uefau17.com

Hadir di Indonesia Begini Penampilan THE 8 X JEFF KOONS - On Off

, Jakarta Dalam edisi eksklusif yang hanya 99 unit di seluruh dunia, BMW M850i xDrive Gran Coupé yang diciptakan oleh Jeff Koons dan BMW ditampilkan di Indonesia di Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara), Jakarta.

THE 8 X JEFF KOONS, kendaraan paling rumit yang dirancang sepanjang sejarah BMW pertama kali dipresentasikan kepada khalayak global pada acara Frieze Los Angeles. BMW adalah mitra jangka panjang dari pameran seni; Jeff Koons diwakili secara global, dan di Frieze Los Angeles, oleh Pace Gallery. Hal ini diimplementasikan juga pada peluncurannya hari ini di Indonesia, melalui mitra dari BMW Indonesia: Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara).

Penampilan satu-satunya THE 8 X JEFF KOONS di Asia Tenggara ini diperuntukkan untuk rekan media serta para pelanggan setia BMW, kolektor seni melalui acara yang disiapkan secara ekslusif hingga 6 November 2022. Pada peluncurannya dihadiri oleh Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dan dari pihak Museum MACAN oleh Aaron Seeto, Director Museum MACAN.

Aaron Seeto, Director Museum MACAN mengungkapkan, ‘‘Kami merasa bangga bisa bekerja sama kembali dengan BMW tahun ini, dan memamerkan art car THE 8 X JEFF KOONS yang istimewa di Museum MACAN”. 

Desain yang ekspresif dan mencolok menggabungkan sebelas warna eksterior yang berbeda mulai dari biru hingga silver serta dari kuning hingga hitam. Hanya empat unit yang dicat setiap minggu. Interior multi-warna terdiri dari bahan yang sangat premium, leather yang halus, dan tutup cupholder dengan badge edisi dan tanda tangan sang seniman. Kulit pelapis jok terbuat dari warna merah dan biru yang mencolok, cerminkan warna pahlawan super beriorientasi dari buku komik serta warna BMW M. Secara keseluruhan, desain yang penuh semangat dan tangguh mencakup kedua elemen seni pop serta pola geometrisnya memberi kesan pada kontur dan bentuk rumit Gran Coupé Seri 8 yang sporty. Garis-garis warna yang meledak di bagian belakang, adalah penghormatan tanpa perantara kepada BMW Art Car 2010, sementara "POP!" di setiap sisi serta gambar uap melambangkan kekuatan dan kecepatan THE 8 X JEFF KOONS, menurut Jeff Koons.

Lebih dari 200 jam pekerjaan manual dihabiskan oleh para profesional yang sangat terspesialisasi di pabrik BMW Group di Dingolfing dan Landshut khusus untuk pengecatan eksterior, di mana sampel warna sering diaplikasikan dengan kaca pembesar. "Energik (Energetic)," "Menggoda (Tantalizing)," dan "Kuat (Strong)" adalah cara media internasional menggambarkan art car tersebut, menyusul publikasi studi desain pertama pada kesempatan pengumuman kerja sama pada awal September 2021 di museum Pinakothek der Moderne Munich.Puluhan insinyur dan desainer telah memberikan segalanya untuk memastikan visi kolaborasi BMW dan Jeff Koons ini menjadi kenyataan. Jeff Koons sendiri telah menghabiskan waktu berhari-hari di pabrik Dingolfing selama beberapa bulan untuk mendiskusikan pilihan desain dengan karyawan BMW yang terlibat.

“Saya sangat memikirkannya: Apa inti dari BMW Seri 8 Gran Coupé? Apa inti dari kekuasaan? Bagaimana menciptakan sesuatu yang merepresentasikan semua energi BMW Seri 8 yang juga mampu menyentuh elemen manusia?” tambah Jeff.

Setiap kendaraan dilengkapi dengan sertifikat format besar yang ditandatangani oleh Jeff Koons, dan juga tanda tangan Oliver Zipse (Chairman of the Board of Management BMW AG) juga berisi Vehicle Identification Number (VIN) masing-masing kendaraan. Seniman itu juga mendesain pelapis dari Driver's Manual (Panduan Pengemudi). Satu tanda tangan tambahan dari seniman tersebut dimasukkan ke dalam panel cupholder. Koons sengaja memilih warna biru Bavaria dari logo BMW.

Pada tahun 2010, seniman asal Amerika ini telah menciptakan Art Car BMW M3 GT2 unik yang tampil di balapan Le Mans 24 Jam dan diresmikan di Centre Pompidou, Paris. Pada tahun yang sama, penyanyi rock Bono dari U2 menulis dalam sebuah editorial untuk New York Times bahwa Jeff Koons harus berperan dalam merancang kendaraan masa depan. BMW dan Koons kemudian melanjutkan percakapan dan pada awal 2020 memutuskan untuk memproduksi edisi terbatas BMW Seri 8 Gran Coupé baru, diluncurkan secara global pada 2022.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat