uefau17.com

Atur Barang Bawaan di Mobil untuk Liburan Jangan Sembarangan, Ini Tipsnya - Otomotif

, Jakarta - Mengisi akhir pekan dengan berpergian menggunakan mobil entah itu bersegmentasi SUV, MPV atau hatchback bersama keluarga atau orang terdekat, memang menjadi cara yang tepat untuk melepas penat. Terlebih kalau Anda mengajak lebih dari dua orang, akhir pekan akan terasa lebih seru bersama mereka. Saat seperti itu ada barang yang akan di tempatkan di bagasi mobil.

Untuk memberikan kenyamanan dalam berpergian, tentu ada cara yang harus dilakukan agar penempatan barang tersebut tidak mengganggu selama perjalanan. Lebih tepatnya, jangan sampai dengan bawaan barang banyak ini membuat tingkat kestabilan mobil menjadi berkurang. Memang setiap mobil sudah disiapkan bagasinya, namun kapasitasnya tentu terbatas.

Dalam mengatur barang tersebut, Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia, memberikan beberapa tips untuk mengatur barang bawaan agar perjalanan tetap nyaman dan aman.

"Mengatur barang di bagasi ini memang mudah-mudah gampang. Hal ini tidak sekedar meletakan barang, tetapi pastikan dalam kondisi aman," buka Sony, ketika diwawancarai .

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Ringan untuk Anda

Sebagai panduan dalam mengatur barang, berikut adalah saran dari Sony Susmana yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan travelling bersama rekan atau keluarga dalam mengisi liburan.

1. Letakan barang yang terberat di sisi bawah dengan mempertimbangan titik berat kendaraan agar lebih stabil.

2. Pastikan letaknya center di antara as roda, agar beban yangg dipikul dapat terbagi rata dan seimbang.

3. Barang harus terikat agar tidak mengganggu dan bergeser-geser sekalipun kecil.

4. Tidak over dimensi yang dapat mengganggu visibilitas pengemudi dalam melihat kebelakang lewat spion, sehingga tidak membuat binggung.

5. Sesuaikan berat barang dengan kemampuan kendaraan agar kerja dari suspensi bisa optimal.

6. Kalau barang bawaannya berupa cairan maka manuver-manuver yang ektrem dalam berkendara harus ditekan supaya tidak menimbulkan efek dari benda cair tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Seberapa Sering Harus Ikuti Tes Covid-19?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat