uefau17.com

6 Fakta Menarik Gunung Gamalama, Gunung Api Kerucut di Tengah Pulau Ternate - Lifestyle

, Jakarta - Gunung Gamalama merupakan sebuah Gunung berapi kerucut yang merupakan keseluruhan Pulau Ternate, Kepulauan Maluku, Indonesia. Pulau ini ada di pesisir barat Pulau Halmahera yang ada di bagian utara Kepulauan Maluku.

Selama berabad-abad, Ternate adalah pusat benteng Portugis dan VOC Belanda untuk perdagangan rempah-rempah, yang telah mencatat aktivitas vulkanik Gunung Gamalama. Mengutip dari laman Gunung Bagging, Minggu, 10 Desember 2023, Gunung Gamalama memiliki ketinggian 1.715 mdpl.

Gunung Gamalama ditutupi Hutan Montane pada ketinggian 1.200--1.500 mdpl dan Hutan Ericaceous pada ketinggian di atas 1.500 mdpl. Masih banyak hal mengenai Gunung Gamalama selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Gamalama di Ternate yang dirangkum dari berbagai sumber pada Sabtu, 9 Desember 2023.

1. Pertama Kali Meletus pada 1538

Gamalama telah lebih dari 60 kali meletus sejak letusannya pertama kali tercatat pada tahun 1538. Erupsi yang menimbulkan korban jiwa setidaknya sudah empat kali terjadi, dengan korban terbanyak jatuh pada 1775.

Saat itu, erupsi Gunung Gamalama melenyapkan Desa Soela Takomi bersama 141 penduduknya. Pasca letusan, di lokasi desa yang berjarak 18 kilometer dari pusat Kota Ternate itu muncul dua danau, yaitu Danau Tolire Jaha dan Tolire Kecil.

Sempat terjadi letusan pada 2003, namun tidak separah letusan sebelumnya. Kemudian Gunung ini juga mengeluarkan abu vulkanik yang membuat penduduk setempat mengungsi pada 2011. Aktivitas ini menunjukkan bahwa Gunung Gamalama masih aktif hingga sekarang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Gunung Gamalama Tak Pernah Tidur

Aktivitas gunung yang tak pernah tidur itu pula memunculkan tradisi Kololi Kie, yang sekarang digelar rutin pada April setiap tahun, sebagai salah satu pertunjukan dalam Festival Legu Gam, pesta rakyat Maluku Utara. Sebuah ritual tradisional masyarakat sejak zaman dahulu kala untuk mengitari Gamalama sambil mengunjungi sejumlah tempat dan makam keramat, yang salah satu tujuannya berharap agar Gamalama tidak meletus.

Meski Gamalama tidak pernah berhenti bergolak, hal itu tidak sama sekali menghentikan denyut kehidupan 185.705 warga Ternate di kaki dan punggung Gunung Gamalama. Yang terjadi justru sebaliknya, jumlah penduduk terus bertambah. Laju pertambahan penduduk setiap tahun mencapai 4,72 persen atau sekitar 8.000 orang.

3. Asal-usul Nama Gunung Gamalama

Gamalama yang namanya diambil dari kata Kie Gam Lamo yang artinya negeri yang besar. Seperti halnya Kei Matubu (Tidore) dan Kei Besi (Makian), Gunung Gamalama mendominasi seluruh pulau dan hanya menyisakan garis pantai sempit dan lereng gunung yang lebih rendah untuk perkebunan.

 

3 dari 4 halaman

4. Letusan Tahun 1770 Menciptakan Danau Tolire Besar

Letusan tahun 1770-an menciptakan apa yang sekarang disebut Danau Tolire Besar, sebuah danau kawah besar di sisi barat laut gunung berapi. Sementara, letusan tahun 2015 telah mengubah wajah kerucut gunung berapi Gamalama dengan munculnya lubang besar di permukaan yang biasa digunakan pendaki untuk naik ke tepi kawah.

Tidak mengherankan, gunung ini terkadang ditutup karena aktivitas gunung berapi dan sangat tidak bijaksana jika mengabaikan peringatan setempat. 

5. Rute Menuju Gunung Gamalama

Ada dua rute menuju Gamalama dari kota Marikurubu (sekitar 275 mdpl) dan Moya (sekitar 345 mdpl). Jalur Marikurubu pada awalnya curam dan mudah tersesat saat menuruninya, meskipun Anda akan selalu berakhir di dekat titik awal.

Rute Moya mungkin sedikit lebih panjang namun memiliki jalur yang lebih jelas yang digunakan oleh penduduk desa untuk mengolah perkebunan mereka, pendakiannya jauh lebih stabil, dan melewati perkebunan kayu manis, durian, pala, dan cengkeh yang tua dan indah.

Menemukan panduan di Moya seharusnya tidak menjadi masalah. Pendakian tidak menjadi lebih harum dari ini. Pendakian dari Moya ke area perkemahan terbuka yang disebut 'Terminal' (1.343 mdpl), memakan waktu sekitar 3 jam.

Jalur dari Marikurubu dan Moya bertemu di titik ini. Setelah itu, jalan setapak menanjak hingga gunung tersebut menjadi 'suci' (sekitar 1.580 m, 1 jam). Beberapa jurang curam dilintasi dalam prosesnya.

4 dari 4 halaman

6. Terdapat Titik Suci di Gunung Gamalama

Sebagian besar gunung di Halmahera mempunyai titik di mana mereka disucikan melalui kepercayaan animisme masyarakat setempat. Meskipun pemandu mungkin tidak dapat menjelaskan asal mula kepercayaan ini, mereka menganggapnya serius, jadi bersikaplah hormat.

Dilarang buang air kecil melebihi titik ‘suci’. Titik 'suci' Gamalama berada di titik tinggi di rerumputan lebat, tempat orang dapat melihat pemandangan kerucut gunung berapi untuk pertama kalinya. Dari titik ini, jalan setapak menurun dan melewati rerumputan lebat hingga muncul di punggung bukit yang menghadap langsung ke kerucut gunung berapi Gamalama.

Beberapa kuburan yang diyakini penduduk setempat sebagai makam para sultan terdahulu, berada di punggung bukit ini.  Dalam kondisi cuaca baik, pemandangannya akan terlihat sangat indah.

Kerucut sempurna Kie Matubu (Tidore) dan Jailolo (daratan Halmahera) serta pulau-pulau kecil lain di dekatnya terlihat. Untuk turun kembali ke Moya akan memakan waktu sekitar 3-4 jam. Di Terminal, ambil jalur kiri ke Moya jalur kanan mengarah ke Marikurubu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat