uefau17.com

Hyundai Ioniq 6 Sabet Banyak Penghargaan Bergengsi Dunia - Otomotif

, Jakarta - Mobil listrik Hyundai Ioniq 6 sukses memikat banyak kalangan pecinta otomotif. Hal ini terlihat kebolehannya dalam menyabet banyak penghargaan bergengsi seperti World Car of The Year, World Electric Vehicle dan World Car Design of The Year.

Salah satu nilai yang membuat panelis terkesima adalah lewat desain aerodinamisnya yang unik serta jarak tempuh yang luar biasa dari model kendaraan all electric.

Panel juri yang terdiri dari 100 jurnalis otomotif dari 32 negara menobatkan Ioniq 6 sebagai pemenang dari tiga finalis teratas dari masing-masing kategori, di mana seluruh kendaraan diluncurkan pada 2022.

Ini adalah kali kedua Hyundai meraih tiga penghargaan sekaligus di World Car Awards. Tahun lalu, panel juri juga menetapkan Ioniq 5 sebagai pemenang di tiga kategori yang sama.

Ioniq 6 adalah model kedua dari jajaran Ioniq, lini kendaraan mobil listrik dari Hyundai. Model ini memaksimalkan arsitektur Electric-Global Modular Platform (E-GMP) untuk menawarkan kemampuan pengisian daya ultra-fast 800-V yang dapat mengisi daya dari 10 hingga 80 persen hanya dalam 18 menit serta interior yang lapang.

Dengan drag coefficient (indeks hambatan) yang sangat rendah, hanya 0,21, Ioniq 6 merupakan salah satu EV paling aerodinamis dan hemat energi di pasaran.

Berdasarkan hasil Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP), jarak tempuh Ioniq 6 Electrified Streamliner  mampu mencapai 614 km dalam satu kali pengisian daya.

Hasil uji WLTP juga menunjukkan model 2WD standar IONIQ 6 dengan ban 18 inci mampu mencapai konsumsi energi sebesar 13,9 kWh/100 km.

“Kami senang dapat menerima penghargaan bergengsi ini selama dua tahun berturut-turut. Hal ini menjadi bukti atas kapabilitas yang luar biasa dan upaya pantang menyerah dari seluruh insan di Hyundai Motor Company untuk menghadirkan EV sekelas IONIQ 6 ke pasaran,” ujar Jaehoon Chang, President and CEO Hyundai Motor Company.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertemu Asosiasi EV, Moeldoko Bahas Ekosistem Sepeda Motor Listrik di ASEAN

Kepala Staf Kepresidenan Moledoko bertemu dengan perwakilan dari Asosiasi Industri Kendaraan Listrik Asia (Asian Federation of Electric Vehicle Association/AFEVA) di Gedung Bina Graha, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Moeldoko membahas tentang perkembangan ekosistem kendaraan listrik, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

"Produksi kendaraan bermotor roda dua di Indonesia mencapai 6 hingga 7 juta per tahun. Di negara-negara Asia Tenggara pun, penggunaan kendaraan roda dua sangat masif. Maka Federasi Asosiasi ini perlu memikirkan bagaimana mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, khususnya di sektor kendaraan roda dua," kata Moeldoko, dalam keterangan resminya, Kamis (6/4/2023).

Dalam pertemuan itu pula disepakati bahwa Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) akan menjadi bagian dari AFEVA, bergabung bersama Asosiasi Kendaraan Listrik dari Filipina (EVAP), Singapura (EVAS), Thailand (EVAT), dan Malaysia (EVAM).

Menurut Moeldoko, bergabungnya Periklindo dalam federasi asosiasi kendaraan listrik ini diharapkan mampu membawa Indonesia sebagai salah satu negara terdepan produsen kendaraan listrik di kawasan Asia.

3 dari 3 halaman

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat