uefau17.com

Iriana Jokowi Singgung Karpet Merah saat Tinjau Sampah di Kali Baru Bogor - News

, Jakarta - Ibu Negara Iriana Jokowi mengajak masyarakat Bogor menjaga kebersihan khususnya sungai yang ada di wilayahnya agar tetap bersih. Iriana meminta masyarakat memilah dan mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna dan mendatangkan nilai ekonomis.

"Sampah ini tidak harus dibuang, tapi juga ada yang berguna. Dari PKK bisa ditindaklanjuti ya. Nanti ada pelatihan supaya bisa mendaur ulang sampah jadi pupuk atau lainnya," ujar Iriana saat meninjau Kali Baru di Cilebut, Kabupaten Bogor, Kamis (19/9/2019).

Iriana mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan TNI AD, pemerintah daerah beserta elemen masyarakat Bogor dengan membersihkan tumpukan sampah sepanjang Sungai Cipakancilan hingga Kali Baru.

"Tadi katanya ini (sungai) sudah bersih ya, tapi karena (sampah) dari sana (hulu) datang lagi jadi ada lagi," ujar Iriana.

Pada saat peninjauan, Iriana sempat menyinggung panitia acara yang membentangkan karpet merah di sekitar lokasi. Padahal ia ingin melihat secara nyata kondisi bibir Sungai Kali Baru.

"Saya tadi maunya tidak dikarpetin, jadi saya bisa lihat langsung yang di sini ini apa lantai, apa tanah campur sampah," ucapnya.

Dia berharap, sebidang tanah yang dijadikan lokasi acara peninjauan tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk taman bermain anak-anak.

"Tapi insyaallah kalau sudah bersih semua bisa jadi taman bermain," kata Iriana.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ngeri

Iriana sempat terkejut setelah mengetahui jenis-jenis sampah yang dibuang masyarakat ke sungai yang bermuara ke Provinsi DKI Jakarta itu.

"Lihat bu, ngeri juga lihat sampah-sampahnya di sini. Ada kasur juga, peralatan rumah tangga. Tapi saya datang ke sini sudah lumayan ya," ucap Iriana.

Usai melakukan peninjauan, Iriana didampingi para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), dan Bupati Bogor Ade Yasin membagikan buku tulis, alat musik rebana, dan bibit pohon kepada masyarakat sekitar.

Setelah itu, Iriana bersama rombongan bertolak menuju Wisma Dharmais di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, untuk memberikan edukasi Gerakan Indonesia Sehat kepada pelajar SD, SMP, dan SMA. Kemudian dilanjutkan peninjauan bank sampah di lokasi yang sama.

Saat peninjauan ke Sungai Kali Baru, sejumlah warga sempat kecewa lantaran kedatangan Ibu Negara hanya berlangsung singkat.

"Cuma bentar doang, dikira mau lama terus ikut bersih-bersih sampah. Ga taunya cuma 15 menit berangkat lagi," ucap Erni Yusnia warga Cilebut Timur, Sukaraja, Bogor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat