uefau17.com

45 Finalis Puteri Indonesia 2023 Masuk Karantina, Jalani Sesi Unjuk Bakat hingga Kostum Tradisional - Lifestyle

, Jakarta - Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2023 telah memasuki karantina di Jakarta usai menjalani sesi pra-karantina pekan lalu. Ada serangkaian kegiatan yang dilakukan 45 finalis Puteri Indonesia 2023, mulai dari kunjungan sampai pembekalan sebelum malam final pada 19 Mei 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima , para finalis Puteri Indonesia 2023menjalani beberapa sesi sebagai ajang unjuk bakat dan budaya provinsi mereka pada Minggu, 14 Mei 2023. Mereka unjuk bakat masing-masing di sesi talent show di Dome Senayan Park, Jakarta Pusat.

Sesi talent show berlangsung atas kerja sama Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Mustika Ratu, Mustika Ratu Entertainment, dan Miss Supranational Organization. Beragam bakat memukau para dewan juri dan penonton, mulai dari menyanyi, menari (tradisional dan modern), bermain musik, hingga modeling.

"Kami menggandeng Miss Supranational Organization karena yang dilihat dari talent show adalah showmanship. Sesuai dengan konsep Miss Supranational," kata Putri Kuswisnu Wardhani, Ketua Dewan Penasihat YPI.

Terpilih tiga orang sebagai calon peraih kategori Puteri Berbakat dari 45 kontestan, mereka adalah perwakilan Papua Barat (Veronica Windy), Maluku Utara (Calista Sarah Tutuarima), dan Kepulauan Riau (Agatha Jessica Siahaan). Pengumuman Puteri Berbakat akan dilakukan saat malam final.

Setelah talent show, mata para penonton dimanjakan dengan aneka kostum warna-warni dalam pertunjukan kostum tradisional. Para finalis Puteri Indonesia 2023 mengenakan kostum rancangan para desainer daerah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kostum Tradisional

Sesi ini merupakan hasil kolaborasi dari YPI, Mustika Ratu, Mustika Ratu Entertainment, dan Miss International Organization. Beragam hal tentang Indonesia menjadi inspirasi kostum yang ditampilkan, ada yang mengangkat landmark kota, tradisi, kesenian, flora, fauna, hingga sosok historis.

Ada pula yang memiliki detail hiasan hingga menyuguhkan unsur kejutan. Kontestan lain juga ada yang menggunakan lampu, ada juga yang bergerak dengan sistem robotik.

Di akhir acara, terpilih tiga calon peraih kategori Best Traditional Costume, yakni perwakilan Bali (Nanda Saraswati), DKI Jakarta 5 (Fidelia Prabajati), dan Jawa Timur (Yasinta Aurelia). Peraih Best Traditional Costume akan diumumkan saat malam final mendatang.

Rangkaian acara diakhiri dengan Fashion Night, diawali opening number atau perkenalan oleh 45 finalis. Mereka tampil berbalut cocktail dress rancangan desainer lokal yang menonjolkan wastra serta kerajinan tangan khas Indonesia. Kemudian, finalis tampil anggun dengan gaun malam yang juga dibuat oleh para desainer lokal.

3 dari 4 halaman

Best Evening Gown

Gaun warna-warni dengan kilauan payet dan manik-manik tampak bersinar saat dikenakan para finalis di panggung. Terpilih tiga nama sebagai peraih titel Best in Evening Gown, yakni perwakilan NTB (Diajeng Aulya), Jawa Tengah (Eudia Isabelle), dan Lampung (Lulu Zaharani).

Salah satu juri sesi Fashion Night Triawan Munaf menjelaskan pentingnya acara semacam ini. "Fashion itu kontributor terbesar di subsektor ekonomi kreatif. Apalagi untuk ekspor. Supaya tetap bertahan, maka fashion memerlukan fashion show seperti ini," ujar Triawan.

Sementara, PPI ke-26 ini mengusung tema "Melalui Puteri Indonesia 2023 kita bangun generasi berintegritas, menjunjung keragaman budaya sebagai makna baru kecantikan" dan mengangkat kekayaan budaya dan keindahan dari Provinsi Lampung.

Finalis Puteri Indonesia 2023 datang dari berbagai profesi, mulai dari mahasiswi, dokter, model, pengacara, public figure, karyawati hingga pengusaha. Mereka siap berkompetisi untuk memperebutkan tiga mahkota Borobudur yang baru yang lebih mewah, agung dan memesona persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT).

4 dari 4 halaman

Malam Final

Mahkota untuk Puteri Indonesia 2023 terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan dan Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata. Selama menjalani serangkaian masa karantina, 45 finalis Puteri Indonesia menginap dan mendapatkan pelayanan dan kenyamanan terbaik di official hotel partner Hotel The Westin Jakarta pada 12--19 Mei 2023 dan mendapatkan perawatan kesehatan dari Taman Sari Royal Heritage Spa.

Pada malam grand final Puteri Indonesia 2023 nanti akan ada beberapa desainer, make up artist dan stylist yang akan mendukung, yaitu Bubah Alfian yang akan membantu sebagai director make up dan hair do, Revashion yang akan membantu sebagai stylist, Kelana Limster dan Kimmy Jayanti akan membantu stage act dan catwalk dan Talk Up Indonesia akan membantu Public Speaking.

Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2023 akan diselenggarakan Jumat, 19 Mei 2023 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center yang akan dihadiri oleh Miss International 2022, Jasmin Selberg dari Jerman, Miss Supranational 2022, Lalela Mswane dari Afrika Selatan dan Miss Charm 2023, Luma Russo dari Brasil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat