uefau17.com

Konten Original Merajut Dendam Tarra Budiman Dibajak di Telegram, Pelaku Diringkus - News

, Jakarta - Polisi membongkar kasus pembajakan terhadap series lokal dari Vidio, platform streaming OTT terkemuka, melalui aplikasi Telegram. Kasus ini terbongkar buntut laporan dari Vidio dan investigasi secara ekstensif, operasi Polda Jawa Barat sehingga menangkap 2 tersangka yang diyakini admin yang mengatur pembagian video berhak cipta secara tidak sah di saluran Telegram.

Para pelaku ini mengeksploitasi fitur anonimitas dan enkripsi Telegram untuk menghindari batasan hukum dan mengambil keuntungan dari distribusi ilegal materi berhak cipta.

Penangkapan pertama dilakukan pada Februari 2024 silam pada tersangka R berusia 22 tahun di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. R membagikan sejumlah judul Vidio Original Series di Telegram, seperti: Merajut Dendam (Tarra Budiman), Pertaruhan season 2 (Jefri Nichols), dan Love Ice Cream (Mawar De Jongh).

Didasarkan pada motif untuk membangun komunitas penonton bajakan yang kemudian untuk mendapatkan keuntungan finansial dari program affiliate salah satu platform e-commerce, Renaldi pun membagikan konten milik Vidio ini ke 1,8 juta pengikutnya.

Sementara itu, tersangka lainnya yang telah berhasil meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah, MYR berusia 22 tahun ditangkap di Lempuyang Bandar, Way Pengubuan, Lampung Tengah oleh Unit 1 Subdit V Siber, Krimsus, Polda Jabar pada 24 April lalu dan mendekam ditahanan Polda Jabar selama proses pemeriksaan berlangsung.

Tidak hanya menggunakan platform aplikasi Telegram untuk menyebarkan sejumlah konten Vidio Original Series: Cinta Pertama Ayah (Yasmin Napper, Al Gazali), Happy Birth-die (Natasha Wilona, Zee JKT48) dan Ratu Adil (Dian Sastrowardoyo), pelaku juga membuat website yang berisikan konten-konten tersebut sejak tahun 2023.

AKBP Hotmartua Ambarita, Kasubdit 1 Cyber Polda Jabar menegaskan, “Polda Jabar mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mentaati seluruh peraturan perundangan yang berlaku untuk tidak melakukan pelanggaran pidana ini [pembajakan konten berhak cipta] yang dapat merugikan orang lain,”.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajak Masyarakat Berperan Aktif

Sementara itu, Gina Golda Pangaila selaku SVP Legal and Anti Piracy Vidio menyatakan, “Kami akan terus tanpa lelah bekerjasama dengan aparat untuk mengejar dan tegas mengambil langkah-langkah hukum terhadap para admin Telegram yang membajak konten Vidio Original Series.

Vidio mengajak masyarakat untuk turut berperan aktif dalam memberantas aksi pembajakan dan pelanggaran hak intelektual, dengan membuka layanan laporan melalui piracy@vidio.com.

”Fachrul Prasodjo, Wakil Ketua Umum Asosiasi Video Streaming Indonesia (AVISI), mengekspresikan betapa pembajakan konten ini menjadi salah satu tantangan terbesar bagi pelaku industri streaming di tanah air yang masih berkembang ini.

“Asosiasi mengapresiasi tindakan tegas Polri dan komitmen Kominfo sebagai upaya melawan pembajakan film dan series lokal yang menjamur di group chat Telegram. Kami berharap pemerintah terus memberikan bantuan dalam melawan pembajakan karya bangsa ini agar industri kreatif nasional bisa terus bertumbuh, apalagi mengingat platform global belum serius mendengarkan laporan dari kami pelaku industri,”.

3 dari 4 halaman

Tentang Merajut Dendam

Merajut Dendam adalah sebuah drama romance Vidio Original Series yang tayang sejak pertengahan Oktober 2023. Berkisah tentang sosok Nina (Laura Basuki) yang memiliki pasangan mapan, dengan wajah rupawan dan karir cemerlang. Namun apa jadinya saat rumah tangga impian yang telah dibangun selama bertahun-tahun dengan sosok yang didamba-dambakan oleh banyak wanita justru dinodai dengan perselingkuhan.

Hal ini terjadi pada Nina yang menikahi Rasya (Oka Antara) seorang pengacara kondang yang memiliki image sebagai pria idaman.

Nama Laura Basuki sudah tidak asing lagi di dunia perfilman Indonesia. Aktris muda cantik ini telah memainkan film dari berbagai genre mulai dari drama, thriller, romance, hingga film dengan genre horror.

Kiprah wanita cantik ini di dunia perfilman juga sudah diakui lewat berbagai penghargaan di dunia perfilman Piala Maya, Piala Citra, Indonesian Movie Awards dan berbagai penghargaan bergengsi lainnya. Kehadiran perdana Laura Basuki di Vidio Original Series Merajut Dendam ini tentunya memberikan warna baru bagi khazanah Original Series yang ada di Vidio.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Vidio

Tentang Vidio Sebagai over-the-top #1 di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2014, Vidio menjadi pilihan utama bagi penggemar olahraga untuk menyaksikan siaran langsung pertandingan olahraga internasional, seperti FIFA World Cup Qatar, Premier League, BRI Liga 1, UEFA Champions League, Serie A, La Liga, NBA, dan banyak lagi.

Kerap menghadirkan konten sports, Vidio memiliki kekuatan infrastruktur dengan menghadirkan inovasi teknologi terkini untuk mendukung kualitas siaran langsung dan berbagai fitur personalisasi untuk memastikan pengalaman menonton yang tak tertandingi.

Hal ini terbukti dengan kemampuan Vidio menghadirkan tayangan FIFA World Cup Qatar 2022, yang ditonton oleh lebih dari 30 juta viewers dandiputar sebanyak lebih dari 262 juta kali.

Vidio juga merupakan destinasi utama untuk konten lokal eksklusif. Selama setahun hingga Oktober 2023, Vidio telah merilis 28 judul Vidio Original Series, yang dibintangi oleh deretan artis papan atas Indonesia seperti: Wulan Guritno, Laura Basuki, Jefri Nichol, Mawar De Jongh, Amanda Rawles, AhmadAl Ghazali, dan masih banyak lagi.

Di tahun 2023 ini, Vidio datang dengan gebrakan Lokadrama Lara Ati 2 yang dalam kurun waktu 3 bulan ditonton 10 juta kali. Vidio Sinetron ini menghadirkan konten dengan nuansa lokal yang kental serta menampilkan lokasi-lokasi kuliner lokal favorit, menyuguhkan dialog, kepribadian, hingga guyon dengan logat dan bahasa Jawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat