uefau17.com

Tarakan Tuan Rumah Raker APEKSI, Pemkot Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas dan Keramahtamahan - News

, Tarakan Sepekan ini Kota Tarakan disibukkan dengan berbagai kegiatan. Pekan Kebudayaan Kota Tarakan 2023 yang berlangsung 1-7 Oktober 2023, kemudian dilanjutkan dengan puncak Festival Iraw Tengkayu XII pada 8 Oktober 2023 di Kawasan Wisata Ratu Intan Pantai Amal.

Berbeda dari tahun lalu, kegiatan pekan budaya dan festival Iraw kali ini dirangkaikan dengan kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) se-Kalimantan pada 7-10 Oktober 2023. Tarakan menjadi tuan rumah kegiatan APEKSI Regional Kalimantan.

Raker ini diharapkan dapat memberikan wadah yang efektif untuk mendiskusikan isu-isu penting, kerja sama, dan inovasi yang akan memajukan Kalimantan dan kota Tarakan.

Melihat rangkaian kegiatan itu, Kota (Pemkot) Tarakan mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifnya kota.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tarakan, Hamid Amreen mengatakan, tentunya kemeriahan pekan budaya dan Iraw Tengkayu selain akan terlihat dan dirasakan oleh tamu undangan juga kemeriahannya dirasakan Wali kota se Kalimantan dan rombongan yang datang untuk kegiatan Apeksi.

“Tentunya Tarakan akan banyak kedatangan tamu termasuk pejabat daerah dari luar kota,” kata Hamid Amreen.

Pada 7 Oktober dilaksanakan pawai budaya yang mengarak perahu padaw tuju dulung, dan 8 Oktober puncak Iraw Tengkayu pelarungan perahu padaw tuju dulung, lalu dilanjutkan Apeksi pada 9 Oktober.

“Kita minta masyarakat Tarakan untuk menjaga kondusif, keamanan hingga keramah tamahan masyarakat, mengingat banyaknya tamu yang datang ke Tarakan,” pintanya.

Persiapan APEKSI terus berjalan, dan Kota Tarakan dengan tegas menunjukkan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah untuk acara penting ini dan memastikan bahwa APEKSI 2023 dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat maksimal bagi seluruh peserta.

Sebelumnya, Wali Kota Tarakan Khairul berharap Festival Iraw Tengkayu dapat dihadiri banyak orang termasuk kepala daerah seluruh Kalimantan.

“Kita berharap kepala daerah Se-Kalimantan bisa hadir pada Iraw tanggal. Setelah itu besoknya baru kita buka Apeksi,” demikian ujar Walikota Tarakan dr. Khairul, Senin (4/9/2023).

Kegiatan Iraw akan berlangsung di Pantai Amal seperti tahun-tahun sebelumnya. Dan untuk kegiatan Apeksi akan di gelar di Gedung Kesenian TCC (Tarakan Convention Centre).

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat