uefau17.com

3 Skenario yang Disiapkan Polda Metro Jaya saat Konser Blackpink di GBK Senayan Hari Ini dan Besok - News

, Jakarta - Selama dua hari terhitung hari ini, Sabtu (11/3/2023) sampai Minggu 12 Maret 2023, konser musik girl band asal Korea Selatan (Korsel) Blackpink akan mengguncang Jakarta.

Konser Blackpink tepatnya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Sejumlah skenario pun disiapkan aparat kepolisian. Salah satunya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melalui akun sosial medianya @tmcpoldametro menyampaikan imbauan kepada warga soal potensi kemacetan di kawasan GBK Senayan.

"Hari Sabtu dan Minggu 11-12 Maret 2023 pukul 13.00-23.00. Hindari jalan seputaran GBK ada konser musik," tulis @tmcpoldametro seperti dikutip Sabtu (11/3/2023).

Selain meminta masyarakat awas soal potensi kemacetan, polisi juga mengimbau kepada mereka yang ingin menyaksikan konser untuk menggunakan transportasi umum. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir kepadatan kendaraan di Kompleks GBK.

"Untuk penonton konser musik agar gunakan moda transportasi umum, GBK parkir sangat terbatas," kata @tmcpoldametro.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo menambahkan, sebanyak 1.022 personel gabungan diterjunkan untuk pengamanan konser Blackpink.

"Total 1.022 personel gabungan terdiri dari TNI 30 personel, Polda-Polres 932 personel, dan Pemda 60 personel," kata Trunoyudo kepada awak media, seperti dikutip Sabtu (11/3/2023).

Berikut sederet skenario aparat kepolisian Polda Metro Jaya saat konser musik girl band asal Korea Selatan Blackpink di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di kawasan Senayan, Jakarta Pusat dihimpun :

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Antisipasi Macet, Imbau Penonton Pakai Transportasi Umum

Konser musik girl band asal Korea Selatan BLACKPINK akan mengguncang Jakarta pada hari ini dan besok, Sabtu-Minggu, 11-12 Maret 2023. Diketahui, konser Blackpink akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Menanggapi hal itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melalui akun sosial medianya @tmcpoldametro menyampaikan imbauan kepada warga soal potensi kemacetan di kawasan GBK Senayan.

"Hari Sabtu dan Minggu 11 - 12 Maret 2023 pukul 13.00-23.00. Hindari jalan seputaran GBK ada konser musik," tulis @tmcpoldametro seperti dikutip Sabtu (11/3/2023).

Selain meminta masyarakat awas soal potensi kemacetan, polisi juga mengimbau kepada mereka yang ingin menyaksikan konser untuk menggunakan transportasi umum. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir kepadatan kendaraan di Kompleks GBK.

"Untuk penonton konser musik agar gunakan moda transportasi umum, GBK parkir sangat terbatas," ucap polisi.

 

3 dari 4 halaman

2. Polisi Kerahkan 1.022 Personel Gabungan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo mengatakan, sebanyak 1.022 personel gabungan diterjunkan untuk pengamanan konser girl band asal Korea Selatan, Blackpink.

Diketahui, konser tersebut akan dihelat di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di kawasan Senayan Jakarta pada 11-12 Maret 2023.

"Total 1.022 personel gabungan terdiri dari TNI 30 personel, Polda-Polres 932 personel, dan Pemda 60 personel," kata Trunoyudo kepada awak media, seperti dikutip Sabtu (11/3/2023).

 

4 dari 4 halaman

3. Polisi Siapkan Alih Arus Lalu Lintas

Konser musik girl band asal Korea Selatan Blackpink akan mengguncang Jakarta, tepatnya di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada hari ini dan besok, 11-12 Maret 2023.

Menanggapi hal itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman membenarkan, jika polisi telah melakukan rencana antisipasi jalan saat terjadi kemacetan.

Menurut dia, antisipasi dilakukan dengan skema alih arus demi mengurai kepadatan kendaraan bermotor yang mengakibatkan kemacetan dan bersifar situasional.

"Ada rekayasa lalu lintas," jelas dia.

Latif mengurai, ada tujuh poin alih arus yang akan diberlakukan bila terjadi kepadatan kendaraan. Berikut tujun poin alih arus yang akan diberlakukan.

7 Poin Alih Arus Lalu Lintas konser Blackpink di GBK

  • Arus Lalu lintas (LL) dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi
  • Arus LL dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju jalan layang Landokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda
  • Arus LL dari Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi
  • Arus LL dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya
  • Arus LL dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar
  • Arus LL dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau
  • Arus LL arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Lap Tembak diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat