uefau17.com

Menhub Bertemu Heru Budi di Balai Kota, Bahas LRT hingga Revitalisasi Stasiun Tanah Abang - News

, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menemui Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/2/2023). Pertemuan ini merupakan koordinasi guna mempercepat pengembangan dua moda transportasi umum, LRT Jakarta dan MRT Jakarta.

Rapat koordinasi tersebut membahas pengembangan rute LRT Jakarta dari Velodrome ke Manggarai, percepatan pembangunan MRT Jakarta fase 3 dengan rute Kembangan-Medan Satria, dan revitalisasi Stasiun Tanah Abang.

"Kami, bersama Pak Menteri dan jajarannya sudah membahas tiga hal. Pertama adalah LRT dengan rute Kelapa Gading ke Manggarai. Beliau mem-backup dan perizinan-perizinan sudah dalam proses. Saya selalu berkonsultasi dengan pak Menteri Perhubungan,” kata Heru kepada wartawan.

Selain itu, dibahas juga revitalisasi Stasiun Tanah Abang. Heru menerangkan, pengerjaannya akan dilakukan oleh tiga instansi, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, dan Pemprov DKI Jakarta.

“(Kemudian) adalah MRT. Pak Menteri Perhubungan sudah memberikan arahan untuk koridor East-West dan banyak hal yang tadi kita diskusikan,” ujar Heru.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi Heru yang berkomitmen mengembangkan angkutan massal di Jakarta. Ditambah lagi, kata Budi, Jakarta akan menjadi contoh pengembangan angkutan massal bagi kota-kota besar lain di seluruh Indonesia.

“Saya senang sekali bahwa Pj Gubernur DKI berinisiatif untuk menggalakkan angkutan massal. Kita memang punya target memaksimalkan angkutan massal yang ada di pusat perkotaan. Ingat bahwa Jakarta ini menjadi contoh bagi seluruh Indonesia. Dalam rakor ini, ada tiga yang kita bahas tadi, semuanya berkaitan dengan angkutan massal,” terang Budi.

Budi menegaskan, pengembangan rute LRT Jakarta dari Velodrome ke Manggarai sudah sangat baik karena Manggarai merupakan sentral stasiun kereta rel listrik (KRL) yang melayani pergerakan masyarakat dari luar kota (Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi) dan sudah terintegrasi dengan angkutan massal lain, seperti Transjakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diperkirakan Pembangunan Selesai pada September 2024

Pemprov DKI, lanjut Budi, sudah mengalokasikan dana untuk pembangunan LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai. Diperkirakan pembangunan akan selesai pada awal September 2024. Budi menargetkan pengembangan rute LRT Jakarta tersebut akan menambah penumpang mencapai 185.000 orang.

Terkait pembangunan MRT Jakarta koridor East-West, Budi mengungkapkan, telah membahasnya secara detail bersama Pemprov DKI dan PT MRT Jakarta untuk rute Kembangan-Medan Satria. Nantinya, rute ini akan tersambung sedikit ke Bekasi.

Lebih lanjut, Budi juga mendukung rencana revitalisasi Stasiun Tanah Abang yang diusulkan Pemprov DKI. Budi juga mengungkapkan, pihaknya telah memberikan izin penggunaan tanah seluas empat hektare milik Kemenhub untuk dijadikan sentral stasiun atau stasiun pengganti Stasiun Tanah Abang.

“Selain membangun, kita pun meminta DKI untuk memperbaiki lingkungan sekitar, sehingga kita tidak menjumpai lagi para penumpang turun di Stasiun Tanah Abang langsung bertemu jalan. Tetapi sudah ada taman, bangunan juga bagus,” jelas Budi.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat