uefau17.com

Diskusi Lintas Generasi Festival 6, Semangat Bangkitkan Industri Hiburan dan Pariwisata Lewat Agenda KEN 2023 - Lifestyle

, Jakarta - Festival 6 yang dihelat menghadirkan ragam agenda, termasuk Diskusi Lintas Generasi: Geliat Industri Hiburan dan Pariwisata Pasca-Pandemi. Diskusi ini terlaksana secara langsung di The Dome, Senayan Park, Jakarta, Minggu, 9 Juli 2023, dan disiarkan secara daring.

Agenda ini dibuka dengan keynote speech dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang disampaikan secara daring. Sandi, begitu ia akrab disapa, mengapresiasi berbagai capaian kinerja selama 2022 di sektor pariwisata.

"Di 2022 selepas Covid, kita naik 12 peringkat menuju peringkat ke-32 Travel & Tourism Development Index, sekarang posisi berada di atas Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina," kata Sandiaga Uno.

Ia menambahkan peningkatan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) pariwisata 2022 dari 2,4 persen menjadi 3,6 persen. Ada peningkatan nilai devisa pariwisata 2022 dari 0,52 miliar dolar AS pada menjadi 4,26 miliar dolar AS, dan meningkatnya nilai tambah ekonomi kreatif dari Rp1.191 triliun di menjadi Rp1.236 triliun.

"Selain itu, 2022 kita melihat penciptaan lapangan kerja yang sangat luas dengan total ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif yang mencapai hampir 45 juta lapangan kerja," lanjutnya.

Sandi menerangkan tahun ini ada target baru bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan nilai devisa di 2023 mencapai hampir 6 miliar dolar AS dengan kontribusi PDB mencapai 4,1 persen, nilai ekspor produk ekonomi kreatif 26,5 miliar AS.

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang tadinya 7,4 juta, dinaikkan menjadi 8,5 juta karena suatu pemulihan yang sangat kuat di luar ekspektasi, Alhamdulillah," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pergerakan Wisatawan

Hal lain yang disampaikan Sandi adalah 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara dengan anak-anak muda healing di negeri sendiri. "Kaltim menyajikan berbagai macam daya tarik wisata, seperti Desa Wisata Pela untuk melihat pesut mahakam yang telah kami kunjungi di Kabupaten Kutai Kartanegara," lanjutnya.

"Akibat Covid-19, banyak event ditunda dan dibatalkan. Industri musik, seniman, dan pekerja di sektor ini kehilangan pekerjaan. Namun, sekarang event telah bangkit membuktikan bahwa mereka bisa bertahan dan beradaptasi dengan digitalisasi untuk menggerakkan ekosistem musik Tanah Air dan berkontribusi terhadap sektor parekraf setiap daerah," tuturnya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki program unggulan yang disebut calender of event yang kini di rebranding menjadi Karisma Event Nusantara atau KEN 2023. Ini merangkum 110 event unggulan dan 10 event terbaik.

"Juga ada lebih dari 100 event sport tourim, creative event and music. Ini menjaring dari total 300 event usulan dinas pariwisata provinsi se-Indonesia," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Semangat dan Optimisme

Sandi menyebut event berdampak jangka panjang yang signifikan melalui peningkatan jumlah wisatawan dan permintaan. Pihaknya melihat event pernah terdampak dan kini telah menggeliat lagi.

"Dapat kita sampaikan event-event berkelas dunia telah hadir di Indonesia, seperti G20 dan konser-konser internasional seperti BLACKPINK dan yang akan dilaksanakan seperti Coldplay," kata Sandi.

Hal tersebut dikatakannya menggerakkan ekosistem musik Tanah Air. "Banyak band-band lokal yang on tour ternyata setiap shownya sold out karena kerinduan masyarakat terhadap penyelenggaraan event saat pandemi yang tidak bisa dilakukan," tuturnya.

"Ini berdampai positif pada sektor parekraf di setiap daerah, kami mendorong terus pelaku event untuk masuk KEN dengan mengadopsi semangat 3Si, yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," katanya.

Sandi menyebut, "Dengan strategi 3G, event harus Gercep atau gerak cepat, Geber atau gerak bersama harus membangun network yang kuat sehingga event sukses dilaksanakan dan Gaspol, garap semua potensi untuk menciptakan lapangan kerja."

4 dari 4 halaman

Bangkit Lagi

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Neil El Himam menyebut pandemi Covid-19 yang turut melanda Indonesia berdampak pada industri pariwisata dan event. Pesan optimisme dan semangat turut disampaikan Neil.

"Sekarang saatnya bangkit kembali. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang membidangi pariwisata dan event bertugas dan bertanggung jawab untuk mengintegrasikan kegiatan tersebut supaya lebih cepat bangkit kembali," kata Neil.

Karisma Event Nusantara 2023 meliputi:

1. KEN Juni 2023

Pesona Belitung beach Festival - Kepulauan Bangka Belitung. Ada juga Festival Budaya Sa-Ijaan "Magic from The Sea" yang digelar di Makassar - Sulawesi Selatan. Ingin ke Bali? Ada Pesta Kesenian Bali dan Tanah Lot Art & Food Festival. 

2. KEN Juli 2023

Di Jawa Timur, ada Banyuwangi Ethno Carnival, kemudian Festival Nasional Reog Ponorogo. Di sejumlah daerah juga menampilkan event menarik, yakni Festival Loksado - Kalimantan Selatan, Toraja International Festival - Sulawesi Selatan, dan Likupang Tourism Festival - Sulawesi Utara. Ada juga Ubud Village Jazz Festival - Bali.

3. KEN Agustus 2023

Festival Budaya Lembah Baliem - Papua atau buat yang suka bunga ada Tomohon International Festival - Sulawesi Utara. Kalau ada yang suka jazz, boleh juga ke Senggigi Sunset Jazz - NTB. Tidak kalah menarik juga ada festival budayanya, seperti Seren Taun Ciptagelar - Jawa Barat atau Dieng Culture Festival (DCF) - Jawa Tengah.

4. KEN September 2023

Pada September, saatnya bagi yang hobi fotografi, karena ada Jakarta International Photo Festival. Ada juga Jelajah Pesona Jalur Rempah - Kepulauan Bangka Belitung. Ada Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival - Sumatera Barat dan ada juga di Jawa Timur ada Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi.

5. KEN Oktober 2023

Ada beberapa event besar di antaranya adalah Wakatobi Wave - Sulawesi Tenggara. Lanjut dari tanah Papua yang tidak kalah keren adalah Festival Pesona Raja Ampat. Ada juga Festival Danau Poso - Sulawesi Tengah dan Wayang Jogja Night Carnival. Tak ketinggalan, kalau ingin ke Bali ada Nusa Penida Festival.

6. KEN November 2023

Ada Festival Kerinci - Jambi, Spice Island Festival - Maluku. Ada juga Bintan Culture Festival - Kepulauan Riau dan Ngayogjazz - Yogyakarta.

7. KEN Desember 2023

Anda bisa mempertimbangkan Festival Tumbe - Sulawesi Tengah yang unik. Atau bisa pilih Festival Pesona Minangkabau - Sumatera Barat. Ada lagi Gelar Adat Budaya Dumud - Kalimantan Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat