uefau17.com

Hari Ini, Jokowi Akan Pimpin 5 Pertemuan di KTT ke-42 ASEAN - News

, Jakarta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, agenda Presiden Joko Widodo pada KTT ke-42 ASEAN akan dimulai hari ini, Rabu (10/5/2023). Adapun, Jokowi akan memimpin lima pertemuan.

"Besok pagi KTT sudah akan mulai dan besok akan ada lima pertemuan yang semuanya akan dipimpin oleh bapak Presiden," kata Retno seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (9/5/2023).

Pertama, Jokowi akan memimpin ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA). Kedua, ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Youth.

Ketiga, ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC). Keempat, ASEAN Leaders’ Interface with High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV).

Terakhir, Jokowi akan menutup dengan jamuan makan malam.

"Dan keseluruhan acara KTT besok akan ditutup dengan acara makan malam," kata Retno.

Retno melanjutkan, pada tanggal 11 Mei 2023 akan ada 3 pertemuan yang dihadiri Presiden Jokowi. Yaitu ASEAN Summit (Retreat Session), IMT-GT Summit dan BIM-EAGA Summit.

"Dari 3 pertemuan tersebut, 2 pertemuan akan dipimpin oleh bapak Presiden," ungkap Retno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Pemimpin Negara ASEAN Telah Tiba di Labuan Bajo untuk Ikuti KTT Ke-42 ASEAN

Sejumlah pemimpin negara-negara anggota ASEAN tiba di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023).

Para pemimpin negara ASEAN tersebut dijadwalkan mengikuti perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN tahun 2023 di Labuan Bajo.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, para pemimpin ASEAN tersebut tiba dengan disambut jajar pasukan kehormatan dan tarian tradisional.

Pemimpin pertama yang tiba di Bandara Komodo adalah Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen yang mendarat sekitar pukul 13.00 WITA. Di bawah tangga pesawat PM Hun Sen bersama Ibu Rany Hun Sen tampak disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Selanjutnya, Perdana Menteri Timor-Leste Taur Matan Ruak tiba sekitar pukul 13.45 WITA. Dia disambut oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Setelah itu, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 14.20 WITA. Berbeda dengan pemimpin sebelumnya, PM Vietnam disambut di depan ruang tunggu naratama karena saat itu turun hujan. PM Vietnam disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Kemudian, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 15.45 WITA. Kehadiran PM Anwar Ibrahim yang datang bersama istrinya Ibu Wan Azizah Wan Ismail tampak disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di bawah tangga pesawat.

Sementara itu, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 16.18 WITA. Sama seperti PM Anwar Ibrahim, PM Sonexay Siphandone yang tiba bersama istrinya, Ibu Vandala Siphandone, juga disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di bawah tangga pesawat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat