uefau17.com

Ini Bukti Shopee Bantu UMKM Bertransformasi dan Berdaya Saing di Awal Tahun 2024 - Lifestyle

, Jakarta Dalam era digital yang terus berkembang, peran platform e-commerce dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia semakin penting. Tidak hanya sebagai tempat transaksi, namun juga sebagai alat untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas, dan meningkatkan daya saing.

Di antara platform e-commerce yang berperan dalam mendukung UMKM adalah Shopee, yang telah terbukti menjadi katalisator bagi transformasi dan peningkatan daya saing UMKM di Indonesia. Pasalnya, lebih dari 500.000 penjual UMKM baru telah bergabung bersama Shopee dengan pertumbuhan pendapatan yang meningkat hingga 30% year-over-year (YoY) selama tahun 2020-2023.

Sejak beroperasi di Indonesia, Shopee senantiasa mewujudkan komitmen dalam mendorong roda perekonomian nasional melalui pilar UMKM dan brand lokal. Di tahun 2023 sebanyak 84% pelaku usaha di Shopee berasal dari UMKM dan brand lokal dengan 93% total transaksi didominasi oleh produk lokal.

Director of Martketing Growth Shopee, Monica Vionna mengungkapkan, banyak cerita baru sepanjang perjalanan hingga pertengahan tahun 2024 dan pihaknya merasa bangga bisa menjadi bagian dari banyak kisah kesuksesan UMKM dan brand lokal.

"Menyaksikan mereka terus berkembang dan berinovasi dalam menciptakan produk berkualitas dan berhasil memperluas jangkauan pasarnya, memotivasi kami untuk terus memberikan dukungan terbaik bagi pelaku usaha lokal melalui berbagai program, kampanye, dan fitur interaktif, hingga pelatihan yang bisa membimbing para UMKM dan brand lokal semakin berdaya saing," ungkapnya.

"Kami optimis di sisa pertengahan tahun 2024 ini akan semakin menarik dengan berbagai terobosan baru, serta dengan kolaborasi dan kemitraan yang kuat, kita bisa saling menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif," jelas Monica.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tren Pertumbuhan UMKM

Berbagai Inovasi berkelanjutan telah diciptakan guna membantu bertransformasi dan meningkatkan daya saing usaha serta memperkuat eksistensi baik di dalam negeri maupun internasional. Sebagai bentuk komitmen, berikut ini laporan tren pertumbuhan UMKM serta brand lokal di awal tahun 2024.

1. Pesanan Meningkat Empat Kali Lipat

Shopee menghadirkan akses yang mudah dan inklusif demi menciptakan peluang agar UMKM dan brand lokal menjangkau pasar yang lebih luas. Melalui berbagai upaya strategis, inisiatif, dan program yang menarik, Shopee berhasil mencatatkan peningkatan total pesanan dari UMKM dan brand lokal hingga 4 kali lipat selama puncak kampanye di tahun 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

2. 26 Juta Produk Lokal Diekspor

Shopee menghadirkan layanan yang terintegrasi lewat Program Shopee Ekspor di mana lebih dari 26 juta produk lokal telah diekspor ke berbagai negara. Tak hanya itu, pencapaian positif ini terus berlanjut di awal 2024 dengan peningkatan transaksi produk yang diekspor melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

3. Produk Lokal Terjual Lebih dari 13 Kali Lipat

Shopee Live memberikan wadah bagi penjual dan pembeli berinteraksi secara real-time dan menjelaskan produknya saat live stream. Respons positif pun terlihat dari lonjakan produk lokal yang terjual lebih dari 13 kali Lipat melalui Shopee Live dibandingkan tahun lalu.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat