uefau17.com

Momen Kocak Orang Arab Hadiri Pernikahan ART-nya di Indonesia, Berikan Emas dan Uang Rp42 Juta - Lifestyle

, Jakarta - Tamu undangan asal Arab Saudi rela jauh-jauh datang ke Indonesia untuk menghadiri acara pernikahan asisten rumah tangga (ART) yang bekerja di rumahnya. Merujuk unggahan akun X @GoldenDose, dulunya Twitter, pada Minggu, 12 Mei 2024, pria tersebut memberi sepasang pengantin emas dan uang sebesar 10 ribu rial (sekitar Rp42 juta_.

Di video, ia tampak mengenakan gamis putih dan jubah hitam khas pria Arab Saudi. Ia berjalan dengan membawa mikrofon menuju pelaminan sambil berbicara dalam Bahasa Arab. Siapa sangka, ini jadi momen kocak, karena banyak tamu undangan yang tidak mengerti ucapannya yang akhirnya hanya kompak menjawab "Amin" berkali-kali.

Melihat video tersebut, warganet menyoroti kelakuan lucu para tamu undangan. Di rekaman, bahkan ada ibu-ibu yang mengangkat tangannya seperti sedang berdoa. "Yang penting amin, padahal doi lagi ngomong biasa," ujar seorang pengguna.

"Buset deh lagi ngomong diamiinin dikira dzikir kali," ujar yang lain. "Ibu ibu jilbab pink malah angkat tangan," tambah yang lain.

Kehabohan tidak sampai di situ saja, karena orang Arab Saudi itu "menyawerkan" uang kertas ke arah para tamu undangan. Sontak, mereka berebut mengambil uang yang dilempar pria tersebut.

Ketika video tersebut diunggah di akun @GoldenDose, yang sepertinya dimiliki orang Arab Saudi, fenomena sawer di acara pernikahan jadi perdebatan warga lokal. "Membuang uang dengan cara seperti ini sangat disayangkan, sumpah!!!" ujar seorang warganet. "Apakah itu kebiasaan?!! Saya pikir memberikannya dengan tangan lebih baik dan lebih baik untuk semua orang," sahut yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Pro Kontra

 

Namun, ada juga warganet yang berseberangan pendapat terkait dengan hal ini. "Itu adalah kebiasaan di pesta pernikahan di beberapa daerah, dan mungkin itu adalah kebiasaan mereka dan Tuhan tahu yang terbaik, tapi dia tidak mengganggu dan bepergian dan memberikan hadiahnya. Tentu saja bukan demi keluarga dan kesetiaan, dia untuk mereka," kata warganet.

"Pemandangan yang sudah biasa terjadi pada beberapa perkawinan masyarakat wilayah timur," ujar warganet lain. "Salah satu adat istiadat kami dalam pesta pernikahan di Al-Ahsa adalah melemparkan uang kepada anak-anak sebagai bentuk kegembiraan," balas pengguna berbeda.

Banyak juga warganet Indonesia yang mengatakan ART tersebut beruntung mendapat bos yang baik dan royal. Pasalnya, banyak asisten rumah tangga di Arab Saudi yang jadi korban pelecehan dan kekerasan bos mereka.

Pernikahan ini tentu bukan satu-satunya yang menarik perhatian di jagat maya. Baru-baru ini, keputusan John Clavecillas, pengantin pria asal Filipina menyiapkan kejutan tidak biasa untuk istrinya saat resepsi pernikahan mereka sukses jadi sorotan.

3 dari 4 halaman

Karpet Uang di Resepsi Pernikahan

Dalam wawancara dengan Filipino Times, dikutip Senin, 13 Mei 2024, mempelai pria mengatakan bahwa ia memutuskan menghadiahkan istrinya "karpet uang" senilai 1 juta peso (sekitar hampir Rp300 juta) karena percaya pada simbolisme arrhae dalam pernikahan. Ini mengacu pada pelambangan "uang yang sungguh-sungguh" sebagai bagian dari janji kemakmuran.

"Di sana tertulis, 'Aku memberimu arrhae ini sebagai janji dan dedikasiku untuk kesejahteraanmu'," kata John. Ia juga menegaskan bahwa uang tersebut melambangkan komitmen terhadap pernikahan mereka. Baginya, persatuan mereka bukanlah keputusan yang impulsif, dan hadiah uang tunai merupakan janji nyata dari cinta keduanya.

"Saya ingin menunjukkan pada keluarga dan kerabat kami bahwa kami tidak mengambil keputusan mendesak. Ini sudah direncanakan dengan baik sejak lama, dan buktinya, saya menabung 1 juta (peso) untuk menghidupi keluarga masa depan kami," ujarnya.

"Saya melakukan ini untuk istri dan orangtua saya," kata pengantin itu. "Pertama, saya berjanji pada diri sendiri untuk menghidupi orangtua saya, yang sudah saya lakukan sebelum memutuskan melamar istri saya."

4 dari 4 halaman

Pernikahan Viral Lain

John melanjutkan, "Selain itu, saya berjanji pada diri sendiri untuk menabung 1 juta peso dan memberi kejutan pada istri saya di pernikahan kami. Awalnya, saya menginvestasikan uang tersebut pada teman saya di Filipina yang bekerja di bidang real estat."

"Saya melakukan ini untuk menambah tabungan saya sambil menunggu hari pernikahan kami. Namun, saya tidak bisa melakukan semua ini sendirian. Saya memiliki Tuhan di samping saya, membantu saya untuk tetap aman dan sehat," tambahnya.

Ide tidak biasa juga datang dari seorang pengantin membawa buket bawang merah seberat sekitar empat kg, alih-alih bunga, tahun lalu. Awalnya, April Lyka Biorrey-Nobis diceritakan akan tetap berpegang pada buket bunga tradisional, sebelum melihat buket bawang merah yang unik di media sosial.

Melansir Mothership, 27 Januari 2023, pengantin asal Bingawan, Kota Iloilo, Filipina ini kemudian mengusulkan ide yang baru ditemukannya itu pada pengantin pria. Ia mengatakan pada media Filipina Iloilo Metropolitan Times bahwa bunga akan layu dan akhirnya dibuang. Jadi, sebaiknya pengantin perempuan itu menggunakan bawang mewah untuk membuat buketnya, yang bisa dimakan setelah pernikahan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat