uefau17.com

Suzuki Baleno Tipe Ini Dibekali Android Auto dan Apple CarPlay - Otomotif

, Jakarta - Kepuasan serta kenyaman konsumen terus menjadi fokus dari pabrikan otomotif guna membuat mereka betah di dalam mobil. Hal ini turut dilakukan oleh Maruti, di mana mereka telah membenamkan fitur Android Auto dan Apple CarPlay.

Saat ini, fitur tersebut baru bisa dinikmati oleh pemilik Maruti Baleno varian Zeta dan Alpha. Konsumen bisa melakukan update tersebut secara otomatis melalui dukungan Over the Air yang ada di dalam system dan nantinya software akan menambahkan fitur anyar tersebut.

Adapun keunggulan dari penambahan Android Auto dan Apple CarPlay ini adalah dapat membantu navigasi belokan demi belokan dan ditampilkan melalui head unit dan MID.

Lewat kehadirannya, pengemudi tidak perlu lagi memperhatikan gawai mereka yang tengah menampilkan navigasi. Sebagai gantinya, layar head unit yang ada di bagian tengah dashboard akan memunculkan peta navigasi tersebut.

 

Kehadiran fitur ini tentu bukan yang pertama bagi Maruti, namun mereka juga telah menghadirkan teknologi tersebut pada model Brezza. Dengan begitu, pemutakhiran fitur yang disematkan, nantinya akan bersifat langsung di mana pabrikan akan menyediakan platform baru dan konsumen dapat mengunduhnya melalui dukungan OTA tadi.

Kabarnya, Maruti akan terus memperkenalkan dukungan Over the Air ini untuk beberapa model yang bakal mereka luncurkan ke depannya.

Jika pada umumnya Android Auto dan Apple CarPlay ini dapat difungsikan melalui sambungan kabel data, pada model Maruti Baleno ini datang dengan sistem yang lebih modern di mana fitur tersebut bisa diaktifkan melalui nirkabel.

Bukan hanya sebagai navigasi, pada umumnya Android Auto atau Apple CarPlay juga akan menampilkan pesan yang muncul dari aplikasi seperti Whatsapp atau sejenisnya. Bahkan, di beberapa mobil pun lewat fitur tersebut pengemudi bisa memutar musik lewat Google Music.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dongfeng Motor Mulai Uji Coba Kendaraan Sel Bahan Bakar Hidrogen

Tren elektrifikasi yang tengah ramai dilakukan oleh para pabrikan otomotif dunia, tidak menghentikan visi dari Dongfeng Motor untuk melakukan terobosan baru.

Kini, jenama asal Tiongkok tersebut dikabarkan telah memulai melakukan uji coba kendaraan sel bahan bakar hidrogen di Guangzhou, Cina. Mereka menjelaskan bahwa tengah melakukan pengembangan kendaraan penumpang sel bahan bakar berdasarkan SUV crossover fastback Venucia V-Online.

Model tersebut diproduksi oleh Dongfeng Nissan di bawah merek Venucia. Kabarnya produsen tersebut akan mengerahkan kendaraan tersebut dan memulai operasi demonstrasi selama 36 bulan di Distrik Huadu Guangzhou, Cina, untuk mempercepat positioningnya dalam industri kendaraan energi hidrogen dan sel bahan bakar.

Sebelumnya, pada April 2021 lalu Dongfeng Motor secara resmi memperkenalkan rencana aksinya bahwa mereka akan memperkuat transformasinya menjadi perusahaan berbasis teknologi.

Lewat hal tersebut, mereka ingin lebih memberikan gambaran bahwa melalui uji coba yang tengah dilakukan bisa memberikan gambaran baru bagi industri otomotif dunia.

Dalam uji coba tersebut, Dongfeng Motor telah mencakup berbagai tingkat, tidak hanya untuk kendaraan penumpang semata. Tetapi, mereka juga turut menghadirkan percontohan spesifikasi untuk kendaraan niaga.

Hal ini dikarenakan pada spesifikasinya, mereka turut menghadirkan fuel cell vehicle (FCV) berspesifikasi 20 kW hingga 300 kW, di mana spesifikasi tersebut menjadi pemenuh persyaratan semua kendaraan penumpang dan untuk kendaraan komersial.

3 dari 3 halaman

Infografis Daya Tarik 3 Destinasi Wellness Tourism di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat