uefau17.com

Deretan Prestasi Salman Khan, Aktor Multitalenta Pemeran Film Prem Ratan Dhan Payo - On Off

, Jakarta Siapa yang tidak mengenal Salman Khan? Namanya yang malang melintang di kancah Bollywood pasti sudah tidak asing lagi di telinga penggemar. Mulai dari kariernya sebagai aktor hingga memproduksi berbagai film.

Pria yang bernama lengkap Abdul Rashid Salim Salman Khan ini lahir di Mumbai, 27 Desember 1965. Ia terlahir dari keluarga muslim. Ayahnya bernama Salim Khan dan ibunya Susila Charak. 

Salman Khan memulai kariernya sebagai pemeran pendukung di tahun 1988 dalam film Biwi Ho To Aisi. Pada tahun berikutnya, ia ditantang sebagai pemeran utama di film garapan Sooraj Barjatya, berjudul Maine Pyar Kiya sebagai Prem.

Salman Khan berhasil mendapatkan penghargaan di Filmfare untuk aktor debut terbaik dan masuk sebagai nominasi sebagai aktor terbaik. Tak hanya film, ia juga membintangi beberapa serial televisi berjudul 10 Ka Dum, Big Boss, dan Starr Night with Tubelight

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karya dan Prestasi

Pada tahun 90-an, film terkenal yang dimainkan oleh Salman di antaranya adalah Maine Pyar Kiya (1989), Hum Aapke Hain Koun (1994) sebagai Prem, Kuch Kuch Hota Hai (1998) sebagai Aman Mehra. Kemudian di tahun 2000-an kariernya sempat menurun.

Lalu kembali meroket di film Maine Pyar Kyun Kiya (2005), Jai Ho (2014) sebagai Major Jai Agnihotri, serta Prem Ratan Dhan Payo (2015) sebagai Yuvraj/Prem. Salman juga kerap tampil sebagai cameo, atau pemeran pendukung di beberapa film.

Sejumlah karya yang telah diproduksi oleh Salman di antaranya adalah film anak-anak berjudul Chillar Party (2011), Dr. Cabbie (2014), Hero (2015) dan film Notebook (2019). Selain sebagai aktor, Salman juga sempat mengisi soundtrack di beberapa film.

Tidak hanya karya, Salman Khan juga menoreh beberapa prestasi di industri perfilman, yaitu penghargaan di Filmfare sebagai aktor debut terbaik (1990), pemeran pendukung pria aktor pendukung terbaik (1999), Indian Television Academy Award untuk pembawa acara berita terbaik (2001), serta People’s Choice Awards India untuk Aktor terbaik (2012), dan masih banyak lagi.

Itu tadi deretan karya dan prestasi yang diraih Salman Khan. Bagaimana? Tertarik untuk menonton aksi Salman Khan di film-filmnya? Anda bisa nonton Prem Ratan Dhan Payo di platform streaming Vidio.

Penulis: Nida Zhafira P.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat