uefau17.com

Resmi Jadi Bacawapres, Video Lama Mahfud MD Usir Penggugat di Sidang MK Kembali Viral - Lifestyle

, Jakarta - Mahfud MD yang kini menjabat sebagai Menkopolhukam baru saja resmi didapuk sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres). Ia akan mendampingi Ganjar Pranowo yang sudah lebih dulu ditunjuk sebagai bakal calon presiden (bacapres) oleh PDIP dan partai-partai yang berkoalisi dengannya.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi mendeklarasikan Mahfud MD sebagai bakal cawapres pada hari ini, Rabu (18/10/2023). "Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, calon wakil presiden yang dipilih PDI Perjuangan yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Prof. Dr. Mahfud MD," ujar Megawati di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat.

Sehari sebelumnya, Selasa, 17 Oktoer 2023, beredar kembali video lama Mahfud MD di Twitter, sekarang X, saat masih jadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Video singkat itu kembali viral karena sikap tegasnya saat memimpin persidangan. Dari potongan video berdurasi 58 detik itu, Mahfud terlihat mengancam pihak penggugat, Gusti Randa, saat proses sidang putusan sengketa Pemilu 2009.

Awalnya, Gusti meminta interupsi, tapi tidak diberikan Mahfud yang saat itu bertugas jadi Hakim Ketua di persidangan. "Tidak ada pendapat, kalau saudara memaksa, saya suruh keluar," kata Mahfud pada Gusti Randa.

Namun, Gusti tetap bicara dan meminta diberi kesempatan. Mahfud kemudian meminta bantuan petugas keamanan untuk mengeluarkan Gusti dari ruang sidang. Pengusiran itu harus dilakukan, kata Mahfud, lantaran Gusti dianggap telah menghina persidangan.

"Iya, sudah tidak fair," kata Mahfud lagi mengikuti perkataan Gusti yang kemudian digiring pihak keamanan untuk keluar ruang sidang. Cuplikan video lama itu dibagikan oleh akun @KangManto123

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Warganet Soal Mahfud Jadi Kenyataan

"Nah begini dong baru namanya Ketua MK, Tegas, berani dan jujur, Salut untuk pak Mahfud MD. MK yang sekarang jauh dari harapan," tulis akun tersebut dalam keterangan unggahannya.

Cuitan itu pun di viral dan sampai berita ini ditulis telah dilihat lebih dari 159 ribu kali dan disukai kebih dari 1.205 kali dan mendapatkan lebih dari 90 komentar.

"Mahfud md ini ahli segala jenis hukum dari hukum tata negara sampai hukum agama semua dikuasai dgn sangat baik," kata warganet yang lain.

"Abis ngeliat riwayat nya pak Mahfud MD ini di gugel emang aman2 aja sih dia,” tulis warganet lainnya.

"Prof Mahfud MD sangat tepat dan cocok jadi cawapres Ganjar,, semoga cepat deklarasi," ujar warganet lainnya.

Komentar yang dibagikan pada Rabu pagi 17 Oktober itu ternyata benar-benar jadi kenyataan beberapa jam setelahnya. Unggahan itu bisa dibilang senada dengan pernyataan Megawati saat mengumumkan nama Mahfud sebagai bakal cawapres mendampingi Ganjar Pranowo.

 

3 dari 4 halaman

Kemeja Batik Mahfud MD

Megawati mengatakan, pengalaman dan pengetahuan tinggi Mahfud MD di bidang hukum jadi salah satu pertimbangannya. "Prof Mahfud seorang sosok inteletual yang mumpuni. Pengetahuan beliau di masalah hukum sangat penuh dengan pengalaman dan pengetahuan. Sosok dengan pengalaman lengkap di legisliatif, eksekutif, yudikatif," terangnya, dikutip dari kanal Citizen6 .

"Lalu, dikenal rakyat sebagai Pendekar Hukum dan pembela wong cilik," sambungnya. Di deklarasinya sebagai bakal cawapres, Mahfud tampil berbalut kemeja hijau berlengan panjang dilengkapi motif batik khas Kalimantan yang sepintas mirip motif kembang kelakai.

Motif batik itu tampak beragam warna, mulai dari oranye, ungu, serta biru muda. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM tersebut memadukan atasan tersebut dengan peci hitam, celana panjang, dan sepatu warna senada.

Ia berdiri berdampingan dengan Ganjar yang kala itu tampil serba hitam, mulai dari kemeja lengan panjang, ikat pinggang, celana panjang, serta sepatu senada. Keduanya saling berpegangan dan mengangkat tangan, serta tersenyum ke arah kamera.

4 dari 4 halaman

Mahfud MD Sarat Pengalaman

"Saya dengan mantap mengambil keputusan untuk bangsa dan negara dengan mengucapkan bismilah, maka cawapres yang dipilih oleh PDIP yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Mahfud MD," kata Megawati.

Dikutip dari Pemilu , Megawati mengumumkan bakal cawapres ini bersama Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang serta bakal Capres Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP.

"Pengalamannya yang lengkap berada di seluruh kamar trias politika, serta rekam jejak kebersihannya yang tanpa kompromi jadi pertimbangan utama untuk memilihnya," kata Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy.

Selain itu, Rommy menyebutkan bahwa Mahfud adalah sosok yang religius dan sudah malang melintang di dunia politik.  "Kami meyakini tokoh yang akan mendampingi mas Ganjar adalah figur religius yang integritasnya sebagai pejabat publik sudah terentang lintas dekade," pungkasnya.

Bakal capres Ganjar Pranowo dan bakal cawapresnya akan mendaftarkan diri sebagai paslon capres-cawapres, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis, 19 Oktober 2023. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat