uefau17.com

Yuk, Ngejamu di Kafe Jamu Acaraki Gama di Fakultas Farmasi UGM - Lifestyle

, Jakarta - Mendekatkan jamu ke generasi muda dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan, kafe jamu saat ini telah merambah ke kampus, seperti Kafe Jamu Acaraki Gama yang buka di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada atau UGM, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dikutip dari laman resmi Fakultas Farmasi UGM, Rabu, 10 Mei 2023, grand opening kafe jamu ini telah dilakukan pada 7 Maret 2023 lalu. Dekan Fakultas Farmasi UGM Satibi menjelaskan kehadiran Kafe Jamu Acaraki Gama adalah salah satu wujud kerja sama Fakultas Farmasi UGM dengan PT. Acaraki Nusantara Persada dan BPOM RI.

Kafe jamu ini juga sebagai bentuk implementasi dalam pendidikan bagi mahasiswa dalam upaya meningkatkan kemampuan socioentrepreneurship di bidang obat tradisional. Founder PT. Acaraki Nusantara Persada, Jony Yuwono menyampaikan keberadaan Kafe Acaraki Gama adalah kolaborasi berbagai pihak yang hadir untuk menginspirasi generasi muda.

Semangat kehadiran kafe jamu ini turut untuk melestarikan jamu sebagai warisan budaya. Ia berharap ke depannya minat akan penelitian jamu dapat berkembang dan bersaing di tingkat internasional.

Kepala BPOM RI Penny K. Lukito mengapresiasi dan menyambut baik atas terwujudnya kolaborasi kerja sama ini. BPOM juga mendukung pengembangan dan pemanfaatan bahan baku alam lokal sebagai bagian dari kampanye Bangga Buatan Indonesia guna mewujudkan kemandirian nasional.

"Selamat dan sukses atas peresmian Kafe Jamu Acaraki GAMA. Saya sangat mengapresiasi inovasi yang telah dilaksanakan karena dapat mendukung pelestarian jamu sebagai warisan budaya dan memperkenalkan jamu kepada milenial dan generasi muda," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jam Buka Kafe Jamu Acaraki Gama

Jamu Acaraki melalui akun Instagramnya telah membagikan kabar pembukaan outlet baru di Fakultas Farmasi UGM pada 15 Februari 2023 lalu. Pengumuman itu turut disertai dengan unggahan sederet potret outlet jamu tersebut.

"acaraki GAMA siap menJamu mahasiswa/i Universitas Gajah Mada! Dengan harapan untuk meningkatkan pelayanan yang berkualitas, acaraki bekerja sama dengan Farmasi UGM untuk menawarkan pengalaman baru dalam menikmati Jamu," bunyi keterangan tersebut.

Kafe Jamu Acaraki Gama sendiri diinformasikan buka setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00--17.00 WIB. "Ditunggu kedatangannya, ya!" tutup keterangan tersebut.

Kafe jamu ini hadir denga nuansa kayu pada bagian atasnya dengan tulisan "acaraki GAMA". Di bagian tengah digunakan sebagai ruang untuk pembuatan jamu dan di tepinya dihadirkan kursi-kursi tinggi untuk menjamu tamu.

Tamu juga dapat menikmati jamu dengan kursi dan meja yang telah tersendiri di sisi luar. Pada tembok, terdapat logo acaraki dan bertulisan "acaraki The Art of Jamu".

3 dari 4 halaman

Menu-Menu di Kafe Jamu

Dikutip dari laman resmi acaraki, menu-menu yang ditawarkan bagi mereka yang datang ke outlet terbagi atas dua, yakni speciality jamu dan jamu new wave. Speciality jamu terdiri atas, kunyit asam dan beras kencur dengan beberapa opsi.

Kunyit asam

  • Saring / Light 250 ml, kunyit dan asam jawa dengan metode penyaringan (v60) menghasilkan aroma dengan rasa ringan dan bersih.
  • Tubruk / Medium 250 ml, kontak langsung antara bahan dengan air panas mengakibatkan ekstraksi kunyit dan asam cukup pekat.
  • Pekat / Bold 32 ml, Dengan teknik ini, kunyit dan asam menghasilkan rasa asam memberikan rasa yang kental dan pekat.

Beras kencur

  • Saring / Light 250 ml, teknik V60 ini akan mengangkat aroma beras dan lengkuas, rasa yang dihasilkan ringan dan bersih.
  • Tubruk / Medium 250 ml, Kontak langsung antara bahan dan air panas mengakibatkan ekstraksi beras dan lengkuas menjadi cukup kental.
  • Pekat / Bold 32 ml, kunyit dan asam jawa yang dihasilkan memberikan rasa yang kental dan pekat.
4 dari 4 halaman

Jamu New Wave

Saranti

(panas dingin) Beras + Lengkuas + Creamer + Susu

Perpaduan rasa manis pedas Nasi Lengkuas dengan SKM dan gurihnya Creamer membuat menu ini terasa creamy.

Golden Sparkling

Kunyit + Asam Jawa + Air Soda + Sirup Sederhana

Kunyit dan asam jawa yang dipadukan dengan sparkling water (soda) membuat rasa minuman ini menyegarkan.

Jaman Batu

(panas dingin) Jahe + Madu + Lemon + Daun Kemangi

Kehangatan dari jahe ditambah manisnya madu dan segarnya lemon membuat tubuh hangat dan berenergi.

Berkesan

( dingin ) Beras + Lengkuas + Santan

Segar, gurih, manis dan hangat. Rasa itulah yang menggambarkan minuman ini.

Rigalize

( dingin ) Beras + Lengkuas + Air Soda + Sirup Sederhana

Perpaduan beras dan lengkuas dengan air soda membuat rasa minuman ini hangat dan menyegarkan.

Dutch Jamu

( dingin / dibuat dalam sehari ) Beras Kencur / Kunyit Asam

Ekstraksi dengan tetes air dingin. selama lebih dari 8 jam.

Bereskrim

( dingin ) Beras + Lengkuas + Es Krim

Es krim vanila ditambah ekstrak beras lengkuas membuatnya manis, pedas, dan hangat.

Vanilla Twilight

( dingin ) Kunyit + Asam Jawa + Es Krim

Asam manis. Mungkin itu yang bisa menggambarkan rasa dari menu yang satu ini.

Kuteja

( panas dingin ) Kunyit + Temulawak + Jahe

Dipopulerkan oleh Bapak Joko Widodo, Presiden ke-7 Republik Indonesia yang dipercaya masyarakat bahwa perpaduan ketiga bahan tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

The Challenger

(3 Sloki) Sambiloto + Curcuma

Minuman berasa pahit ini menyehatkan. Meski rasanya pahit, minuman ini memberikan manfaat yang besar bagi tubuh kita.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat