uefau17.com

Gedung Radjawali Semarang Cultural Center Resmi Diluncurkan, Punya Mixer Musik yang Bakal Dipakai Coldplay di Jakarta - Lifestyle

, Jakarta - Gedung pusat seni budaya dan pertunjukan Radjawali Semarang Cultural Center (SCC) di Semarang, Jawa Tengah, resmi dibuka pada Senin, 15 Mei 2023. Grand Opening gedung dengan Performance Hall pertama di Semarang ini diadakan bersamaan pada bulan Hari Jadi ke-476 Kota Semarang.

Meski sebenarnya telah rampung pada 2018 lalu dan sudah menggelar pertunjukan, peresmiannya sempat tertunda beberapa tahun dan baru diresmikan pada tahun ini. General Manager Radjawali SCC Handrijana Hardha mengatakan, gedung pertunjukan tersebut dibangun berdasarkan kolaborasi seni budaya warisan nenek moyang dengan karya seni modern.

Menurut Handrijana, desain gedung yang berada di Jalan Kapten Pierre Tendean ini terdiri dari tiga unsur yaitu hutan, laut, dan batik sehingga memberikan suasana yang unik dan menonjolkan keberagaman seni budaya Indonesia. "Walaupun dari sisi desain bangunan menggunakan unsur-unsur budaya Indonesia, fasilitas yang kami sediakan berstandar internasional," terang Handrijana di acara peresmian gedung Radjawali SCC.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sulistyo mengapresiasi Radjawali SCC dalam pengembangan dan pelestarian seni budaya. Mereka dinilai memiliki visi dan komitmen untuk mendukung pentas seni di Jawa Tengah.

"Saya berharap Radjawali SCC tidak hanya menampilkan karya pekerja seni lokal, tetapi juga dapat mendatangkan pertunjukan berkualitas baik tingkat nasional maupun dunia, agar dapat membuka wawasan pekerja seni kita tanpa perlu jauh-jauh ke luar negeri," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ikon Seni dan Budaya Semarang

Ganjar berharap, kiprah Radjawali SCC bisa menginspirasi daerah lain, baik di Jawa Tengah dan wilayah lain di Indonesia, dalam menumbuhkan antusiasme dan kreativitas seni anak bangsa. Ganjar juga meminta agar Radjawali SCC dapat dipergunakan dengan seoptimal mungkin untuk sarana ekspresi dan kreasi, sebagai salah satu cara untuk mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa.

"Kita juga berharap jagalah keindahan, kebersihan dan keasrian gedung ini termasuk sarana dan prasarananya, agar sampai bertahun-tahun ke depan bahkan untuk seterusnya gedung ini tetap menjadi ikon seni dan budayanya Semarang dan Jawa Tengah," tambah Ganjar.

Radjawali SCC memiliki berbagai fasilitas seperti Performance Hall yang memiliki panggung ukuran 16 x 7 meter persegi lengkap dengan LED Videotron P4 berukuran 12 x 6 meter dengan kapasitas kursi untuk 286 penonton, akustik, ruang FOH serta sound engineering, color changing lighting, dan operator multimedia. Kapasitas penonton sengaja tidak dibuat terlalu banyak agar suasana pertunjukan dan interaksi penampil dengan penonton jadi terasa lebih intim.

Ruangan Performance Hall ini biasanya digunakan untuk pertunjukan seni seperti konser musik, pergelaran teater, tari, fashion show, pemutaran film, seminar/workshop, konferensi, peluncuran produk, acara penghargaan, hingga gathering perusahaan.

3 dari 4 halaman

Mesin Mixer Konser Coldplay

Yang menarik lagi, Radjawali SCC memiliki mesin mixer musik Solid Stage Logic Oxford buatan Inggris yang biasa digunakan oleh musisi dunia yang berharga miliaran rupiah. Menurut Gideon Guruh, selaku Event & Marketing Manager Radjawali SCC, mesin mixer yang bisa menghasilkan sound yang jernih itu baru ada sembilan unit di Indonesia. 

Ia mengatakan perlu keterampilan khusus untuk mengoperasikannya. Mesin itu sudah sering digunakan musisi internasional saat menggelar konser dan bahkan kerap masuk dalam daftar permintaan khusus, termasuk oleh Coldplay saat konser di Stadion GBK, Jakarta pada November 2023.

"Mesin mixer ini jadi permintaan wajib banyak musisi internasional tiap kali mereka tampil. Salah satunya band yang bakal tampil di GBK Jakarta bulan November nanti, Coldplay, mereka minta disediakan mixer yang seperti di Radjawali SCC ini," ungkap Gideon.

"Kita selama ini pakai tenaga lepas untuk mengoperasikan audio visual panggung di Performance Hall, tapi khusus untuk mesin mixer ini ada satu orang yang menangani mesin ini karena cuma dia yang bisa," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Penampilan Senima Semarang dan Andien

Radjawali SCC juga memiliki ruangan VIP Lounge untuk para tamu transit sebelum atau sesudah memasuki Performance Hall. Terdapat pula dressing room untuk pelaku seni dan artis dan lift terpisah bagi pengunjung Radjawali SCC. Ruang lainnya yaitu Multifunction Hall seluas 400 meter persegi yang bisa digunakan untuk pameran, pertunjukan seni, atau kegiatan pribadi/komersial lainnya.

"Outdoor Plaza bisa digunakan oleh masyarakat secara gratis untuk pagelaran outdoor, sarana olahraga, berkumpul komunitas dan sebagainya. Fasilitas lainnya, kami juga memiliki akses khusus untuk penyandang disabilitas," terang Gideon.

Biaya sewa Radjawali SCC cukup terjangkau, dengan harga Rp60 juta bisa menggunakan seluruh fasilitas yang ada mulai dari Performance Hall, Multifunction Hall, dan Outdoor plaza. Adapun biaya sewa untuk Multifunction hall dan Outdoor Plaza senilai Rp25 juta untuk durasi selama enam jam.

Acara peluncuran Radjawali SCC menampilkan sejumlah musisi dan seniman dari Semarang, seperti Sanggar Greget Semarang, Riana Dancer, Alfa Bintang Orchestra, Endah Laras, Sandy Ria Ervinna, dan penampilan spesial dari Andien.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat