uefau17.com

Profil Gamma Thohir, Keponakan Erick Thohir yang Wakili Indonesia di COP28 - Lifestyle

, Jakarta - United Nations Climate Change Conference atau kerap disebut COP28 berlangsung dari 30 November 2023 hingga 12 Desember 2023 di Expo City, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Pada konferensi ini, Paviliun Indonesia yang dihadirkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) turut aktif dalam menggerakkan peran anak muda dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dunia.

Dikutip dari siaran pers di laman PPID KLHK, Rabu (6/12/2023), sebuah sesi khusus bertajuk "Our Dream, Our Action" di Paviliun Indonesia pada 1 Desember 2023 diinisiasi Menteri LHK Siti Nurbaya dan sejumlah aktivis lingkungan muda. Sesi tersebut menghadirkan wakil anak muda, yakni wakil Indonesia adalah Gamma Thohir dan Zagy Berian, sedangkan dari UEA diwakili oleh Ali Al-Shemmari dan Lara Rudar. Mereka membahas peran esensial dalam peralihan dari energi fosil menuju sumber energi terbarukan.

Nama Gamma Thohir memang belum sepopuler pamannya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Karena itu, menggelitik mengapa Gamma bisa hadir mewakili Indonesia di COP28.

Berdasarkan rilis tersebut, Gamma disebut seorang inisiator Desa Bumi sejak usia 15 tahun. Ia diklaim telah berhasil membuka akses energi mikrohidro bagi masyarakat adat di Desa Cipta Gelar. Desa Bumi mewakili langkah maju dalam menyediakan energi terbarukan kepada masyarakat pedesaan, yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Inisiatif tersebut telah berkontribusi, seperti dukungan berupa solar cell bagi Desa Liyu di Kalimantan Selatan pada 2022. Ada pula instalasi panel surya bagi unit usaha perikanan di pesantren Miftahul Ulum, Bangkiling Raya, Kalimantan Selatan pada 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Gamma Thohir

Pengalaman Gamma Thohir dalam menyediakan akses energi terbarukan bagi tiga desa ini menegaskan pentingnya kolaborasi lintas batas bagi anak muda dalam mempercepat peralihan ke energi terbarukan. Sebagai bukti komitmen nyata, nota kesepahaman ditandatangani antara Desa Bumi yang diwakili oleh Gamma Thohir dengan Society of Renewable Energy (SRE) yang diwakili oleh Zagy Berian di COP28.

Pemilik nama lengkap Gamma Abdurrahman Thohir adalah anak dari Garibaldi Thohir atau Boy Thohir yang merupakan kakak dari Erick Thohir. Merujuk dari akun LinkedIn Gamma, Rabu (6/12/2023), ia juga berprofesi sebagai bankir dengan jabatan Investment Banking Officer di Trimegah Securities sejak Februari 2023 hingga kini.

Pria kelahiran 10 Juni 2000 ini menyelesaikan studi S1 di Pepperdine University pada 2022. Gamma menyandang gelar Bachelor of Arts Sport Administration.

Ia pernah ikut program sukarelawan dengan menjadi Program Director UNHCR sejak Januari 2018 hingga Februari 2018. Program ini dijelaskan memanfaatkan keterampilan kepemimpinan untuk merancang, menerapkan, dan mengelola inisiatif berdampak yang bermanfaat bagi pengungsi di Indonesia. Berkolaborasi dengan beragam pemangku kepentingan untuk menyediakan sumber daya penting dalam hal hunian, pendidikan, layanan kesehatan, dan mata pencaharian.

3 dari 4 halaman

Jabat Chairman Nusantara United

Dikutip dari Tim Bola, sepak bola dapat menjadi magnet dan menyatukan banyak orang. Atas dasar itulah, Gamma memutuskan membentuk klub sepak bola Nusantara United. Klub ini berbasis di Ibukota Nusantara (IKN).

Sebagai Komisaris Utama klub tersebut, Gamma memiliki harapan besar agar klub tersebut bisa menjadi daya tarik untuk masyarakat datang ke IKN. Nusantara United saat ini masih berjuang di kompetisi Liga 2.

"Kami tentu menargetkan bisa naik. Tapi ya sekarang saya berharap hasil yang terbaik aja," ujar Gamma dalam acara makan siang di Doha, Qatar, Selasa, 20 Desember 2022.

Klub Nusantara United saat ini masih berbasis di Yogyakarta. Klub tersebut memang sebelumnya merupakan Klub Mataram Utama yang berbasis di Yogyakarta. Setelah diakuisisi, klub berubah nama menjadi Nusantara United. Mengusung nama Nusantara United, klub tersebut merekrut pemainnya dari Sabang sampai Merauke. Itu dilakukan untuk bisa merepresentasi nama Nusantara.

"Selain itu juga nama Nusantara United kan kalau diterjemahkan menjadi Nusantara bersatu," tutur Gamma.

4 dari 4 halaman

Jersey Nusantara United

Sementara ini, homebase Nusantara United masih di sekitar Yogyakarta-Magelang. Nantinya homebase klub tersebut akan berpindah ke IKN.

Di IKN, Gamma juga akan menyiapkan stadion untuk menjadi bagian dari ajang liga sepak bola nasional. Pihaknya mengaku sudah mengajukan izin kepada pemerintah untuk bisa membangun stadion dengan fasilitas pendukungnya di kawasan IKN.

Menurut Gamma, ada yang khas dari klub tersebut dibanding klub lain. Dikatakannya, Nusantara United menjalankan model kontrak jangka panjang untuk para pemain. Nusantara United membuat kontrak dengan para pemain setidaknya untuk tiga tahun. Dengan begitu, dia berharap bisa memberi kepastian karier bagi para pemain.

Lebih lanjut, Gamma menjelaskan jersey yang dikenakan pemain Nusantara United. Jersey tersebut berwarna hijau untuk mewakili hijaunya hutan Kalimantan. Di atas warna dasar hijau itu tergambar ragam hias bermotif dayak sebagai budaya utama di Kalimantan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat