uefau17.com

Gaya Kocak IKEA Sindir Balenciaga yang Jual Rok Handuk Seharga Rp14,3 Juta - Lifestyle

, Jakarta - Rok handuk jadi barang fesyen nyeleneh terbaru yang dirilis Balenciaga. Menambah sensasi rilisan tersebut, merek furnitur, IKEA, malah memberi referensi dupe yang tentu jauh lebih murah dari harga "produk orisinal" yang dibanderol 1.250 dolar Singapura (sekitar Rp14,3 juta).

Melansir Mothership, Sabtu, 18 November 2023, rok handuk dirilis sebagai bagian dari koleksi Spring 2024 merek mewah asal Spanyol itu. Produk tersebut terdaftar sebagai "Rok Handuk Balenciaga" di situs webnya, dan dikatakan terbuat dari katun terry krem.

Rok uniseks ini hadir dalam ukuran S dan M. Menurut deskripsi produk, terdapat dua kancing di bagian pinggang dan tali gesper yang dapat disesuaikan di bagian dalam. Item itu dimakudkan dipakai di pinggang dan jatuh menyentuh lutut Anda.

Lebih lanjut ditulis bahwa rok ini hanya bisa dicuci secara dry clean. "Sungguh ironis, mengingat itu adalah handuk," kata publikasi Singapura tersebut.

Sebagai tandingan, IKEA Britania Raya, baru-baru ini, memperkenalkan versi "rok handuknya" di Instagram. Selain perlu sedikit disetrika, handuknya sepertinya juga bisa dipakai sebagaimana yang didemonstrasikan Balenciaga. Produknya bernama "Rok Handuk VINARN," dan harganya hanya 12,5 dolar Singapura (sekitar Rp143 ribu).

Berbeda dengan handuk Balenciaga yang hanya hadir dalam warna krem, handuk IKEA menawarkan pilihan lain dalam warna biru muda, merah muda, dan abu-abu muda. Produk itu bahkan memiliki pinggiran wafel yang mirip dengan rok Balenciaga.

"Koleksi fesyen Spring 2024 yang penting," pengecer furnitur menyebutnya, lengkap dengan "#Fashion" di keterangannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini bukan pertama kalinya IKEA "meledek" Balenciaga karena produknya, menurut Vogue. Pada 2017, merek mewah itu merilis tas jinjing berwarna biru senilai 2.996 dolar Singapura yang memiliki kemiripan dengan tas belanja IKEA yang saat ini berharga 1 dolar Singapura (sekitar Rp11 ribu).

Faktanya, ada banyak item rilisan Balenciaga yang dinilai mirip dengan "barang biasa" di kehidupan sehari-hari. Tahun lalu, misalnya, saat rumah mode mewah tersebut meluncurkan "trash pouch" yang terinspirasi dari kantong sampah.

Mengutip The National News, 2 Agustus 2022, saat direktur kreatif Balenciaga, Demna Gvasalia, merilis koleksi Fall/Winter 2022, runway presentasi dipenuhi badai salju, dengan para model tampak memegang kantong sampah plastik yang dijual seharga 1.790 dolar AS (sekitar Rp26,6 juta).

Menurut laman Balenciaga, item ini memang "terinspirasi dari kantong sampah." Produk tersebut tersedia dalam tiga warna, yakni hitam, biru, dan putih. Dengan tali serut gaya kantong sampah untuk menutup, tas hitam dan biru memiliki tali hitam, sedangkan tas putih bertali merah.

"Saya tidak bisa melewatkan kesempatan untuk membuat kantong sampah paling mahal di dunia, karena siapa yang tidak suka skandal fesyen?" kata Gvasalia pada Women's Wear Daily.

3 dari 4 halaman

Mirip Jaket Petugas Kebersihan

Lalu pada 2021, Balenciaga merilis reversible parka berwarna neon dan biru tua dengan aksen garis silver yang "terlihat seperti yang dikenakan tukang sampah." Mengutip laman resminya, 6 Juli 2021, jaket yang diproduksi di Italia itu dilengkapi lapisan kontras hitam, ritsleting tersembunyi dengan kancing, dan oversized fit.

Visual potongan mode itu muncul dengan logo di bagian depan dan huruf BNCCG di belakang. Jaket yang merupakan bagian dari koleksi Fall/Winter 2021 ini dibanderol 2.890 pound sterling (sekitar Rp58 juta), lapor The Sun.

Busana rancangan desainer, sekaligus Direktur Kreatif Balenciaga, Demna Gvasalia, tersebut telah secara resmi dirilis dalam virtual reality fashion show. Pengguna media sosial pun riuh mengolok-olok jaket mahal itu.

Seorang pengguna Twitter menulis, "Ini konyol. Sejak kapan berpakaian modis berarti berpenampilan seperti petugas kebersihan? Saya pernah mendengar tentang high-fashion, tapi tidak hi-vis." 

Seorang pengguna mengaku sebagai petugas kebersihan pun berkomentar, menulis, "Saya selalu berpikir kami adalah pekerja dewan berseragam terbaik, tapi saya tidak pernah berharap melihat jaket kerja saya di atas catwalk! Saya akan menjual perlengkapan kerja saya secara online jika itu sangat berharga."

4 dari 4 halaman

Anting Tutup Botol dan Topi Compang-camping

Pada 2019, Balenciaga menyulap tutup botol air mineral jadi sepasang anting berharga jutaan rupiah. Awalnya dijual sekitar Rp 6,3 jutaan, aksesori itu sempat didiskon setengah harga di laman jual beli mytheresa.com. Di laman yang dimaksud, dijelaskan perhiasan tersebut merupakan rancangan Gvasalia.

Material utama anting tersebut adalah plastik dan metal. Dibuat di Italia, pada bagian tengah tutup botol berwarna biru tersebut terdapat tulisan Balenciaga AH 18-19. Tutup botol itu kemudian disambung ke giwang metal.

Berdasarkan informasi produk, sang desainer menyebut anting itu cocok dikenakan ke kantor. Anda bisa memadukannya dengan blazer dan seketika tampilan Anda berbeda 180 derajat.

Meski terkesan aneh, anting tutup botol itu nyatanya punya banyak penggemar. Buktinya, laman myteresa.com menyebut hanya tersedia satu pasang saja untuk dijual saat itu.

Selain barang yang terkesan mundane, Balenciaga juga menjual produk berpenampilan lusuh dari waktu ke waktu. Setelah sepatu, topi compang-camping dipasarkan merek itu, awal tahun ini. Dinamai Laser Destroyed Cap, produk itu dibanderol 360 dolar AS (sekitar hampir Rp5 juta). 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat