uefau17.com

Jokowi Borong Noken yang Dijual Mama Mama di Jayapura - News

, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan diri berkunjung di Jayapura, Papua sambil memborong aneka noken atau tas anyaman dari mama-mama pengrajin di seputaran Taman Imbi.

Selama berbelanja, Jokowi didampingi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Wali Kota Jayapura Banhur Tomi Mano.

Kehadiran Jokowi tampak sudah ditunggu mama-mama pengrajin yang selama pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI membuka lapaknya di bawah tenda yang disediakan di atas trotoar.

Seperti dilansir Antara, Jokowi pun membeli noken dengan berbagai ukuran dan bahan. Ada yang terbuat dari serat kayu, batang anggrek, dan benang yang dirajut mama-mama. Tak ketinggalan topi khas Papua dibelinya. 

Siska Mote, salah satu pengrajin yang menjual noken kepada Antara mengaku senang bisa berpartisipasi sejak PON XX dan Peparnas XVI. Dia mengaku hasil dari penjualan noken cukup lumayan dan berharap dagangannya habis terjual.

PICTURE FIRST: Torang Hebat!

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Noken Kulit Anggrek Rp 5 Juta

Ketika ditanya harga tas noken yang dijual, Siska Mote mengaku bervariasi tergantung bahannya. Kalau dari kulit anggrek harganya bisa mencapai Rp 5 juta.

Sementara harga noken kulit kayu tergantung ukuran, sedangkan harganya berkisar Rp 200.000 hingga Rp500.000. Kalau dari benang harganya berkisar Rp 100.000 hingga Rp 500.000, kata Siska Mote.

Pasar noken yang digelar dalam rangka Peparnas XVI dijadwalkan berlangsung hingga Senin, 15 November.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat