uefau17.com

Pj Gubernur Kaltim Raih Penghargaan Pembina Produktivitas di Naker Award 2023 - News

, Jakarta Penjabat (PJ) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) meraih penghargaan sebagai Pembina Produktivitas 2023 pada Naker Award 2023 yang berlangsung di Balai Sarbini, Jakarta pada Jumat (1/12/2023). Ajang Naker Award 2023 digelar oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan dan diikuti 18 dinas ketenagakerjaan se-Indonesia.

Mengusung tema 'Wujudkan Indonesia Emas 2045'. ajang ini memberikan penghargaan kepada pelaku industri dan provinsi atas kontribusi penting bagi pembangunan ketenagakerjaan Indonesia, serta para gubernur yang telah berhasil membina pembangunan ketenagakerjaan di daerahnya.

Baca Juga

Penghargaan Pembina Produktivitas merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat kepada perusahaan maupun pemerintah daerah yang sukses mewujudkan produktivitas di daerah. Perusahaan menerima Penghargaan Produktivitas Paramakarya karena keberhasilannya menerapkan sistem manajemen peningkatan produktivitas dengan kategori unggul.

Gubernur selaku pembina produktivitas di daerah yang melaksanakan program pembinaan produktivitas kepada perusahaan diberikan penghargaan berupa lencana produktivitas. Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim Sri Wahyuni menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. 

Dalam sambutannya, Wapres RI Ma'ruf Amin mengharapkan Naker Award 2023 menjadi motivasi perusahaan maupun pemerintah daerah untuk bangkit pascapandemi Covid-19. Menurutnya sukses pembangunan bidang ketenagakerjaan terjadi berkat kolaborasi yang baik. 

“Untuk itu, yang perlu diperhatikan, yakni menguatkan kolaborasi dari ulu ke ilir sehingga memastikan produktivitas," katanya Ma'ruf Amin.

Tidak hanya itu, Wapres juga mengatakan bagi Perusahaan yang memberi upah seharusnya dapat meningkatkan pertumbuhan di wilayah produktivitas. Selanjutnya, tanggung jawab perusahaan untuk menghapuskan kemiskinan.

"Pemerintah daerah dapat menyusun rencana anggaran dalam mendukung pengembangan produktivitas perusahaan," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Kualitas SDM

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah menjelaskan, tidak mudah membangun pertumbuhan di lingkungan pekerja. Karena itu perlu apresiasi. Penghargaan tersebut untuk meningkatkan motivasi agar lebih maksimal lagi dalam ketenagakerjaan.

Sekprov Sri Wahyuni mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang sukses meraih penghargaan.

"Semoga ini terus ditingkatkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kaltim," ucapnya.

Pesan Wapres Ma'ruf, untuk meningkatkan produktivitas maka perlu tingkatkan kualitas SDM. Melalui kompetensi sertifikasi perusahaan. Terlebih sebagai penyangga IKN. Maka, diperlukan perbanyak sertifikasi tenaga kerja, sehingga berdaya saing.

"Khususnya sektor-sektor yang dibutuhkan dalam pengembangan IKN," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Penerima Naker Award 2023

Empat penghargaan yang diberikan yakni indeks pembangunan ketenagakerjaan, olimpiade pengupahan berbasis produktivitas, penghargaan pengukuran produktivitas dan penghargaan perusahaan terbaik.

Adapun perusahaan yang menerima penghargaan Produktivitas Paramakarya 2023, yakni PT Sagatrade Murni asal Samarinda kategori usaha besar, PT Mulia Jaya Mandiri asal Balikpapan kategori usaha besar dan PT Waroeng Geboy Oke asal Balikpapan kategori usaha kecil.

Selain itu, Kaltim juga menerima penghargaan melalui PT PKT dengan kategori olimpiade pengupahan berdasarkan produktivitas.

Sementara, penerima Penghargaan Pembina Produktivitas 2023, mulai Pj Gubernur Aceh, Pj Gubernur Jambi, Gubernur DI Yogyakarta, Pj Gubernur Kaltim, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara dan Pj Gubernur Papua.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat