uefau17.com

Mengapa Turkmenistan Cap 'Haram' Mobil Warna Hitam? - Otomotif

, Ashgabat Turkmenistan, salah satu negara di kawasan Asia Tengah, baru-baru ini menerbitkan kebijakan konyol terkait impor mobil. Dikabarkan, negara ini menolak untuk memberikan izin impor bagi mobil berwarna hitam. Mengapa?

Melansir BBC pada Selasa (3/2/2015), tidak diketahui pasti apa sebab ditelurkannya keputusan aneh ini. Pembuat kebijakan pun berdalih mobil berkelir putih lebih bagus dan membawa keberuntungan. 

Ya, kelir putih di mata sang Presiden Gurbanguly Berdimuhamedov memang telah menjadi keyakinan. Baru-baru ini contohnya, dirinya melakukan konvoi menggunakan limosin putih bersama 160 pejabat negara lain untuk menghadiri sebuah pertemuan. Semua mobil berkelir putih.

Peraturan aneh soal kendaraan yang diterbitkan Turkmenistan ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya, negara tersebut juga melarang impor mobil berjenis coupe, supercar dan beberapa komponen mobil seperti kaca berwarna gelap.

Tak cuma urusan mobil, Turkmenistan juga mengekang warganya untuk tidak menggunakan pendingin ruangan dan memiliki rumah dengan cat berwarna hitam. Lagi-lagi, presiden memiliki andil kuat dalam sejumlah peraturan aneh ini. Ada-ada saja!

(/Gst)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat