uefau17.com

Ada Kamar Mandi Shower di Tempat Kemah Jokowi, Istana: Pakai Gayung Boros Air - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama sejumlah menteri kabinet telah berada di tempat kemah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Jokowi dan para menteri akan bermalam dan tidur di dalam tenda.

Tenda itu dilengkapi oleh sejumlah fasilitas seperti tempat tidur, listrik, meja lipat beserta kursi. Selain itu, ada pula kamar mandi yang lengkap dengan toilet duduk dan shower-nya.

Sejumlah fasilitas itu dilihat di instagram milik Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa @suharsomonoarfa. Dia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan fasilitas di tenda dan lokasi kemah Jokowi di IKN Nusantara.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan fasilitas kamar mandi dengan shower dibuat agar hemat air. Sebab, kata dia, air di kawasan IKN Nusantara saat ini masih terbatas.

"Kalau gayung kan boros. Shower biar hemat karena air terbatas. Kalau 5 gayung itu itu shower sudah cukup untuk mandi (satu orang). Tapi kalau gayung bisa satu ember satu orang, kira-kira gitu," jelas Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ada 6 Kamar Mandi Darurat

Menurut dia, ada enam kamar mandi darurat yang dibangun di lokasi Jokowi berkemah. Adapun enam kamar mandi itu dibagi untuk 30 orang.

"Kamar mandi presiden tempat terpisah. Ya hanya beda 3-6 meter saja," jelas Heru.

Di masing-masing tenda itu, juga disediakan makanan ringan untuk Jokowi dan para menteri. Kasur yang disediakan juga diberi alas serta bantal untuk tidur.

3 dari 5 halaman

Fogging untuk Cegah Malaria

Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjelaskan beberapa tim paspampres sudah bersiap di sana. Dia menjelaskan timnya sudah melakukan pencegahan.

Mulai dari lokasi yang akan ditempati Jokowi berkemah juga sudah dilakukan penyemprotan fogging untuk mencegah malaria. Tak lupa para tim sudah melakukan swab untuk memastikan kesehatan mereka sesuai dengan protokol kesehatan.

"Kita sudah melaksanakan pencegahan malaria, sudah di fogging yang ada di sana keamanan lainnya yaitu di sekitar tenda-tenda di sekitaran VVIP," kata Tri Budi Utomo dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/3/2022).

4 dari 5 halaman

Siapkan Garam

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah menyiapkan garam hingga bisa anti ular. Hal itu disiapkan untuk mencegah munculnya binatang di lokasi kemah Jokowi.

"Garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata dan itu kita siapkan bisa anti ular, mudah-mudahan berguna tapi semoga tidak terpakai," ungkapnya.

 

5 dari 5 halaman

Pertimbangan Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Negara yang Baru

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat