

Bisa disimpulkan, Seres E1 ini cukup mumpuni untuk digunakan di jalur perkotaan, terlebih dengan tiga mode berkendara, yaitu normal, eco dan juga sport. Khusus untuk sport, mobil akan terasa sedikit lebih bertenaga dibanding mode lainnya, dan pengemudi tidak perlu mnginjak dalam-dalam pedal gasnya.

Berbicara handling, sebagai salah satu mobil mungil di Indonesia, Seres E1 cukup mudah dikendalikan tanpa kendala berarti apa-apa.

Seres E1 menggunakanSejumlah fitur keamanan sudah tersedia di Seres E1, mulai dari Anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Hold Control, kamera parkir, cruise control, dan mode berkendara. Khusus untuk Seres E1 Type L terdapat juga Electronic Stability Control dan Electronic Parking Brake with Auto Hold.

baterai Lithium Iron Phosphate dengan jarak tempuh maksimal 220 km (L-Type) dan konsumen bisa dengan mudah mengisi daya baterai sehari-hari di rumah.

Performa yang ditawarkan Seres E1 juga tergolong cukup dengan torsi maksimal di 100 Nm, dipadukan transmisi otomatis. Kombinasi ini akan mempermudah pengemudi dalam bermanuver di jalanan ibukota, dan membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Sebagai informasi, Seres E1 dengan baterai Lithium Iron Phosphate dengan jarak tempuh maksimal 220 km (L-Type) dan konsumen bisa dengan mudah mengisi daya baterai sehari-hari di rumah.

Performa yang ditawarkan Seres E1 juga tergolong cukup dengan torsi maksimal di 100 Nm, dipadukan transmisi otomatis. Kombinasi ini akan mempermudah pengemudi dalam bermanuver di jalanan ibukota, dan membuat perjalanan lebih menyenangkan.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat