uefau17.com

Uni Emirat Arab Diduga Hendak Tumpangi Agenda KTT Perubahan Iklim COP28 dengan Negosiasi Proyek Minyak dan Gas - Lifestyle

, Jakarta - Tim Uni Emirat Arab (UEA) yang menjadi tuan rumah KTT Perubahan Iklim COP28 dikabarkan berencana untuk menggunakan posisi tersebut sebagai kesempatan untuk menjalin kesepakatan baru dalam sektor minyak dan gas dengan pemerintah asing. Menurut dokumen yang bocor dan diterbitkan oleh Pusat Pelaporan Iklim Inggris, sebagaimana dilansir dari CNN, Senin, 27 November 2023, dokumen tersebut tampaknya berfungsi sebagai panduan bagi Sultan Al Jaber, yang akan memimpin negosiasi iklim PBB, menjelang pertemuan puncak.

Dokumen-dokumen ini dirancang dalam bentuk profil negara, dengan setiap dokumen merinci poin-poin pembicaraan yang akan diangkat oleh Sultan Al Jaber dalam pertemuan dengan pejabat asing. Selain mengevaluasi kemajuan iklim negara-negara peserta dalam bidang keuangan, dekarbonisasi sistem pangan, dan penggunaan energi terbarukan, dokumen-dokumen tersebut juga mencantumkan saran untuk menawarkan proyek-proyek baru di sektor minyak dan gas melalui Perusahaan Minyak Nasional Abu Dhabi (ADNOC), yang dipimpin oleh Al Jaber.

Meskipun ADNOC tidak menanggapi langsung CNN, perusahaan tersebut sebelumnya menyatakan bahwa klaim tentang penggunaan pembicaraan iklim untuk kepentingan promosi bisnis mereka adalah "tidak benar dan tidak berdasar." Sebelumnya, dokumen-dokumen ini pertama kali dibagikan kepada BBC.

Juru bicara tim COP28 menyampaikan tanggapan terhadap laporan dari BBC melalui email kepada CNN, menyatakan, "Dokumen yang dirujuk dalam artikel BBC tidak akurat dan tidak digunakan oleh COP28 dalam pertemuan. Sangat mengecewakan melihat BBC menggunakan dokumen yang belum diverifikasi dalam pemberitaan mereka."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Banyak Mendapat Kritik

Walaupun juru bicara tersebut tidak secara langsung merespons mengenai hubungan antara tim COP28 dengan ADNOC atau membahas dengan jelas mengenai kepentingan bisnis, pertanyaan CNN tidak mendapatkan jawaban yang memadai. UEA semakin dikritik luas karena menunjuk Sultan Al Jaber, kepala minyak dan gas, untuk memimpin COP28.

Sebuah analisis dari pengawas bahan bakar fosil sebelumnya melaporkan bahwa ketika Al Jaber memimpin konferensi tersebut, ADNOC memiliki rencana untuk memperluas produksi minyak dan gas. Dalam dokumen yang bocor tersebut, selain poin-poin pembicaraan seputar isu-isu iklim dan promosi ADNOC, terdapat juga saran untuk mempromosikan proyek-proyek melalui Masdar, kendaraan energi terbarukan utama UEA yang juga dikelola oleh Al Jaber.

Meskipun belum jelas sejauh mana pertemuan-pertemuan tersebut benar-benar terjadi, catatan tersebut memberikan gambaran tentang bagaimana UEA berharap menggunakan kesempatan itu sebagai sarana untuk mencapai kesepakatan baru. CNN telah menghubungi 15 negara yang disebutkan dalam dokumen tersebut.

Dua di antaranya mengonfirmasi pertemuan namun menegaskan bahwa tidak ada diskusi bisnis yang terjadi, sementara dua negara lainnya menyatakan bahwa tidak ada pertemuan yang diadakan.

3 dari 5 halaman

Tidak Boleh Membahas Kepentingan Ekonomi Negara Tuan Rumah

Amerika Serikat, Tiongkok, Prancis, Jerman, dan Inggris termasuk dalam daftar negara yang memiliki catatan singkatnya dipublikasikan oleh Pusat Pelaporan Iklim. Pusat tersebut mencatat bahwa sebanyak 27 profil negara tersedia, namun mereka memilih untuk membagikan 15 profil negara.

Sebagai informasi, negara yang menjadi tuan rumah Conference of the Parties (COP), yang berubah setiap tahun, biasanya mengirimkan calon presidennya untuk melakukan pertemuan dengan pejabat asing dengan harapan dapat meningkatkan tindakan iklim menjelang perundingan tersebut. Catatan "briefing" itu terbaca sesuai dengan harapan untuk pertemuan-pertemuan tersebut, hingga akhir catatan dari masing-masing negara, yang mencakup saran untuk mempromosikan ADNOC dan Masdar.

Meskipun aturan PBB menyatakan bahwa pertemuan ini tidak boleh digunakan untuk mempromosikan kepentingan ekonomi negara tuan rumah, catatan "briefing" yang bocor menunjukkan adanya poin pembicaraan yang menyatakan bahwa ADNOC bersiap untuk "memperluas" penyediaan gas alam cair atau LNG (liquefied natural gas) ke Jerman.

Metana, sebagai komponen utama dari gas alam, dikenal sebagai penyumbang signifikan terhadap perubahan iklim. Catatan yang bocor juga mencatat bahwa ADNOC telah menyediakan sejumlah LNG ke Jerman pada bulan Februari 2023 untuk membantu negara tersebut menghentikan penggunaan gas dari Rusia, sebagai bagian dari strategi baru Jerman setelah Rusia memulai perang terhadap Ukraina.

4 dari 5 halaman

Peluang Proyek Gas Alam Cair di Berbagai Negara

ADNOC menargetkan untuk menyediakan hingga 25 persen dari permintaan impor hidrogen Jerman, seperti yang dicatat dalam dokumen tersebut. Hidrogen dapat dihasilkan dari gas alam, yang merupakan sumber daya yang melimpah di UEA.

Dokumen lain menunjukkan bahwa pembicaraan dengan China berfokus pada dukungan pertumbuhan ADNOC untuk keamanan energi di negara tersebut, menyatakan bahwa perusahaan tersebut siap untuk "bersama-sama mengevaluasi" peluang proyek LNG di berbagai negara, termasuk Mozambik, Kanada, dan Australia.

Diketahui, UEA berkeinginan untuk dihapus dari daftar "surga pajak" dari hukum Brasil, sehingga dapat memberikan Masdar peluang untuk lebih banyak berinvestasi di negara tersebut, sesuai arahan yang diterima. Dalam arahan tersebut juga diusulkan bahwa "sumber daya" Venezuela dapat dimonetisasi, mengingat AS telah melonggarkan sanksi energi terhadap negara tersebut, dan ADNOC serta Masdar dapat membantu Azerbaijan menjadi pusat energi bagi Eropa, dengan mengirimkan gas alam dan berpotensi menghasilkan listrik yang ramah lingkungan.

Panduan lain yang dibagikan berkaitan dengan Mesir, Kenya, Meksiko, Belanda, Norwegia, Arab Saudi, dan Swiss. Namun, catatan tersebut tidak menyiratkan bahwa proyek minyak dan gas akan menjadi topik diskusi dengan semua negara tersebut.

 

5 dari 5 halaman

Seharusnya Fokus Membahas Solusi Iklim

Dalam konteks Amerika Serikat, panduan singkat menyentuh potensi kesepakatan energi terbarukan, dengan menyatakan bahwa Masdar berharap dapat meningkatkan kehadirannya di AS melalui "akuisisi" dalam jangka pendek. KTT Perubahan iklim COP28 diselenggarakan pada saat yang sangat kritis, karena ilmuwan mengingatkan bahwa dunia hampir pasti akan mengalami tahun terpanas yang pernah tercatat pada 2023, sementara peristiwa cuaca ekstrem semakin sering dan parah, serta Bumi mendekati titik-titik kritis dalam serangkaian bencana.

Greenpeace International mengecam isi laporan yang bocor tersebut, menyebutnya sebagai "skandal yang nyata" jika benar. Mereka menegaskan bahwa pemimpin KTT Iklim seharusnya fokus pada memajukan solusi iklim tanpa memihak, bukan membuat kesepakatan tersembunyi yang dapat memicu krisis itu sendiri.

Kaisa Kosonen, koordinator kebijakan di Greenpeace International, menyatakan keprihatinannya terkait konflik kepentingan, terutama ketika seorang CEO perusahaan minyak diangkat untuk menduduki jabatan tersebut.

"KTT ini merupakan forum paling berpengaruh di dunia untuk mencegah ancaman terbesar terhadap kelangsungan hidup umat manusia, dan kami mendesak Kepresidenan untuk mengambil tindakan yang sesuai," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat