uefau17.com

6 Tempat Wisata Seru di Pangandaran yang Bisa Jadi Destinasi Liburan Sekolah dan Long Weekend - Lifestyle

, Jakarta - Pangandaran merupakan salah satu kabupaten di kawasan selatan Jawa Barat yang terkenal dengan wisata baharinya. Banyak orang yang langsung terpikir dengan deretan pantainya yang indah dengan deburan ombak Samudra Hindia yang kencang.

Setidaknya menghabiskan waktu delapan jam untuk mencapai tempat ini menggunakan kendaraan roda empat. Tersedia pula moda transportasi alternatif, yakni naik KA Pangandaran dengan rute Gambir-Banjar. Dari Stasiun Banjar, kamu hanya perlu menempuh waktu 1--1,5 jam ke Pangandaran menggunakan mobil.

Karena aksesnya yang semakin mudah, Pangandaran harusnya masuk ke dalam daftar daerah yang wajib dituju saat long weekend dan liburan sekolah. Ada apa saja di sana? Simak enam destinasi wisata seru di Pangandaran yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Desa Wisata Taman Sagati

Desa Wisata Taman Sagati terletak di Desa Margacinta, Kecamatana Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Biasa disebut Desa Margacinta, desa wisata ini menawarkan berbagai kegiatan menarik seperti body rafting di aliran Sungai Ciwayang yang menyambung terus ke lokasi wisata Green Canyon. 

Selain kegiatan outdoor, desa wisata ini juga punya kesenian khas yang hanya bisa ditemukan di Desa Margacinta. Namanya adalah Badud. Kesenian itu mulai diciptakan 1868 atas dasar keinginan masyarakat yang merasa bosan dan takut pada binatang buas ketika musim panen tiba.

Maka, dibuatlah alat yang disebut dogdog yang terbuat dari bambu dan dijadikan alat musik pengiring kesenian Badud. Pada 2013, seni ini nyaris punah dan kembali dikembangkan pada akhir 2014 dengan mendirikan padepokan seni Badud. 

Jarak desa ini dari Terminal Pangandaran sekitar 23 kilometer atau 30 menit menggunakan kendaraan. Mereka juga menawarkan paket wisata daily seharga Rp350 ribu. Sedangkan, untuk kegiatan body rafting dikenakan harga Rp100 ribu per orang. Cocok untuk mengisi liburan sekolah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Green Canyon

Seperti namanya, Green Canyon merupakan wisata alam yang menyajikan sejumlah aktivitas mulai dari menaiki perahu dan menikmati pemandangan alam, berenang, dan body rafting di sekitar sungai. Lokasinya berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran atau sekitar 31 kilometer dari Pantai Pangandaran.

Tempat wisata ini buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB kecuali pada Jumat buka pukul 13.00 WIB dan di akhir pekan pukul 07.30 WIB. Harga untuk paket body rafting mulai dari Rp200 ribu per orang untuk paket 5 kilometer atau short track.

 

3. Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran tentunya menjadi destinasi wisata paling populer dan terbaik di Pangandaran. Pantai Timur Pangandaran juga menyajikan sejumlah aktivitas seru mulai dari bermain di tepi pantai, hingga aqua sport seperti banana boat dan jetski.

Lokasinya cukup dekat dari Terminal Pangandaran, sekitar 3 kilometer atau hanya lima menit naik motor. Berbeda dengan Pantai Barat yang lebih sering dipakai bersantai dan bermain bersama keluarga, Pantai Timur Pangandaran jadi spot alternatif untuk kamu yang lebih suka kegiatan menantang.

Harga masuk ke lokasi wisata ini Rp20 ribu per orang, di luar biaya parkir. Untuk mencoba wahana air yang ada di sana, wisatawan perlu mengeluarkan kocek lebih, mulai dari Rp50 ribu untuk menyewa perahu hingga Rp350 ribu per 15 menit untuk jetski.

3 dari 4 halaman

4. Cagar Alam Pangandaran

Tempat wisata di Pangandaran ini merupakan kawasan konservasi wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani. Di sini terdapat flora dan fauna seperti banteng, kera dan rusa. Kita juga bisa menapaki jejak sejarah dengan mengunjungi berbagai peninggalan serta cagar budaya seperti situs agama Hindu, Kerajaan Galuh, dan gua-gua peninggalan zaman penjajahan Jepang.

Lokasinya tepat berada di Selatan Pantai Timur Pangandaran atau sekitar 3 kilometer dari Terminal Pangandaran. Untuk masuk ke kawasan ini, wisatawan perlu membayar Rp16 ribu saat weekday dan Rp21 ribu saat weekend. Karena ada beberapa gua yang juga jadi objek wisata, pengelola menyewakan senter seharga Rp10 ribu per buah.

 

5. Gua Sinjang Lawang

Gua Sinjang Lawang di wilayah Pangandaran akan menawarkan pengalaman baru berpetualang di perut bumi. Di dalam gua, wisatawan bisa menikmati ukiran alami bumi, dan juga eksotisme secercah cahaya matahari yang masuk dari atap gua. 

Gua ini berada di Dusun Parinengan, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkap Lancar, Kabupaten Pangandaran. Untuk sampai ke sini, wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 25 kilometer dari Terminal Pangandaran atau sekitar 45 menit naik mobil.

Gua ini memiliki panjang 500 meter dan dilewati oleh aliran Sungai Cijulang. Gua ini memiliki lebar sekitar 65 meter dengan tinggi 60 meter. Untuk menuju tempat wisata di Pangandaran ini, pengunjung bisa menyusuri gua dengan mengikuti aliran Sungai Cijulang. Lokasi wisata ini juga menawarkan paket wisata daily mulai dari harga Rp250 ribu per orang, termasuk kegiatan susur gua, jelajah desa, dan body rafting.

4 dari 4 halaman

6. Aquarium Indonesia Pangandaran

Kalau bosan dengan kegiatan luar ruangan, Anda bisa coba untuk ke Aquarium Indonesia Pangandaran. Akuarium yang baru buka pada 2022 lalu ini menghadirkan berbagai koleksi ikan menarik yang bisa jadi tempat foto-foto estetis.

Jaraknya pun sangat dekat dari Terminal Pangandaran, hanya sekitar 3 kilometer atau 5 menit berkendara. Aquarium Indonesia Pangandaran berdiri di atas lahan seluas 10 hektare dan beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB saat hari biasa dan pukul 08.30-16.30 WIB pada akhir pekan dan tanggal merah.

Feeding time dilakukan setiap hari pukul 11.00-15.00. Harga tiket masuknya Rp40 ribu saat hari biasa dan Rp50 ribu di akhir pekan dengan ketentuan anak di atas 80 cm sudah dikenakan satu tiket.

Mengutip dari laman resminya, Aquarium Indonesia Pangandaran terletak di kawasan terpadu kemaritiman Pangandaran, yaitu Pusat Pendaratan Ikan Cikidang. Dengan ombak besar Pangandaran dan ekosistem mangrove sekitar area, serta terdapat gedung Politeknik Kelautan dan Perikanan yang dapat dijumpai di satu kawasan yang terintegrasi, lokasi wisata ini cocok untuk kamu yang tertarik dengan dunia kebaharian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat