uefau17.com

Jokowi: Kebaya Karakternya Masyarakat Indonesia, Khususnya Wanita - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku puas dan bangga, atas terselenggaranya Istana Berkebaya di Istana Merdeka pada sore hari ini, Minggu (6/8/2023). Menurut Jokowi, kegiatan tersebut mampu memperkuat karakter bangsa sebagai negara yang kental akan budaya dari zaman ke zaman.

"Kita ingin mengenalkan kembali agar kita kembali kepada karakter dan kepribadian Indonesia, karena sekali lagi kebaya karakternya masyarakat Indonesia, khususnya wanita Indonesia," kata Jokowi di Kompleks Istana Merdeka Jakarta, Minggu (6/8/2023).

Jokowi menambahkan, dengan mengenakan kebaya maka wanita Indonesia akan memunculkan aura kelembutan, keanggunan, kesopanan, dan kesederhanaan. Melalui pertunjukan Istana Berkebaya, hal-hal tersebut nyata sudah tergambar.

"Saya kira ini terus harus dilakukan dengan gencar tidak hanya di Jakarta tapi daerah-daerah lain dengan kebayanya masing-masing. Karena ada kebaya encim di Jakarta, nanti ada kebaya gaya sunda, kebaya Jawa, kebaya Kalimantan, Kebaya Sumatera, semuanya ada kebaya," ujar Jokowi.

Jokowi percaya, saat penggunaan kebaya bisa terus ditampilkan secara masif maka kreasi baru anak bangsa, desain yang inovatif akan muncul akan muncul dengan corak juga warna yang beragam.

"Akan muncul desain yang berbeda dengan ya, warna-warni itulah Indonesia," kata Jokowi.

Namun demikian, Jokowi tidak ingin masyarakat menggunakan kebaya secara terpaksa. Maka saat ditanya apakah perlu penggunaan kebaya dijadwalkan khusus dalam aturan adimistrasi tiap perkantoran dan instansi, Jokowi tidak sepakat dan memilih sebagai bentuk kesadaran saja.

"Tidak perlu, apa-apa itu tidak perlu dipaksa (kesadaran)," tandas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catwalk Kebaya

Istana Berkebaya adalah rangkaian acara menuju hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 yang dipersembahkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Parade puluhan kebaya ditampilkan oleh para model. Mulai dari kelas profesional, Putri Indonesia, artis nasional, pelajar hingga sejumlah pemimpin redaksi media Tanah Air.

Mereka secara bergantian menjajal catwalk sepanjang 200 meter, dengan diiringi alunan lagu yang dinyanyikan Bunga Citra Lestari (BCL).

Acara Istana Berkebaya dihelat di depan gerbang Istana Merdeka Jakarta. Dimulai sejak pukul 16.00 WIB hingga berakhir jelang pukul 18.00 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat