uefau17.com

Begini Cara Rambut Tidak Mengembang, dari Alami hingga Menggunakan Produk Perawatan - Lifestyle

, Jakarta Cara rambut tidak mengembang sebenarnya ada banyak banget. Terlebih, ragam tips ini tentunya bakal cocok buat kamu yang mau rambut agar lembut dan halus senantiasa. Untungnya lagi, menerapkan cara rambut tidak mengembang ini bisa bikin kamu lebih hemat. Sebab, semuanya bisa dilakukan sendiri di rumah, dengan dana yang tak bikin kantong jebol.

Buat kamu yang mengalami permasalahan seperti rambut mengembang, rasanya mungkin memang tidak nyaman sekali, ya. Bagaimana tidak, rambut mengembang sendiri seringkali sulit untuk diatur dan bahkan bisa bikin penampilan jadi kurang paripurna. Bukan itu saja, memiliki rambut yang mudah mengembang juga bisa membuat siapapun kurang pede untuk bepergian. Sebab, jalan sedikit saja dan terkena angin, rambut bisa langsung berantakan dan ngembang di sana sini. 

Nah, penyebab rambut mengembang diketahui ada beberapa macam. Akan tetapi, umumnya penyebab rambut mengembang adalah karena kurangnya hidrasi pada rambut, yang membuatnya kering dan kemudian gampang untuk mengembang. Inilah mengapa, kalau tak ingin memiliki rambut yang mengembang, coba praktikkan sederet cara meluruskan rambut yang mengembang berikut ini. Kira-kira ada apa saja, ya?

1. Gunakan Shampo untuk Rambut Mengembang dan Hindari Keramas Terlalu Sering

Hal paling dulu yang harus dilakukan jika tak ingin mengalami permasalahan ini adalah menggunakan shampo untuk rambut mengembang. Shampo untuk rambut mengembang memiliki formula ampuh yang bisa merapikan rambut agar tak berantakan. Ini pun jadi cara rambut tidak mengembang jitu yang bisa diterapkan tanpa harus bepergian ke salon.

Dalam halnya memilih shampo untuk meluruskan rambut yang mengembang, kamu wajib melihat ingredients yang ada di dalamnya. Pilihlah shampo yang mengandung protein di dalamnya. Bahan satu ini dapat menjaga rambut agar tidak kering dan terhindar dari rambut yang mengembang. Selain itu, produk agar rambut tidak mengembang juga wajib memiliki formula Hydrolyzed Keratin yang mampu melembapkan sekaligus menutrisi rambut.

Cara meluruskan rambut yang mengembang dengan shampo ini tentunya wajib untuk diperhatikan. Namun, selain memilih shampo untuk meluruskan rambut, kamu pun juga perlu memerhatikan frekuensi melakukannya. Jangan terlalu sering keramas, cukup lakukan 2 kali saja dalam seminggu. Alasannya, agar minyak alami rambut hilang dan tak menyebabkan rambut mengembang seperti singa. 

2. Gunakan Kondisioner yang Menghidrasi

Sehabis keramas, gunakanlah kondisioner untuk memberikan hidrasi yang cukup pada rambut. Cara rambut tidak mengembang dengan menggunakan kondisioner terbilang cukup efektif karena manfaatnya untuk mengurangi rambut mengembang. Selain itu, penggunaan rutin produk agar rambut tidak mengembang yang satu ini juga dapat membantu menjaga rambut agar tetap halus dan lembut.

Agar penggunaan kondisioner membuahkan hasil yang maksimal, maka jangan lupa memilih produk yang mengandung bahan-bahan seperti minyak argan, minyak kelapa, atau minyak kelapa. Berbagai bahan tersebut memiliki kemampuan untuk menghidrasi rambut dan bantu mengurangi rambut yang kering serta kasar. Cara rambut tidak mengembang yang satu ini bisa dilakukan secara rutin sehabis keramas. Yuk, cobain mulai sekarang!

3. Gunakan Handuk Mikrofiber untuk Keringkan Rambut Basah

Siapa sangka, jika kebanyakan penyebab rambut mengembang berasal dari kebiasaan sehari-hari. Sebut saja salah satunya penggunaan handuk yang bahannya kurang lembut dan halus. Tahu tidak sih ternyata rambut basah yang digesekkan berlebih ke kain handuk berbahan kasar akan berpotensi bikin rambut jadi mengembang. Jika dibiarkan terus-menerus, yang ada rambut akan semakin rusak dan sulit diperbaiki nantinya.

Inilah mengapa, kamu wajib mengeringkan rambut dengan handuk mikrofiber yang lebih lembut dan menyerap air lebih baik, sehingga mengurangi risiko rambut mengembang. Cara rambut tidak mengembang dinilai dapat menjaga rambut agar tetap lembut, serta menghindarinya dari berbagai macam kerusakan. 

Untuk melakukan cara meluruskan rambut yang mengembang ini, kamu bisa mengelap rambut dari bagian atas ke bawah secara lembut. Jangan menggosoknya, karena itu akan menyebabkan kerontokan. Lakukan gerakan mengeringkan rambut ini hingga air di rambut tak menetes lagi, kemudian biarkan hingga rambut mengering sendiri. 

4. Terapkan Produk Anti-Frizz

Cara rambut tidak mengembang berikutnya adalah dengan menggunakan produk anti-frizz. Produk anti-frizz seperti serum atau krim sendiri dirancang untuk mengatasi permasalahan rambut mengembang, yang kerap kali disebut dengan istilah ‘frizz’. Produk agar rambut tidak mengembang ini bekerja dengan bantu mengendalikan rambut yang kering dan susah diatur, sekaligus membuatnya jadi lebih lembut dan halus.

Untuk cara meluruskan rambut yang mengembang menggunakan produk anti-frizz, kamu bisa langsung oleskan pada rambut setengah basah setelah keramas. Atau bisa juga sebelum melakukan hair styling, biar rambut bisa tetap lembap dan tak mengembang.

5. Pakai Vitamin untuk Rambut Kering dan Mengembang

Salah satu penyebab rambut mengembang yang sering terjadi adalah penggunaan alat styling rambut yang berlebihan. Ketika terpapar suhu panas berlebih, maka rambut bisa kehilangan kelembapan alaminya dan menjadi kering serta mengembang. Inilah mengapa, kamu perlu memerhatikan penggunaannya sehari-hari. Kalau bisa kurangi penggunaan alat-alat pemanas seperti pengering rambut, catokan, dan curling iron.

Kalau pun terpaksa menggunakan alat-alat tersebut, sebaiknya berikan vitamin untuk rambut kering dan mengembang yang mampu melindungi rambut dari kerusakan panas dan sekaligus menjaga kelembapan alami rambut. Bukan cuma itu, produk agar rambut tidak mengembang ini juga memiliki sederet manfaat lainnya. Mulai dari bikin rambut lebih halus, memperbaiki jaringan rambut yang rusak, hingga bikin rambut jadi lebih sehat dan berkilau.

Tapi untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, pastikan kamu memilih vitamin untuk rambut kering dan mengembang yang tepat. Misalnya saja, kamu bisa memilih vitamin yang mengandung kebaikan protein untuk bikin rambut terhindar dari kerusakan. Selain itu, pilih juga yang telah dilengkapi dengan heat protector, yang dapat diandalkan untuk meminimalisir kerusakan ketika menggunakan hair styling tools.

6. Jangan Menggosok Rambut Saat Basah

Penyebab rambut mengembang lainnya berasal dari kebiasaan menggosok rambut di saat masih basah atau sehabis keramas. Nyatanya, banyak orang yang mengeringkan rambut mereka dengan cara yang salah. Salah satunya dengan menggosok rambut basah menggunakan handuk. 

Perlu kamu ketahui bahwa keadaan basah lebih rentan membuat rambut mengalami kerusakan. Inilah mengapa, kamu wajib mengeringkan rambut agar lembut dan halus, serta tak mengembang. Cara rambut tidak mengembang ini bisa dilakukan dengan menggunakan handuk mikrofiber untuk mengeringkan rambut yang basah. Keringkan rambut dengan cara mengusapnya secara perlahan dari arah atas ke bawah. Lakukan hal ini hingga air pada rambut sudah tak menetes lagi.

7. Gunakan Sikat Berbulu Alami

Cara merawat rambut kering dan mengembang berikutnya yang tak kalah penting adalah dengan menggunakan sikat berbulu alami. Tahukah kamu bahwa sikat dengan bulu alami dianggap lebih lembut pada rambut dan dapat membantu mendistribusikan minyak alami dari kulit ke seluruh helai rambut. Itulah mengapa, dengan menerapkan cara agar rambut tidak mengembang secara alami yang satu ini, kamu bisa mengurangi kekeringan dan jaga rambut agar lembut dan halus setiap saat.

8. Gunakan Masker Rambut Secara Rutin

Selain memperbaiki kebiasaan yang kurang baik, penggunaan produk agar rambut tidak mengembang pun juga wajib diperhatikan. Salah satunya yaitu dalam pemakaian masker rambut agar lembut dan halus. 

Nyatanya, cara merawat rambut kering dan mengembang bisa membuahkan hasil yang lebih optimal apabila kamu mengandalkan ragam manfaat dari masker rambut. Sebab, penggunaannya yang rutin akan mampu memberikan hidrasi ekstra dan memperbaiki rambut yang rusak. Untungnya, saat ini sudah banyak jenis dan varian masker rambut yang bisa dipilih, salah satunya produk masker rambut di dalam kemasan. 

Lalu, ada pula cara agar rambut tidak mengembang secara alami menggunakan masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami. Seperti kombinasi kuning telur dan madu, pisang dan minyak zaitun, serta banyak lagi yang lainnya. Nah, untuk memperbaiki rambut mengembang, kamu bisa menerapkan cara ini setiap satu minggu sekali.

9. Pilih Sarung Bantal Sutra

Salah pilih sarung bantal pun nyatanya bisa menyebabkan rambut rusak dan mengembang. Sayangnya, penyebab rambut mengembang yang satu ini masih belum disadari oleh banyak orang.

Asal kamu tahu bahwa gesekan antara rambut dan tekstur bantal yang kasar bisa menyebabkan batang rambut bengkok dan patah. Jika tak diatasi, lama-kelamaan rambut bisa mengembang, kusut, dan bahkan susah diatur. 

Oleh karena itu, tips selanjutnya yang bisa bikin rambut agar lembut dan halus adalah dengan mengganti sarung bantal berbahan lembut, seperti kain sutra misalnya. Cara merawat rambut kering dan mengembang satu ini bukan cuma bisa mencegah rambut mengembang, tetapi juga bisa bantu menjaga kelembapan rambut kamu. Yuk, cobain cara agar rambut tidak mengembang secara alami seperti ini.

10. Batasi Paparan Matahari dan Polusi

Cara merawat rambut kering dan mengembang terakhir yang dapat dilakukan adalah membatasi paparan matahari dan polusi. Bukan rahasia lagi kalau kedua hal tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Bukan cuma kulit, melainkan juga rambut.

Perlu diketahui bahwa paparan sinar matahari dan polusi udara yang berlebihan dapat merusak kutikula rambut dan menyebabkan kekeringan serta rambut mengembang. Kondisi rambut bahkan bisa semakin parah apabila kamu tak langsung melakukan perawatan dan hanya membiarkannya saja. 

Ya, masalah paparan sinar matahari dan polusi udara sendiri memang sulit untuk dihindari. Tapi, bukan berarti tak ada solusi jitu untuk bikin rambutmu tetap aman dan terhindar dari efek buruk kedua hal tersebut. Dengan menggunakan topi atau syal saat berada di luar ruangan, kamu akan bisa melindungi rambut dari dampak buruk paparan sinar matahari yang panas dan debu polusi yang bertebaran. Cara agar rambut tidak mengembang secara alami ini pun juga gampang diterapkan, sehingga tak ada alasan bagi kamu untuk tak melakukannya. 

Lihat sendiri bukan, sebenarnya ada banyak cara yang bisa diupayakan jika ingin mengatasi rambut mengembang. Dengan memadukan berbagai tips tersebut, kamu pasti akan bisa mengurangi masalah rambut dan menjaganya agar tetap halus dan mudah diatur. Jangan lupa untuk mencoba sederet langkah ampuh di atas, ya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat