uefau17.com

7 Kebiasaan Makan Ini Bisa Bikin Kadar Kolesterol Jahat Naik, Sebaiknya Hindari! - On Off

, Jakarta Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Salah satu solusi menghindarinya yaitu dengan mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi. Penderita harus tahu jenis makanan tidak sehat yang mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat. Lantas, apa saja?

Gaya hidup memiliki banyak jebakan karena biasanya dikombinasikan dengan kebiasaan makan yang buruk. Hal itu tentunya dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan.

Menyukai camilan asin dan makanan manis yang tampaknya tidak berbahaya bahkan dalam jumlah kecil sekalipun dapat membuat Anda berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Bukti yang muncul menunjukkan bagaimana duduk sepanjang hari tanpa olahraga dan konsumsi makanan berlemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, perlemakan hati, dan banyak penyakit mematikan lainnya.

Dalam gaya hidup yang serba cepat, sudah menjadi norma bagi seseorang untuk mencari makanan kemasan yang bisa dimasak dengan mudah. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan tanpa sadar hal itu berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol.

Namun, tidak semua kolesterol itu jahat karena ada satu jenis yang sebenarnya penting untuk tubuh agar berfungsi dengan baik.

Memiliki jumlah high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik yang sehat itu penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke bersamaan dengan menghilangkan kolesterol jahat atau kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dari tubuh.

Trigliserida dengan HDL rendah atau LDL tinggi inilah yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, seperti aterosklerosis, penyakit metabolik lain, dan bahkan serangan jantung.

Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati saat menikmati makanan berlemak karena mengonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan banyak penyakit.

Melansir Hindustan Times, Selasa (18/4/2023), Avantii Deshpaande sebagai Ahli Nutrisi Klinis membagikan tujuh kebiasaan makan buruk yang dapat meningkatkan kolesterol LDL antara lain sebagai berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Pemicu Kolesterol

1. Mengonsumsi produk roti

Makanan roti termasuk biskuit, kue, kue kering, puff, krim gulung, dll. Makanan ini dibuat dengan menggunakan lemak nabati yaitu vanaspati atau margarin yang tinggi lemak trans yang pada gilirannya meningkatkan kolesterol jahat.

2. Mengonsumsi daging olahan

Semua daging beku seperti sosis, salami, roti burger, bacon, dll. Diawetkan dengan pengasapan atau pengasinan, pengawetan atau penambahan bahan pengawet kimia. Mereka tidak hanya tinggi kolesterol jahat tetapi juga bersifat karsinogenik. Jadi, solusi terbaiknya adalah menghindari makanan ini sepenuhnya.

3. Memilih makanan cepat saji sebagai camilan

Baik makanan cepat saji India seperti pav bhaji, samosa, bhature dan makanan barat seperti pizza atau burger, itu tinggi kolesterol LDL. Penggunaan bahan-bahan yang membuatnya tinggi lemak jenuh dan juga proses pembuatanny menggunakan bahan-bahan tertentu, minyak goreng yang dipanaskan, bahan-bahan tinggi lemak dan karbohidrat serta serat rendah yang membuatnya berbahaya - tidak hanya dapat meningkatkan kolesterol, tetapi juga obesitas.

4. Mengonsumsi lebih sedikit buah dan sayur

Buah dan sayuran memiliki serat tinggi yang akan membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Selain itu, buah dan sayuran juga kaya fitonutrien yang memiliki sifat antioksidan dan mengeluarkan racun dari tubuh serta membersihkan organ vital, seperti hati, usus, dan ginjal. Pastikan Anda memasukkan lima porsi buah dan sayuran ke dalam makanan.

5. Mengonsumsi makanan rendah serat larut

Serat larut menarik air dari usus yang melunakkan tinja dan dapat mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh. Oat, kacang polong, apel, jambu biji, wortel, buah jeruk kaya akan serat larut. Pastikan untuk memasukkan makanan ini ke dalam asupan harian.

6. Manjakan diri dengan makanan olahan

Makanan apa pun yang tersedia dalam kemasan dan memiliki umur simpan yang lebih lama berarti telah dilakukan pemrosesan untuk meningkatkan umur simpan. Makanan ini diketahui dapat meningkatkan kolesterol jahat jika pengolahan dan kondisi pengemasannya tidak standar proses operasi atau mengikuti sertifikasi seperti HACCP. Jadi, pastikan Anda waspada untuk memilih makanan olahan dan menggunakannya seminimal mungkin.

7. Mengonsumsi makanan dan pencuci mulut yang tinggi gula

Jus buah kemasan, produk yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, makanan pokok, seperti roti putih dan atau bahkan makanan penutup terkadang tidak tinggi lemak, tetapi gula. Gula ini diubah menjadi lemak dalam tubuh dan pada gilirannya akan meningkatkan kolesterol jahat.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat