uefau17.com

Menhub: Blue Bird, Gojek hingga Grab Mau Beoperasi di IKN Nusantara - Bisnis

, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan transportasi massal berbasis listrik (electric vehicle) di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur mulai beroperasi pada Agustus 2024. Selain itu, pengelola transportasi swasta seperti Blue Bird, Gojek dan Grab juga sudah mau beroperasi di IKN Nusantara.

"Kita pikir penerapan electric vehicle di IKN relatif sudah bisa terlaksana dalam bulan Agustus nanti," kata Menhub Budi saat peninjauan transportasi massal Transjakarta di Jakarta, Minggu.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengadakan bus-bus listrik untuk transportasi massal. Selain kendaraan bus listrik, terdapat juga kereta otonom tanpa rel atau Autonomous-rail Rapid Transit (ART) untuk melayani transportasi massal 

"ART itu semacam trem tapi yang istimewa tanpa rel dan listrik, dia pakai baterai, Agustus mulai berjalan," ujarnya.

Para menteri dan pejabat eselon I diminta untuk menggunakan kendaraan listrik.

"Swasta apakah itu blue bird, gojek, grab sudah mau beroperasi di sana," tuturnya.

Taksi Terbang

Sementara untuk taksi terbang atau drone yang mengangkut penumpang, Menhub Budi menuturkan pihaknya belum bisa menemukan regulasi yang sesuai.

"Regulasi ini kan kita mengacu pada negara-negara maju, Amerika pun belum memberikan suatu izin yang formal," ujarnya.

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum akan memberikan izin untuk taksi terbang sebagai moda transportasi di IKN.

"Kota menggunakan drone, ada risikonya. Oleh karenanya, kita belum memberikan izin untuk taksi terbang, untuk exhibition boleh, untuk angkutan umum belum," tuturnya.

Sebelumnya, terkait layanan bus listrik, Kemenhub telah melaksanakan kajian perencanaan teknis angkutan umum di KIPP tahap 1 dengan mengusulkan 3 rute trayek.

Ketiga trayek tersebut yakni rute Park & Ride sampai Masjid Raya dengan total kebutuhan 13 bus medium; rute Park & ride sampai Botanical Garden total kebutuhan armada 7 bus medium; dan rute Park & ride 1 sampai Park & ride 2 dengan total kebutuhan 21 armada.

Sementara itu, Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) juga berencana bekerja sama dengan Bluebird untuk melayani rute di dalam IKN atau KIPP tahap 1, dalam hal ini terkait pengadaan bus listrik dan rencana operasionalnya.

Kemudian, untuk 2025 telah diusulkan anggaran Buy the Service (BTS) untuk melayani rute IKN. Terkait rencana rute akan menyesuaikan dengan persil tanah yang sudah terbangun, sedangkan jumlah kebutuhan armadanya masih menunggu kajian dan review dari tim OIKN. Kemenhub akan memberikan dukungan terkait transportasi dalam rangka peringatan HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi-Prabowo Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Sedangkan Ma'ruf Amin-Gibran di Istana Merdeka

Sebelumnya, pemerintah membagi peringatan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 di dua lokasi, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan halaman Istana Merdeka Jakarta. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memimpin upacara HUT ke-79 RI di IKN, sedangkan Wapres Ma'ruf Amin di halaman Istana Merdeka.

"Sebagian di IKN, sebagian di sini (Istana Jakarta). Pak Presiden yang mimpin (di IKN), Pak Wapres yang (mimpin di Istana)," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024).

Jokowi nantinya akan didampingi Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. Sementara itu, Wapres Terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka mendampingi Ma'ruf Amin untuk upacara di Istana.

"Nanti Pak Wapres terpilih akan mendampingi Wapres. Sedangkan Presiden terpilih akan mendampingi Presiden," jelasnya.

Muhadjir memastikan akomodasi di IKN sudah siap untuk menyambut para tamu dan peserta upacara HUT ke-79 RI. Menurut dia, upacara juga akan digelar secara hybrid sehingga bisa disaksikan oleh masyarakat.

"Sama hiburan sama, nanti disini ada hiburan di sana (IKN) ada hiburan, kan hybrid," ujar Muhadjir.

Dia menyebut mantan presiden-wakil presiden yang hadir dalam upacara HUT ke-79 RI di IKN masih dibahas. Muhadjir menuturkan Jokowi belum memutuskan apakah para mantan presiden dan wakil presiden akan hadir upacara di IKN atau Istana Jakarta.

"Itu yang tadi masih diusulkan, tadi Pak Presiden merekomendasi pokoknya harus jadi perhatian, tokoh tokoh itu harus dapat perhatian soal nanti di sini atau di IKN nanti belakang," tutur Muhadjir.

3 dari 3 halaman

Persiapan Hampir Final

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Dia menyebut persiapan upacara HUT ke-79 RI di IKN sudah hampir final.

"Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, enggak ada masalah di lapangan. Tadi kita cek satu persatu, dari lokasi, venue, kemudian tata urutan upacara semuanya enggak ada masalah," kata Jokowi di IKN Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).

Dia menargetkan pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara Kawasan Istana Kepresidenan di IKN akan rampung pada Juli 2024. Usai rampung, persiapan HUT ke-79 RI akan mulai dilakukan.

"Jadi pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini udah siap dan akan mulai untuk persiapan 17 Agustus," ujarnya.

"(Sudah) 80-an persen interior eksterior semuanya dalam proses semua. Insya Allah (Juli) selesai lah selesai," sambung Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat