uefau17.com

Dukung Kemajuan Dunia Pendidikan dan Kompetensi Guru, Festival Literasi Digelar - News

, Jakarta - Festival Literasi Kebumen berhasil terselenggara bersama Dispora Kebumen, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dan pegiat pendidikan Nyalanesia.

Founder Nyalanesia, Lenang Manggala menjelaskan, Festival Literasi Kebumen adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah/madrasah, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK sederajat untuk dapat meningkatkan kompetensi, berkarya, dan berdaya guna bagi bangsa.

"Acara ini dihadiri oleh ratusan siswa, guru, pegiat literasi dan pendidikan, hingga jajaran instansi pemerintahan," kata Lenang melalui keterangan pers diterima, Minggu (13/3/2022).

Melalui pidato sambutannya, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, menyampaikan dukungannya dan berharap literasi di Kabupaten Kebumen dapat terus berkembang positif.

"Berharap ke depannya kegiatan ini dapat berlangsung lebih meriah dan bisa mendapatkan penghargaan dari MURI," kata Arif saat menyerahkan trofi penghargaan kepada siswa-siswi yang menjadi juara dalam lomba penulisan karya di Hotel Mexolie Kebumen.

Menurut dia, literasi harus dimulai sejak dini dan dengan adanya duta literasi dari siswa-siswi yang juara, menunjukkan bahwa pelajar di Kabupaten Kebumen siap menghadapi tantangan global.

"Kita lihat, duta-duta literasi untuk Kabupaten Kebumen sudah dilantik, yaitu juara satu, dua, dan tiga. Ini menunjukkan bahwa pelajar di Kabupaten Kebumen siap menghadapi tantangan global," urai Arif.

Selain penganugerahan juara, dalam acara ini juga diluncurkan buku terbaik Festival Literasi Kebumen, prosesi penerimaan buku, dan fasilitas program bagi sekolah-sekolah peserta.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbitkan Buku ber ISBN

Sebagai informasi, program ini memfasilitasi seluruh siswa dan guru mulai dari menerbitkan buku ber-ISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat Kabupaten Kebumen dengan total hadiah jutaan rupiah.

"Jadikan program ini untuk memotivasi siswa dan guru agar berani menulis dan berkarya. Lewat program ini, siswa, guru, dan kepala sekolah, akan mendapatkan bimbingan dan fasilitasi penerbitan karyanya," tambah Asep Nurdiana, Kepala Disdikpora Kabupaten Kebumen.

Kerjasamakan Gebyar Literasi Kebumen

Dalam puncak acara ini juga diselenggarakan penandatanganan perjanjian kerja sama program di tahun 2022 ini dengan tajuk Gebyar Literasi Kebumen yang dilakukan oleh Nyalanesia, Disdikpora, Disarpus, Kantor Kemenag, dan disaksikan oleh Bupati Kebumen.

"Dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama program di tahun 2022, kami berharap program ini dapat memfasilitasi para siswa, guru, dan sekolah-sekolah di Kabupaten Kebumen secara lebih maksimal dan berkelanjutan," Lenang menutup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat