uefau17.com

Megawati Ungkap Hakikat dan Makna Peringatan Hari Ibu - News

, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri turut menyampaikan selamat Hari Ibu kepada seluruh ibu di Tanah Air. Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Mega bilang, Presiden Pertama Indonesia Soekarno merupakan peletak pertama peringatan Hari Ibu di Indonesia. 

"Ibu Megawati menceritakan bahwa ketika Bung Karno menetapkan peringatan Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember, Beliau menempatkan kepeloporan Kaum Perempuan Indonesia dalam keseluruhan jati dirinya sebagai Perempuan Visioner, Perempuan Pelopor, dan Perempuan Pejuang," ujar Hasto dalam keterangan tulis, Rabu (22/12/2021).

Dikatakan Hasto, Megawati mengatakan bahwa kaum perempuan Indonesia memiliki kedudukan yang sederajat, dan sama pentingnya dengan kaum laki-laki.

"Konstitusi menegaskan bahwa setiap warga negara adalah sama dan setara. Perempuan dan laki-laki bersatu tanpa pernah dibeda-bedakan. Kesemuanya sangat penting bagi kemajuan Indonesia Raya," ucap Hasto. 

Atas dasar hal itu, Bung Karno mengibaratkan bahwa perempuan dan laki-laki adalah satu kesatuan kepakan sayap Burung Garuda untuk terbang tinggi mencapai cita-cita Indonesia Merdeka. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Kesadaran Hakikat Kehidupan

Hasto juga mengatakan, Peringatan Hari Ibu sangat penting guna membangun kesadaran tentang hakikat kehidupan. 

"Mengapa Indonesia disebut Ibu Pertiwi. Sebab dari Ibu Pertiwi penuh dengan nilai kemanusiaan, kasih sayang, harapan, keteguhan, dan rasa cinta kepada bangsa. Dengan cermin karakter kuat tentang hakikat kasih sayang Ibu, kesemuanya bertujuan agar putra-putri bangsa dapat hidup  bahagia dalam kesatupaduan dengan Jiwa Bangsa, Pancasila," tutur Hasto.

Atas inspirasi dan  pemaknaan Hari Ibu tersebut, Bung Karno mencanangkan Tat Twam Asi sebagai motto Departemen Sosial, yang artinya Engkau adalah Aku. Aku adalah Engkau. 

"Selamat Hari Ibu, jadilah perempuan pelopor dan pejuang bagi kejayaan bangsa," tandas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat