uefau17.com

Ridwan Kamil: Perayaan Imlek di Jawa Barat Aman dan Terkendali - News

, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan perayaan Tahun Baru Imlek 2023 berlangsung aman dan kondusif. Hal itu dia sampaikan saat meninjau Kelenteng Satya Budhi, Jalan Kelenteng, Kota Bandung, Minggu 22 Januari 2023.

"Di Jabar selalu aman, kondusif dan tentunya ini adalah situasi yang sangat berharga agar pembangunan Jabar makin luar biasa," kata Gubernur Ridwan Kamil yang dikutip dari Antara.

Gubernur Ridwan Kamil menuturkan, kondusifitas perayaan Imlek ini juga berdasarkan laporan dari seluruh bupati dan wali kota se-Jabar yang juga turut memantau di wilayah masing-masing.  

"Yang melakukan ini tidak hanya gubernur, tapi para bupati/wali kota juga sama, laporan sudah masuk. Situasi aman dan terkendali," ujarnya.

Dalam kunjungannya ke kelenteng tertua di Kota Bandung itu, Gubernur Ridwan Kamil melihat masyarakat sangat nyaman dan khidmat melakukan ritual ibadah yang merupakan salah satu tradisi dalam menyambut tahun baru Imlek. 

"Saya lihat makin lama makin maju, tempat juga makin nyaman dan masyarakat Tionghoa makin rajin beribadah," kata dia.

Kepada masyarakat yang merayakan, Ridwan Kamil mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2023 dan mendoakan kesehatan, kedamaian serta kesejahteraan.

"Atas nama Pemprov Jabar, kami menghaturkan selamat Tahun Baru Imlek 2023, didoakan agar kita semua sehat, damai dan semakin sejahtera," ucapnya.

"Kami juga haturkan hal yang sama kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang merayakan tahun baru Imlek di seluruh Indonesia," lanjut Ridwan Kamil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapolda Metro Kunjungi Vihara

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran untuk mengunjungi Vihara Boen Tek Bio yang berlokasi di Jalan Bhakti No. 14 RT. 004 RW 004 Kelurahan, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Kelenteng ini merupakan yang tertua di Provinsi Banten dan salah satu yang tertua juga di Indonesia. Usianya sudah 338 tahun, atau dibangun sejak tahun 1684, di mana saat itu Pecinan Benteng berkembang pesat di Tanah Jawara.

Kapolda mendatangi tempat sembahyang umat keturunan Tionghoa itu dengan didampingi Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, sementara para umat tengah beribadah menyambut tahun baru Imlek 2023.

Dengan didampingi pengurus klenteng, Kapolda diperlihatkan dan dijelaskan berbagai ruang untuk berdoa umat Tionghoa. Dia pun sempat menyapa warga yang datang untuk berdoa.

 

3 dari 3 halaman

Pastikan Kondisi Aman

Kedatangan Kapolda dan rombongan untuk memastikan perayaan perayaan Imlek kali ini khususnya di Kota Tangerang, Wilayah Hukum Polres Metro Tangerang Kota berjalan aman dan damai.

"Saya ingin memastikan seluruh vihara, kelenteng dan tempat persembahyangan menyambut Tahun Baru Imlek 2023, khususnya di Tangerang Kota, berjalan dengan aman dan lancar," kata Fadil.

Kapolda beranjak meninggalkan Vihara Boen Tek Bio setelah 15 menit melakukan kunjungan. Kedatangannya diterima oleh ketua yayasan Romo Rubi Santamoko dilanjutkan dengan pengecekan di area tempat peribadatan di Vihara Boen Tek Bio.

"Seperti yang Anda lihat masyarakat di sini guyub dan rukun, Vihara Boen Tek Bio adalah kelenteng tertua di Tangerang," ujar Fadil kepada sejumlah wartawan di lokasi.

"Selamat merayakan Tahun Baru Imlek, bagi yang usaha, usahanya makin maju rejekinya makin lancar. Bagi yang karier bekerja pemerintahan kariernya makin maju. Bagi kita semua persaudaraan sebagai bangsa diperkuat perkokoh," tandas Fadil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat