uefau17.com

Ridwan Kamil Rancang Masjid di GBK Terinspirasi Bunga dan Hajar Aswad, Warganet Diajak Pilih Desainnya - Lifestyle

, Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) kembali dipercaya merancang sebuah masjid. Kali ini, pria yang akrab disapa Kang Emil itu merancang masjid di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. 

"OPSI 1 atau OPSI 2? Beberapa bulan lalu, diminta mendesain masjid di Gelora Bung Karno Jakarta, @love_gbk ,agar menjadi iconic mosque di kawasan Senayan," tulis RK melalui laman Instagram pribadinya, Jumat (21/6/2024).

Ia menjelaskan bahwa pilihan desain pertama terinspirasi dari dedaunan pepohonan rindang di GBK. Sementara pilihan kedua terinspirasi batu Hajar Aswad yang dijadikan komposisi fraktal. 

Tampak kedua desain bangunan masjid tersebut estetis dan berbeda dari desain masjid sebagai tempat ibadah pada umumnya yang memiliki kubah bulat. Namun, kedua desain sama-sama akan memiliki beberapa anak tangga di bagian pelataran. 

Selain itu, ada dua menara tinggi yang mengapit masjid tersebut. Pepohonan di sekitarnya menambah asri kawasan masjid.  Warganet pun merespons pilihan desain yang diusulkan RK. Bahkan vokalis band GIGI ikut bersuara di kolom komentar.

"1 ahhh alus pisannn," saran Armand Maulana. "Opsi 1 lebih keliatan menarik di pandangan mata, dr samping pun bagus, tp opsi 2 punya value-nya tersendiri karena berbentuk hajar Aswad. Masjid-masjid karya kang Emil, ciri khasnya punya value dan cerita dibalik pembangunan nya," yang lain menambahkan.

"Saya bangga kalau ada masjid di bangun gaya arsitektur-nya Nusantara," saran yang lain. "Opsi 2 Unik Pak," kata warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Rancang Masjid di Palestina

Mengutip kanal Regional Liputan 6.com, Ridwan Kamil juga sempat jadi arsitek pembangunan Masjid Syeikh Ajlin di Gaza, Palestina. Peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan masjid dilakukan secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, 7 April 2021.

Acara itu diselimuti suasana haru. Kang Emil turut meneteskan air mata saat memberi sambutan. Bangunan masjid dibangun kembali setelah tujuh tahun lalu hancur akibat serangan militer Israel. Emil jadi arsitek pembangunan masjid atas permintaan lembaga Aman Palestine. 

"Dalam perjalanannya memang emosional. Kalau saya mendesain masjid di Indonesia, problemnya sedikit. Tapi di sana (Palestina) itu luar biasa. Saya punya kesaksian, barang siapa memulai membangun masjid mau cepat atau lambat Insya Allah semuanya selesai," ungkap RK.

Ia menjelaskan bahwa masjid yang dirancangnya menyimbolkan kemajuan pada zaman sekarang sesuai keinginan masyarakat setempat dan penggagas. Emil kemudian menyimbolisasikan nilai-nilai Islam ke dalam geometri yang terdiri dari tiga titik. 

3 dari 4 halaman

Hasil Sumbangan Masyarakat Indonesia

Struktur tertinggi di tengah masjid disebut habluminallah, sementara di kiri dan kanan ada hablumminannas dan hablumminalalam. Maknanya, kehidupan manusia harus seimbang dalam hubungan pada Allah, manusia, dan mencintai alam. 

Dalam mendesain, Emil memberi empat pilihan gambar yang kemudian dipilih masyarakat setempat. "Dalam perjalanannya akhirnya dipilih gambar yang ada di depan," katanya.  

Mantan Wali Kota Bandung itu merasa tersanjung mendapat kepercayaan dari Aman Palestine untuk merancang desain masjid. "Tentulah itu adalah sebuah kehormatan," ucapnya. 

Emil juga berharap pembangunan kembali Masjid Syeikh Ajlin dapat mengembalikan kejayaan bangsa Palestina yang selalu didukung Muslim di Indonesia. "Masyarakat Indonesia selalu mencintai Palestina. Kita akan selalu berada di belakang mereka. Saya menggunakan imajinasi untuk mendesain masjid ini agar kita bisa mengembalikan kebanggaan Palestina," katanya. 

Masjid Syeikh Ajlin dibiayai bangsa Indonesia lewat pengumpulan dana dari berbagai pihak. Saat itu, Emil mengajak siapa pun yang mempunyai rezeki untuk ikut menyumbang membantu pembangunan. 

4 dari 4 halaman

Masjid-Masjid Rancangan Ridwan Kamil

Sebelum mengawali kariernya sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dikenal sebagai seorang arsitek. Ia dipercaya mendesain bangunan, termasuk masjid yang tersebar di Indonesia, dan berikut beberapa di antaranya.

1. Masjid Al- Irsyad

Masjid ini berada di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Salah satu daya tarik Masjid Al- Irsyad yakni batu bulat berukir lafaz Allah SWT di tengah kolam. Bangunan Masjid Al-Irsyad juga unik, karena berbentuk kotak yang terinspirasi dari bangunan kakbah di Makkah.

2. Masjid Raya Asmaul Husna

Masjid Raya Asmaul Husna berada di tengah kompleks Gading Serpong, tepatnya ada di Jalan Raya Kelapa Dua Nomor 31, Kabupaten Tangerang, Banten. Masjid rancangan Ridwan Kamil ini dibangun pada 2011 dan rampung pada 2013. Bangunan masjid ini didominasi dengan warna hijau.

3. Masjid Al-Safar

Masjid ini diresmikan pada 2016 dan lokasinya berada di kawasan rest area KM 88 Tol Purbaleunyi. Masjid Al Safar memiliki desain unik karena berbentuk seperti lipatan origami.

4. Masjid Jami'e Darussalam

Masjid Jami'e Darussalam berlokasi di Jalan Kebon Melati, Tanah Abang Jakarta Pusat. Masjid ini acap kali disebut sebagai Masjid Segitiga Tanah Abang lantaran bangunanya berbentuk segitiga.

5. Masjid Kubah 99 Asmaul Husna

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna dikelilingi kubah yang berjumlah 99. Lokasi masjid cukup strategis karena berada di kawasan reklamasi Pantai Losari, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

6.  Masjid Raya Al Jabbar

Masjid yang terletak di Kelurahan Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Bandung ini mempunyai desain unik. Tanpa kubah, masjid ini punya ornamen atap tumpuk berbentuk kerucut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat