uefau17.com

5 Fakta Terkait Arak-arakan Timnas U-22 yang Berhasil Sabet Juara Raih Medali Emas di SEA Games 2023 - News

, Jakarta - Pada hari ini, Jumat (19/5/2023) Timnas Indonesia U-22 dan para peraih emas di SEA Games 2023 melakukan arak-arakan mulai pukul 08.00 WIB dengan titik awal dari kantor Kemenpora di Jalan Gerbang Pemuda Senayan, Jakarta Pusat.

Rute arak-arakan tersebut berangkat dari Kemenpora bergerak melewati FX Senayan kemudian ke Le Meridien - Stasiun Dukuh Atas - Bundaran HI (putar balik) - Jalan Sudirman - Patung Pemuda Membangun (putar balik) - FX Sudirman - masuk GBK - VIP Barat.

Rombongan arak-arakan Timnas U-22 Indonesia akan berhenti sejenak di Bundaran HI dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan sedikit sambutan.

Arak-arakan diadakan untuk merayakan keberhasilan timnas Indonesia dan olahraga lain di SEA Games 2023. Timnas sepak bola mengakhiri penantian 32 tahun untuk menjadi juara. Sedangkan kontingen Indonesia sukses melebihi target perolehan emas dengan 87 medali.

Sementara itu, menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, pihaknya menyiapkan 587 personel gabungan guna mengawal kegiatan.

"Personel yang dikerahkan untuk pengamanan sebanyak 587 personel," ujar Trunoyudo kepada wartawan, Jumat (19/5/2023).

Selain itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) sehubungan dengan adanya arak-arakan Tim Nasional U-22.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya akan menutup putaran Bundaran HI dari arah Selatan Jakarta untuk mengantisipasi kepadatan di pagi hari.

Nantinya, pengendara dari arah selatan diarahkan ke MH Thamrin dan berputar di Bundaran Patung Kuda.

"Akan dilakukan rekayasa lalin dengan melakukan penutupan putaran arah Selatan-Selatan Bundaran HI dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 09.30 WIB, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi konflik weaving pada jam sibuk," ujar Syafrin ketika dikonfirmasi.

Berikut sederet fakta terkait Timnas Indonesia U-22 dan para peraih emas di SEA Games 2023 melakukan arak-arakan di Ibu Kota Jakarta dihimpun :

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Rute Arak-Arakan

Timnas Indonesia U-22 dan para peraih emas di SEA Games 2023 akan diarak keliling pusat kota Jakarta pada Jumat (19/5/2023). Arak-arakan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB dengan titik awal dari kantor Kemenpora di Jalan Gerbang Pemuda Senayan.

Rute arak-arakan tersebut dari Kemenpora akan bergerak melewati FX Senayan kemudian ke Le Meridien - Stasiun Dukuh Atas - Bundaran HI (putar balik) - Jalan Sudirman - Patung Pemuda Membangun (putar balik) - FX Sudirman - masuk GBK - VIP Barat.

Rombongan akan berhenti sejenak di Bundaran HI. Rencananya ketua umum PSSI Erick Thohir akan memberikan sambutan lima sampai 10 menit di sana.

Arak-arakan ini diadakan untuk merayakan keberhasilan timnas Indonesia dan olahraga lain di SEA Games 2023. Timnas sepak bola mengakhiri penantian 32 tahun untuk menjadi juara. Sedangkan kontingen Indonesia sukses melebihi target perolehan emas dengan 87 medali.

 

3 dari 6 halaman

2. Sebanyak 587 Personel Gabungan Kawal Arak-arakan

Arak-arakan Timnas Indonesia U-22 yang sukses meraih medali emas SEA Games 2023 berlangsung pada Jumat (19/5/2023). Polisi siapkan pengamanan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menerangkan, pihaknya menyiapkan 587 personel gabungan guna mengawal kegiatan.

"Personel yang dikerahkan untuk pengamanan sebanyak 587 personel," ucap dia kepada wartawan, Jumat (19/5/2023).

Trunoyudo menyebut personel gabungan terdiri dari Anggota Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakpus hingga unsur pengamanan internal dari Pemprov DKI Jakarta.

"Unsurnya Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, Polres Metro Jakarta Selatan, Dishub hingga Satpol PP untuk pengamanan (timnas) U-22," jelas dia.

 

4 dari 6 halaman

3. Rekayasa Lalu Lintas di Sekitaran Bundaran HI

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) sehubungan dengan adanya arak-arakan Tim Nasional U-22 yang berhasil membawa medali emas di Sea Games Kamboja pada Jumat (19/5/2023).

Diketahui, pawai dilakukan mulai dari Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melintasi Sudirman-Thamrin hingga ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya akan menutup putaran Bundaran HI dari arah Selatan Jakarta untuk mengantisipasi kepadatan di pagi hari.

Nantinya, pengendara dari arah selatan diarahkan ke MH Thamrin dan berputar di Bundaran Patung Kuda.

"Akan dilakukan rekayasa lalin dengan melakukan penutupan putaran arah Selatan-Selatan Bundaran HI dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 09.30 WIB, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi konflik weaving pada jam sibuk," ujar Syafrin ketika dikonfirmasi.

"Selain itu selama kegiatan berlangsung, Lalu lintas yang berputar dari arah selatan-selatan Bundaran HI, akan dialihkan menuju Bundaran Patung Kuda mengikuti fase lampu lalu lintas," sambungnya.

Maka dari itu, Syafrin mengimbau para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan rute perjalanan agar lalu lintas selalu lancar.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan waktu dan rute perjalanan untuk menghindari kepadatan lalu lintas, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan mengikuti petunjuk petugas di lapangan," ucap Syafrin.

Lebih lanjut, Syafrin menegaskan bahwa rute arak-arakan dimulai dari Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan selesai di SUGBK.

"Rute pelaksanaan sebagai berikut: Kemenpora (Start) - Semanggi - Jl. Sudirman - Bunderan HI (putar balik) - Jl. Sudirman - Patung Pemuda Membangun - FX Sudirman - masuk GBK - VIP Barat (Finish)," jelas dia.

 

5 dari 6 halaman

4. Pentas Musik dan Ratusan Klub Suporter Meriahkan Pawai Juara Timnas Indonesia U-22

Panitia Pelaksana pawai Timnas Indonesia U-22 menyiapkan dua panggung di sepanjang jalan protokol utama Jakarta. Penyanyi Kikan, eks jebolan grup band Cokelat, dan Kamisama akan mengisi dua panggung tersebut.

Panggung berada di Kantor Kemenpora dan daerah Setiabudi. Marcelino Ferdinan dan kawan-kawan akan melewati kedua lokasi tersebut pada parade kemenangan SEA Games 2023.

Sederetan lagu-lagu penuh energik siap dilantunkan Kikan, antara lain, Segitiga, Gebyar-Gebyar, Tanah Air, serta tak ketinggalan Bendera.

Pesta rakyat yang merayakan kemenangan bersejarah medali emas SEA Games pertama dalam 32 tahun ini juga akan diramaikan berbagai macam kelompok suporter klub Liga Indonesia.

Sekjen Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia (PNSSI) Richard Achmad mengungkapkan, setidaknya terdapat lebih dari 100 kelompok suporter klub yang siap turun ke jalan untuk menyambut Garuda Nusantara.

Dia menyebut sukses Timnas Indonesia U-22 dengan meraih medali emas di perayaan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei menandai sepak bola Indonesia siap bangkit dan terbang lebih tinggi di pentas Asia dan Dunia.

"Oleh sebab itu, saya meminta para pendukung sepakbola untuk ikut menyambut pawai Timnas U22 sebagai bentuk apresiasi kepada semua elemen sepakbola nasional, terutama para pemain muda, yang telah menunjukkan arti Kebangkitan Nasional sesungguhnya dengan meraih prestasi tertinggi di SEA Games," ujar Richard.

 

6 dari 6 halaman

5. Alasan Dilakukan Arak-arakan

Timnas Indonesia U-22 sukses menorehkan hasil gemilang di cabang olahraga sepak bola kompetisi multi event se-Asia Tenggara, SEA Games 2023.

Skuad Garuda Nusantara sanggup mengakhiri paceklik emas selama lebih dari tiga dekade usai menaklukkan musuh bebuyutannya, Thailand, dengan skor telak 5-2 di babak final yang berlangsung Selasa malam 16 Mei 2023.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang sudah lama absen naik ke podium tertinggi sepak bola SEA Games. Prestasi terbaik yang dicatatkan hanyalah menyabet perak. Adapun tim Merah Putih menggondol medali emas terakhir di SEA Games 1991 Filipina.

Keberhasilan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan mengembalikan kejayaan sepak bola Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja pun tak pelak mendapat apresiasi tinggi dari Tanah Air.

Exco PSSI Arya Sinulingga mengeklaim federasi sepak bola sudah menyiapkan acara arak-arakan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi Timnas Indonesia U-22 di kejuaraan multi event ASEAN.

"Maksud dan tujuan acara ini untuk menghormati seluruh pemain dan ofisial tim karena mereka sudah merebut medali emas SEA Games 2023 di Kamboja. Ini medali emas yang sudah lama sekali ditunggu, yakni 32 tahun, setelah terakhir kita merebutnya di SEA Games Manila, Filipina, tahun 1991," tutur Arya, dilansir dari situs PSSI.

"Setelah itu, (acara ini juga dimaksudkan) untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang selama ini mendukung perjuangan tim U-22 agar melihat dan bertemu pemain secara langsung," sambung dia.

Rizky Ridho bersama kolega rencananya akan diarak mulai dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, lalu menuju Jalan Sudirman ke Bundaran HI, hingga finis kembali di Gelora Bung Karno.

Arya memastikan pihaknya sudah meminta izin dari kepolisian untuk menggelar acara tersebut. Ia juga berharap proses perarakan Timnas Indonesia U-22 bisa berjalan tertib.

Adapun masyarakat yang hendak menyaksikan arak-arakan diizinkan berdiri di sepanjang jalan dari GBK, menuju Sudirman dan Bundaran HI, hingga bermuara lagi di GBK.

“Setelah arak-arakan ini berakhir, kita akan akhiri dengan solat Jumat di seputar Senayan,” tandas Arya, menjelaskan agenda Timnas Indonesia U-22.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat