uefau17.com

Resep Bugar Ketua MPR pada Usia 78 Tahun - News

Teka-teki siapa pengganti almarhum Taufiq Kiemas sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) terjawab. PDIP akhirnya memilih Sidarto Danusubroto, untuk menggantikan posisi suami Megawati Soekarnoputri di kursi puncak MPR.

Meski sudah berusia 78 Tahun, Sidarto yang juga merupakan mantan ajudan terakhir Bung Karno ini masih terlihat segar bugar dan memiliki suara yang lantang. Lalu apa rahasianya yang membuat Ketua MPR yang baru ini terlihat masih gagah meski sudah sepuh?

Ketua MPR periode 2004-2009, Hidayat Nur Wahid yang merupakan sahabat dekat membuka rahasia bugar Sidarto. Ternyata, sesepuh PDIP itu hobi dan rajin berenang.

"Kesehatannya luar biasa, beliau senang renang minimal 1 jam. Kalau saya tidak suka berenang tapi saya hobinya main badminton. Jadi kalau lomba berenang dengan beliau pasti saya kalah, tapi kalau lomba badminton sama beliau pasti saya yang menang," kata Hidayat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Hidayat yang juga merupakan Ketua Fraksi PKS DPR mengaku sangat dekat dengan Sidarto saat menjabat sebagai Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR. Sidarto saat itu duduk sebagai wakil ketua. Karena itu, Hidayat memahami Sidarto memiliki kesehatan yang sangat baik karena rajin berolahraga khususnya renang.

Tak hanya itu, Hidayat juga menjelaskan meski Sidarto terlihat tegas dan berwibawa, tetapi politisi PDIP itu memiliki jiwa humor yang cukup baik diantaran kawan-kawan politiknya. Karena itu, Hidayat menyambut baik dengan dipilihnya Sidarto untuk melanjuti nilai-nilai kenegarawanan yang dijalankan oleh mendiang Taufiq Kiemas di puncuk pimpinan MPR.

"Dan beliau adalah orang yang sangat loyal kepada Bu Mega. Yang utama, beliau seorang komunikator yang sangat bagus dengan partai Islam sangat dekat, tentu dengan partai lain juga sangat dekat. Dan Dia sangat humanis bahkan humornya juga bagus," tukas Hidayat. (Ary/Ism)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat