uefau17.com

PKS Bakal Umumkan Calon Gubernur untuk Pilkada 2024 pada Akhir Januari Ini - News

, Jakarta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan segera mengumumkan nama calon gubernur (Cagub) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Ismail mengungkapkan, partainya akan mengumumkan sosok cagub 2024 pada akhir Januari 2023.

"Akan diumumkan, mudah-mudahan di akhir bulan ini," kata Ismail saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (16/1/2023).

Meskipun demikian, ia enggan menyebutkan nama sosok yang bakal diumumkan untuk maju di Pilkada 2024. Dia mengklaim ada beberapa nama kuat yang sudah didiskusikan di internal PKS dan akan diumumkan akhir Januari ini.

"Ada sejumlah nama, saya tidak tahu secara spesifik. Akan diumumkan nama terkuatnya nanti. Kita sudah ada satu rules (aturan) yang berwenang untuk menyampaikan itu, nanti ada juru bicaranya dari DPP dan yang berhak untuk mengumumkan dan menetapkan itu juga dari DPP," jelas Ismail.

Sebelumnya, Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta M Taufik Zoelkifli (MTZ) mengungkapkan, sudah ada sosok yang dibahas di internal partainya untuk diusung maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2024 mendatang. Namun, ia enggan menyebut nama-nama tersebut.

“Tentu kami sudah ada pembicaraan ke arah hal itu. Yang mencuat sudah ada. Tapi belum jadi konsumsi publik. Masih untuk internal saja,” kata MTZ kepada merdeka.com, Senin (9/1).

MTZ juga mengatakan, Pilkada 2024 akan berlangsung pada November 2024. Maka dari itu, pihaknya tengah fokus di pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) di Februari 2024.

“Tapi Pilgub kan baru Nov 2024 ya dan calon gubernur (cagub) atau calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta 2024 juga sangat tergantung dari konstelasi politik hasil Pileg dan Pilpres 2024,” tambah MTZ.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerindra Usung Riza Patria di Pilkada DKI 2024

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta Syarif menyebut partainya bakal mengusung mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) dalam Pemilihan Gubenur (Pilgub) pada 2024.

Pasalnya, kata Syarif, usulan Riza maju DKI 1 pada Pilgub 2024 itu bahkan sudah mendapatkan restu dari Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa pengusungan Ahmad Riza Patria tinggal menunggu pengumuman secara resmi dari partai.

"Udah (mendapat restu dari Prabowo), tinggal kalau bahasa kita tinggal bungkus saja formalnya, diumumkan secara formal tapi secara kepartaian, bincang-bincang, udah Pak Riza," kata Syarif di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa 8 November 2022.

Tak hanya itu, menurut Syarif partainya tengah mencari siapa sosok yang tepat untuk menjadi pendamping Ariza di Pilgub DKI 2024.

"Kalau nama sudah ada dong, Pak Ariza, cuma lagi cari pendampingnya," kata dia.

Syarif menyampaikan Ariza juga dinilai punya segudang pengalaman. Terlebih, Ariza diketahui memiliki jabatan dari sejumlah organisasi.

Riza diketahui pernah menjabat sebagai Komandan Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia. Selain itu, dia juga disebut sebagai sosok yang disiplin.

"Orang dia selain sebagai eks wagub, dia disiplin, Menwa, ya dia siap," ujar dia.

Kendati demikian, Syarif menuturkan hal lebih lanjut akan dibahas pasca penyelenggaraan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Pileg kan Februari 2024, baru keliatan setelah satu bulan hasil Pileg baru kita lari ya untuk persiapan Pilgub," ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat