uefau17.com

Cerita Viralnya Naskah Pidato Nadiem Makarim - News

, Jakarta - Naskah pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim saat memperingati upacara peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional 2019 menuai pujian.

Nadiem mengatakan, dirinya merangkai kata-kata dengan penuh ketakutan. Menurut dia, kalimat yang ditulisnya adalah opini pribadi tapi dalam kapasitas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Apakah saya bisa membenarkan ketidakadilan itu. Sekarang bayangkan jadi harus bisa naruh diri sendiri di luar situ, oke ini yang salah, atau ini yang sebenarnya enggak adil dalam sistem ini," kata dia di saat menghadiri Konferensi Pendidikan Indonesia 2019 di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sabtu (30/11/2019).

Nadiem saat itu menjawab pertanyaan salah satu peserta yang terkesan dengan pidato tersebut. Alwi berpendapat naskah mewakili hati para guru-guru di Indonesia.

Nadiem mengaku tak bisa menjanjikan apapun untuk mengatasi persoalan pendidikan di Indonesia. Nadiem menekankan bahwa memperbaiki pendidikan menjadi tanggung jawab bersama.

"Saya enggak tahu gimana dulu cara benerinnya. Tapi punya keyakinan itu adalah tanggung jawab kita bersama," ucap dia.

Dalam teks pidato dua halaman tersebut, mantan CEO Gojek itu kemudian berbicara tentang tugas mulia menjadi seorang guru meski juga yang tersulit.

"Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan," kata Nadiem menambahkan seperti dalam teks pidato.

Nadiem dalam pidatonya juga menyebut bahwa para guru sangat ingin membantu murid-murid yang mengalami ketertinggalan di kelas. Namun, apa daya, waktu sang guru habis terbuang mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

"Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan," sambung Nadiem.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Guru Ingin Berinovasi

Nadiem juga mengetahui betul bahwa guru ingin agar anak didiknya belajar di dunia sekitar. Namun, kurikulum yang padat menutup pintu peluang.

Nadiem mengetahui bahwa guru ingin berinovasi. Namun, sulit dilakukan oleh para guru. Untuk itu, dirinya ingin agar para guru mulai berinovasi tanpa harus menunggu perintah.

Nadiem ingin agar guru mulai mengajak anak didiknya berdiskusi, memiliki proyek bakti sosial, dan membantu murid untuk menemukan bakatnya.

"Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak," tandas Nadiem.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat